Sukses

500 Pemimpin Negara dan Pejabat Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ratu Denmark Duduk di Seberang Raja Charles III

Sekitar 500 pemimpin dan pejabat dari Inggris dan di seluruh dunia berada di Westminster Abbey untuk menyaksikan kebaktian, salah satu rangkaian dalam prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, London - Sekitar 500 pemimpin dan pejabat dari Inggris dan di seluruh dunia berada di Westminster Abbey untuk menyaksikan kebaktian, salah satu rangkaian dalam prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Mengutip BBC, Senin (19/9/2022), banyak anggota keluarga kerajaan asing duduk di seberang Keluarga Kerajaan Inggris di gereja.

Ratu Margrethe II dari Denmark duduk tepat di seberang Raja Charles III. Ratu Margrethe II adalah pemimpin monarki terlama di Eropa.

Margrethe dan Elizabeth II sangat menyukai satu sama lain. Ratu Denmark merayakan gold jubilee tahun ini – 50 tahun di atas takhta – tetapi mengubah rencana perayaan akhir pekan lalu sehubungan dengan kematian temannya.

Bangsawan asing lainnya yang menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II termasuk Raja dan Ratu Bhutan, Kaisar dan Permaisuri Jepang, Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda serta Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol.

Senin 19 September adalah hari libur di seluruh Inggris, dengan banyak bisnis dan sekolah tutup sehingga warga dapat menonton siaran acara pemakaman, yang dimulai pada pukul 04.00 pagi waktu London (10.00 WIB) dan diperpanjang hingga pukul 19.30 waktu London (20 September 01.30 WIB).

Secara global, jutaan orang diperkirakan akan melihat liputan upacara di Westminster Abbey, tempat Elizabeth menikah dengan Pangeran Philip dan penobatannya.

Ini akan menjadi pemakaman pertama bagi seorang pemimpin monarki Inggris yang diadakan di Westminster Abbey sejak abad ke-18, dan untuk pertama kalinya kamera akan diizinkan di dalam upacara pemakaman untuk seorang pemimpin monarki Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.