Sukses

Filipina Belum Pulih Usai Badai, Presiden Marcos Malah Nonton F1 di Singapura

Liputan6.com, Manila - Perjalanan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jnr ke Singapura selama akhir pekan untuk menonton balapan F1, mendapat kecaman dari para kritikus yang menggambarkannya sebagai "sangat tidak berperasaan". Sebab ribuan orang Filipina masih mengungsi karena terjangan topan baru -baru ini.

Dilansir South China Morning Post, Selasa (4/10/2022), Marcos Jnr mengkonfirmasi perjalanannya ke Singapura untuk acara Grand Prix dalam sebuah pernyataan singkat dan gambar yang dia posting di Facebook pada Senin malam setelah banyak kritik online.

“Banyak yang mengatakan bahwa bermain golf adalah cara terbaik untuk menghidupkan bisnis, tapi saya katakan itu Formula 1," kata Marcos Jnr. 

“Sungguh akhir pekan yang produktif.”

Dia mengatakan tanpa merinci bahwa dia diundang dengan pejabat lain dan bertemu dengan teman bisnis baru yang bersedia berinvestasi di Filipina, dan menambahkan dia akan mengungkapkan rincian lebih lanjut nanti.

Selama akhir pekan, laporan beredar di media sosial tentang perjalanan mendadak Marcos Jnr ke Singapura. Sekretaris pers Marcos Jnr tidak mengeluarkan konfirmasi sampai setelah seorang pejabat Singapura memposting gambar Marcos Jnr di negara itu via Facebook.

Menteri Tenaga Kerja Singapura Tan See Leng menyebut Marcos Jnr di antara pejabat asing yang dia temui, “untuk menegaskan hubungan ekonomi bilateral kita dan memperkuat kolaborasi dalam kerja sama energi serta bertukar pandangan tentang kebijakan tenaga kerja di sela-sela perlombaan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bertemu PM Lee Hsien Loong

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga memposting gambar di Facebook yang menunjukkan dia bersama orang lain termasuk Marcos Jnr dan istrinya, Liza Araneta-Marcos. 

"Senang bisa terhubung lagi dengan teman-teman baik dari dalam maupun luar negeri, untuk menyaksikan balapan dan menikmati kebersamaan yang baik,” tulis PM Lee menyertai gambar yang diunggah.

Para kritikus mengecam kerahasiaan yang menyelimuti perjalanan presiden Filipina itu, dan menuntut rincian lebih lanjut dari pemerintah tentang perjalanan itu, termasuk jika dana dan sumber daya publik digunakan.

"Kami menegaskan bahwa liburan akhir pekan F1 Singapura tidak sensitif, tidak perlu dan tidak bertanggung jawab mengingat krisis yang dialami bangsa ini,” Renato Reyes dari aliansi politik sayap kiri Bayan mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Hanya yang benar-benar tidak berperasaan dan berhak tanpa malu tidak akan mendapatkan poin ini."

3 dari 4 halaman

Perjalanan ke Singapura

Seorang pejabat Filipina mengatakan Marcos Jnr, istri dan dua putranya meninggalkan Manila pada hari Jumat dengan pesawat militer untuk bermalam di Singapura dan menonton balapan Grand Prix. Itu adalah perjalanan ketiganya ke Singapura sejak memenangkan pemilihan presiden pada Mei.

Pejabat, yang mengetahui perjalanan itu, berbicara dengan syarat anonim karena kurangnya wewenang untuk membahas masalah ini secara terbuka.

4 dari 4 halaman

Dianggap Penghinaan

Gerakan buruh Kilusang Mayo Uno mengatakan perjalanan itu merupakan penghinaan, bagi para pekerja yang bergulat dengan hiperinflasi dan upah rendah, kepada korban topan kuat yang menewaskan sedikitnya 12 orang dan jejak kehancuran di provinsi utara seminggu yang lalu. 

Ribuan orang tetap mengungsi setelah serangan gencar, kata badan tanggap bencana pemerintah.

Marcos Jnr, putra seorang diktator yang digulingkan oleh pemberontakan pro-demokrasi “Kekuatan Rakyat” yang didukung tentara pada tahun 1986, menjabat pada bulan Juni setelah kemenangan besar dalam pemilihan umum.

Dia mewarisi masalah besar, termasuk ekonomi yang dilanda pandemi, kemiskinan dan pengangguran yang lebih dalam, pemberontakan yang telah berlangsung selama beberapa dekade, dan potensi krisis pangan yang sebagian dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS