Sukses

Pangeran Harry Jadi Orang Terakhir Dikabari Kematian Ratu Elizabeth II?

Di tengah pemakaman Ratu Elizabeth II beredar kabar bahwa pangeran Harry merupakan anggota keluarga yang mengetahui kabar kematian neneknya terakhir, bahkan setelah PM Inggris LIz Truss.

Liputan6.com, London - Buckingham Palace merespons terkait klaim bahwa Pangeran Harry adalah orang terakhir yang mengetahui kematian Ratu Elizabeth II.

Laporan yang beredar menunjukkan bahwa anggota keluarga yang lain diberitahu terlebih dahulu dan Duke of Sussex mengetahui kabar ini pada saat yang sama dengan publik.

Muncul sebuah surat kabar yang mengatakan bahwa Harry adalah yang terakhir mengetahui kabar kepergian neneknya dan bahkan ia diberitahu setelah Perdana Menteri Liz Truss. 

Menurut juru bicara Raja Charles III, mengutip The Sun, Selasa (20/9/2022): “Publik baru dibertahu setelah setiap anggota keluarga mengetahui kabar ini.”

Sementara itu, dikabarkan bahwa Duke of Sussex tidak dapat dihubungi untuk jangka waktu tertetu karena ia sedang dalam penerbangannya menuju Skotlandia, maka dari itu anggota keluarga lainnya dilaporkan mengetahui ini terlebih dahulu.

Sebuah sumber dari Kerajaan bersikeras bahwa Duke of Sussex diperlakukan sama dengan anggota keluarga lainnya, serta tidak ada anggota keluarga yang sedang melakukan kontak rutin dengan Charles di hari-hari yang sulit itu.

"Semua pihak berusaha agar dapat berada di tempat yang diperlukan. Itulah fokursnya,” katanya kepada The Telegraph.

"Raja juga bersikeras bahwa pernyataan resmi tidak boleh dirilis sampai semua anggota keluarga diberitahu.”

“Itu adalah seorang ayah yang berbicara, karena kepeduliannya.”

The Telegraph mengatakan bahwa Harry sedang dalam penerbangannya ketika ayahnya, Raja Charles III menelponnya, kemudian publik baru diberitahu pada saat ia mendarat di Aberdeen. Setelah itu, ia kemudian lepas landas dari Bandara Luton satu jam setelah Perdana Menteri Liz Truss dilaporkan telah mengetahui tentang kematian Ratu Elizabeth II.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketidakjelasan Klaim

Beredar juga sebuah gambar yang menunjukkan Duke of Sussex sesaat setelah kedatangannya di Skotlandia yang menunjukkan wajahnya yang tertekan.

Sementara itu, saudaranya dan pamannya, Pangeran Andrew dan Edward, terbang dari RAF Northolt ke Aberdeen.

Masih belum jelas mengapa Pangeran Harry tidak diberitahu sebelumnya. Hal itu terjadi setelah Duke of Sussex sedih karena inisial ER Ratu dihapus dari seragam militernya untuk berjaga di dekat peti matinya.

Harry bahkan mempertimbangkan untuk hanya mengenakan setelah biasa agar ia tidak malu saat ia berdiri ebrsama tujuh cucu Ratu ELizabeth II yang lainnya. 

Duke dan Meghan Markle juga tidak diundang untuk menghadiri acara kenegaraan para pemimpin dunia untuk mengenang Ratu.

Diperkirakan mereka hanya mengetahuinya melalui pers.

Seorang teman pasangan itu menyebut keputusan itu "benar-benar gila".

Namun dengan harapan agar perseteruan kerajaan berakhir, Raja Charles menyatakan cintanya kepada Harry dan Meghan dalam pidato pertamanya sebagai raja sehari setelah Ratu meninggal.

3 dari 4 halaman

Pangeran William dan Harry Pimpin Penjagaan Peti Mati Ratu Elizabeth II

Berbicara terkait penjagaan peti mati Ratu Elizabeth II, Delapan cucu Ratu Elizabeth II, termasuk Pangeran Wales dan Duke of Sussex, telah berjaga-jaga di sekitar peti matinya saat dia berbaring di negara bagian di Westminster Hall.

Atas permintaan Raja Charles, Pangeran Harry mengenakan seragam militer, untuk pertama kalinya sejak 2020.

Pangeran Harry telah mengenakan pakaian sipil di acara-acara publik sejak Ratu meninggal, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (18/9/2022).

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah cucu-cucu seorang raja mengambil bagian dalam upacara tersebut.

Putra Raja, William dan Harry bergabung dengan Peter Phillips dan Zara Tindall, anak-anak Putri Anne, serta putri Pangeran Andrew, Putri Beatrice dan Eugenie, dan Lady Louise Windsor dan James, Viscount Severn, yang merupakan anak-anak Pangeran Edward.

Pada usia 44, Peter Philips adalah yang tertua dari cucu Ratu, sedangkan yang termuda, James, Viscount Severn, berusia 14 tahun.

Dalam diam dan dengan kepala tertunduk, delapan sepupu berdiri di titik yang berbeda di sekitar peti mati ketika kerumunan orang terus melewatinya.

Pangeran William berdiri di kepala peti mati Ratu bersama saudaranya di ujung yang berlawanan.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Raja Charles III Rencana Copot Pangeran Harry dari Tugas Resmi, Sepenuhnya Hengkang dari Kerajaan?

Kabar lain yang datang dari Kerajaan Inggris adalah Raja Charles III yang dilaporkan bakal mengubah undang-undang sehingga pejabat resminya diharuskan menjadi anggota keluarga kerajaan yang bekerja. 

Dilansir Pop Culture, Senin (19/9/2022), undang-undang saat ini memungkinkan empat orang dewasa pertama dalam garis suksesi untuk bertugas sebagai Penasihat Negara ketika Raja tidak dapat memenuhi tugas mereka sebagai kepala negara. Ini berarti Pangeran Harry dan Pangeran Andrew dapat menjadi pengganti Charles, tetapi dia ingin mengubahnya, lapor The Sunday Telegraph.

1937 Regency Act memungkinkan pasangan raja dan empat orang dewasa berikutnya dalam garis suksesi takhta untuk melayani sebagai Penasihat Negara jika diperlukan. Para Penasihat Negara jarang dikerahkan, tapi bukannya tidak pernah terdengar. 

Pada bulan Mei, Ratu Elizabeth II meminta Pangeran Charles dan Pangeran William menghadiri Pembukaan Parlemen Negara di tempatnya. Pangeran Harry dan Pangeran Andrew juga termasuk dalam daftar kemungkinan Penasihat Negara Ratu Elizabeth.

Empat orang dewasa pertama dalam garis suksesi sekarang adalah Pangeran William, Pangeran Harry, Pangeran Andrew, dan putri Andrew, Putri Beatrice. Jika Undang-Undang Kabupaten tidak diubah, itu berarti tiga bangsawan yang tidak bekerja akan memenuhi syarat sebagai Penasihat Negara.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.