Sukses

Mobil Jenazah Ratu Elizabeth II Lewat, Warga Teriak Hip Hip Hore

Peti mati Ratu Elizabeth II sedang menuju Windsor Castle.

Liputan6.com, London - Jenazah Ratu Elizabeth II sedang dalam perjalanan menuju Windsor Castle untuk disemayamkan. Rakyat pun ikut berdiri di pinggir jalan untuk menyasikan ratu mereka meninggalkan London untuk terakhir kalinya. 

Pada Senin (19/9/2022), acara kebaktian untuk Ratu Elizabeth II telah digelar di Westminster Abbey. Selanjutnya, anggota keluarga kerajaan dan militer mengiringi peti mati menuju Wellington Arch.

Setibanya di Wellington Arch, peti mati Ratu Elizabeth II dipindahkan ke mobil Jaguar yang dimodifikasi khusus, sehingga warga pun bisa melihat peti mati sang Ratu Inggris dengan jelas.

Berdasarkan tayangan di kanal YouTube Royal Family Channel, warga terdengar bertepuk tangan dan sesekali mereka berteriak "hip hip hore!" saat mobil Jaguar itu lewat.

<p>Mobil Jaguar mengantar peti Ratu Elizabeth II ke Windsor Castle. Dok: YouTube/The Royal Family Channel</p>

<p>Warga berada di tepi jalan untuk melihat mobil jenazah Ratu Elizabeth II menuju Windsor Castle. Dok: YouTube/The Royal Family Channel</p>Para warga juga melempar-lempar bunga ke arah mobil jenazah Ratu Elizabeth II. Tentunya banyak yang antusias merekam momen langka tersebut. 

Jarak Windsor Castle tidak jauh dari London. Ratu Elizabeth II akan dikebumikan di St George's Chapel. Lokasi tersebut juga menjadi tempat peristirahatan terakhir Putri Margaret, adik satu-satunya Ratu Elizabeth II, serta Pangeran Philip, suami sang ratu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampingi Peti Ratu Elizabeth II ke Wellington Arch, Pangeran Harry Tak Pakai Seragam Militer

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II secara kenegaraan berakhir saat lagu kebangsaan God Save The King dimainkan di akhir kebaktian, lalu peti mati dibawa pergi untuk upacara dan penguburan di Kastil Windsor.

Sebuah pintu akan tertutup rapat dan pemerintahan selama 70 tahun Ratu Elizabeth II akan berakhir.

Dalam mengiringi prosesi tersebut, mengutip tayangan BBC, Senin (19/9/2022), Pangeran Harry terlihat tidak mengenakan seragam militer. Mengapa? Dia tak lagi bertugas untuk kerajaan sejak memutuska mundur sebagai anggota senior kerajaan.

Sementara sang kakak, Pangeran William mengenakan seragam militer seperti sebelumnya dalam proses penjagaan peti mati di tempat persemayaman di Westminster Hall.

Raja Charles III dan Camilla, Permaisuri Ratu, memimpin keluarga kerajaan dalam perjalanan yang suram di belakang peti mati Ratu Elizabeth menuju tempat penguburan di Kastil Windsor.

Banyak tamu di pemakaman itu menundukkan kepala saat keluarga itu lewat. Peti mati sekarang telah meninggalkan Biara dan akan bergerak menuju London's Wellington Arch.

Di luar, pasukan dalam formasi memberi hormat pada prosesi.

Pangeran Harry terakhir kali secara resmi mengenakan seragam miIni Alasan Pangeran Harry Tak Pakai Seragam Militer Saat Pemakaman Ratu Elizabeth IIliter ke Festival Musik Mountbatten di Royal Albert Hall di London pada Maret 2020. Kemudian menjabat sebagai Kapten Jenderal Marinir Kerajaan, sang pangeran tampil dalam balutan jas merah tua dan regalia lengkap.

3 dari 4 halaman

Kehadiran Putri Charlotte Jadi Sorotan di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Putri Charlotte yang berusia 7 tahun menjadi sorotan netizen di Twitter dan menjadi trending topic pada proses pemakaman Ratu Elizabeth II. Sang putri kecil datang bersama orang tua dan kakak lelakinya: Pangeran William, Putri Catherine (Kate Middleton), dan Pangeran George. 

Selama proses kebaktian berlangsung di Westminster Abbey, Putri Charlotte mengikuti proses dengan tenang, sama pula dengan kakaknya.   

Putri Charlotte berdiri di barisan depan di antara Putri Catherine dan pamannya, yakni Peter Phillips, yang merupakan putra dari Putri Anne. 

Ketika peti mati dibawa keluar Westminster Abbey, Putri Charlotte juga ikut mengikuti di belakang. 

Gelar Putri Charlotte saat ini adalah Putri Charlotte dari Wales. Ia merupakan putri satu-satunya dari Pangeran William, serta cucu dari Raja Charles III dan Diana.

Charlotte Elizabeth Diana saat ini berada di urutan tiga penerus kerajaan Inggris setelah nama ayahnya dan kakak lelakinya.

4 dari 4 halaman

Sesuai Umur Ratu Elizabeth, Lonceng di Westminster Abbey Berdentang 96 Kali

Lonceng di Westminster Abbey berdentang 96 kali, menghitung tahun umur Ratu Elizabeth II.

Di dalam Westminster Abbey, dipenuhi dengan pasukan seragam, wajah-wajah terkenal dan sekelompok pejabat yang diantar ke bangku di bawah patung dan tugu peringatan. 

Mengutip ABC News, lonceng Tenor Abbey berbunyi mulai 19 September 2022 pada pukul 09.24 pagi waktu London  dan akan dibunyikan satu menit sekali sampai upacara pemakaman ratu dimulai pada pukul 11.00 pagi.

Ratusan pelayat telah tiba di katedral Gotik untuk kebaktian. Mereka bergabung dengan bangsawan, kepala negara dan pemimpin politik dari seluruh dunia.

Anggota masyarakat yang diundang dalam prosesi tersebut termasuk perawat lama Nancy O'Neill, yang diakui atas usahanya dalam memerangi COVID-19, dan Pranav Bhanot, yang membantu memberikan 1.200 makanan gratis selama pandemi.

Setelah itu, prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan melewati jalan-jalan kota. Peti mati dibawa dengan kereta meriam negara saat menuju Kastil Windsor untuk dimakamkan.

Pihak berwenang London mengatakan hampir tiga jam sebelum prosesi bahwa semua area tontonan publik sudah penuh.

Secara global, jutaan orang diperkirakan akan melihat liputan upacara di Westminster Abbey, tempat Elizabeth menikah dengan Pangeran Philip dan penobatannya.

Ini akan menjadi pemakaman pertama bagi seorang pemimpin monarki Inggris yang diadakan di Westminster Abbey sejak abad ke-18, dan untuk pertama kalinya kamera akan diizinkan di dalam upacara pemakaman untuk seorang pemimpin monarki Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.