Sukses

Sejarah di Balik Kereta Pembawa Peti Mati Ratu Elizabeth II, Dulu Pernah Ditarik Kuda

Setiap momen dan details dari prosesi pemakaman pemimpin monarki terlama di Inggris menyimpan banyak sejarah di baliknya.

Liputan6.com, London- State Gun Carriage atau kereta meriam negara yang digunakan untuk membawa peti mati Ratu Elizabeth II, pada prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II melalui pusat kota London, memiliki sejarah yang menarik di baliknya.

Dalam pemeliharaan Angkatan Laut Kerajaan sejak tahun 1901, gerbong senjata ini dihapus dari fungsi aktifnya dalam rangka pemakaman Ratu Victoria.

Dikutip dari laman CNN News (19/9/2022), kereta ini juga telah digunakan untuk pemakaman beberapa raja lainnya, termasuk pemakaman Raja Edward VII, Raja George V dan ayah Ratu, Raja George VI, pada tahun 1952.

State Gun Carriage juga ditampilkan dalam pemakaman perdana menteri pertama Ratu, Winston Churchill, dan terakhir digunakan pada tahun 1979 untuk sepupunya, Lord Louis Mountbatten.

Sesuai dengan tradisi, kereta meriam negara —yang berangkat dari Westminster Hall, tempat Ratu bersemayam, pada pukul 10.44 pagi waktu London --ditarik oleh 142 Royal Naval Ratings, yang merupakan personel layanan.

Tradisi pelaut menarik peti mati dilakukan, setelah kuda-kuda yang digunakan untuk menarik peti mati saat pemakaman Ratu Victoria pada tahun 1901 ketakutan dan hampir menjungkirbalikkan peti matinya.

Kereta itu diapit oleh rombongan pembawa peti mati yang terdiri dari pasukan pengawal Ratu, serta detasemen King's Body Guards of the Honourable Corps of Gentlemen at Arms, The Yeomen of the Guard dan Royal Company of Archers.

Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey jarak prosesinya sekitar satu mil. Raja Charles III, serta anggota Keluarga Kerajaan lainnya, mengikuti di belakang kereta kencana.

Permaisuri Ratu, Putri Wales, Countess of Wessex dan Duchess of Sussex juga bergabung dengan iring-iringan di dalam mobil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuda yang Hampir Menggulingkan Peti Mati

Seperti kebanyakan prosesi seputar kematian ratu, dan naik tahtanya Raja Charles, tradisi memainkan peran yang sangat besar dalam pemakaman.

Dikutip dari The National News, diketahui pada tahun 1901, peti mati Ratu Victoria akan dibawa dengan kereta kencana melalui jalan-jalan di Windsor. Namun, dalam cuaca dingin yang pahit di bulan Februari itu, kuda-kuda yang akan menariknya panik dan menunjukkan gestur yang mengancam untuk menjatuhkan peti mati dari kereta.

Kapten Pangeran Louis dari Battenberg–yang kelak menjadi Penguasa Laut Pertama Angkatan Laut Kerajaan—turun tangan dan menyarankan kepada raja yang baru, Raja Edward VII, agar pasukan senior turun tangan.

Setelah hal ini disetujui, kuda-kuda itu dilepaskan dan tali-tali darurat dipasang ke kereta senjata, yang beratnya 3.000 kilogram (2,5 ton). Tim pelaut didatangkan untuk memastikan peti mati dibawa dengan aman selama sisa rute.

Barulah sembilan tahun kemudian, pada pemakaman Raja Edward VII, rutinitas baru ini ditetapkan sebagai tradisi yang kemudian diikuti di semua pemakaman kenegaraan sejak saat itu.

Saat ini, kereta meriam negara disimpan di bawah kondisi lingkungan yang terkendali pada suhu antara 16°C dan 20°C dan pada kelembaban antara 40 persen dan 70 persen. Hal ini untuk mencegahnya menjadi kering dan rapuh serta untuk menghentikan pertumbuhan jamur.

Dibangun di Royal Gun Factory di Royal Arsenal di Woolwich, London, unit itu untuk membawa senjata lapangan ringan standar tentara pada saat itu, yaitu the breech-loaded 12-Pounder. Namun diubah menjadi State Gun Carriage seremonial dengan memasang catafalque—sebuah platform yang ditinggikan dengan rol horizontal untuk memindahkan peti mati.

3 dari 4 halaman

Kereta Dirawat Dengan Baik

State Gun Carriage disimpan di HMS Excellent di Pulau Paus di Portsmouth, di pantai selatan Inggris, di mana pemeliharaannya menjadi tanggung jawab penjaga Lt Cdr Paul "Ronnie" Barker.

"Kami mencoba menjaganya pada suhu konstan dan setiap minggu saya masuk dan memutar roda seperempat putaran untuk menghentikannya agar tidak berbentuk seperti telur akibat gravitasi dan juga dilkukan banyak pemolesan," katanya kepada kantor berita PA.

"Dalam persiapan untuk acara ini, kami telah meningkatkan pemolesan itu 10 kali lipat—jika Anda melihat gerbong senjata, larasnya sendiri belum dikrom, itu adalah pemolesan bertahun-tahun dan banyak minyak siku.

"Saya cenderung kesal jika saya melihat goresan baru, jadi saya mungkin telah menelusuri setiap bagiannya dalam empat atau lima tahun terakhir."

Cdr Steve Elliott, seorang perwira insinyur senjata, yang merupakan bagian dari kontingen pengangkut senjata, mengatakan sebelum upacara: "Saya akan mendapat kehormatan yang muram untuk berbaris di depan kereta senjata yang membawa jenazah Yang Mulia dalam perjalanan terakhirnya”.

"Sesuatu yang mungkin sedikit lebih pedih bagi saya adalah ini akan menjadi aksi terakhir saya dalam seragam setelah 32 tahun mengabdi sebelum saya benar-benar meninggalkan Royal Navy."

4 dari 4 halaman

Bunga yang Penuh Makna

Prosesi singkat dari Westminster Hall, diiringi suara bagpipe dan dengan Big Ben berdentang, memakan waktu sekitar delapan menit. Prosesi ini akan dimulai kembali setelah kebaktian, dengan Raja Charles III memimpin keluarganya berjalan di belakang saat prosesi berjalan melintasi pusat kota London.

Karangan bunga yang menghiasi peti mati ratu menyertakan bunga yang diminta oleh Raja Charles.

Dipotong dari taman Istana Buckingham, Clarence House dan Highgrove House, bunga-bunga dan dedaunan telah dipilih karena makna simbolisnya.

Bunga-bunga tersebut termasuk rosemary, untuk mengenang, dan myrtle yang dipotong dari tanaman yang tumbuh dari setangkai myrtle dalam buket pernikahan sang ratu. Myrtle sering dipandang sebagai simbol pernikahan yang bahagia.

Juga termasuk pohon ek Inggris untuk melambangkan kekuatan cinta, pelargonium, ada juga mawar taman, hydrangea musim gugur, sedum, dahlia dan scabious.

Semua ini bernuansa emas, merah muda dan burgundy, dengan sentuhan warna putih, untuk merefleksikan Royal Standard, yang dikalungkan di sekeliling peti mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.