Sukses

Taiwan Diundang Secara Khusus Tandatangani Buku Belasungkawa Ratu Elizabeth II

Kemnlu Taiwan, Kelly Wu-Chiao Hsieh 'diundang secara khusus' untuk menandatangani buku belasungkawa Ratu Elizabeth II di Lancaster House.

Liputan6.com, London - Duta Besar de facto Taiwan di London menerima undangan khusus untuk menandatangani buku belasungkawa Ratu Elizabeth II, kata Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Taiwan, dan menambahkan bahwa dia diberi perlakuan yang sama dengan pejabat lainnya.

Inggris, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan yang diklaim China meskipun mereka memiliki hubungan tidak resmi yang erat.

Taiwan yang dipimpin secara demokratis pada umumnya tidak diikutsertakan dalam sebagian besar acara dan badan internasional karena keberatan Beijing.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (18/9/2022), Kemlu Taiwan mengatakan perwakilannya di London, Kelly Wu-Chiao Hsieh, "diundang secara khusus" oleh pemerintah Inggris untuk menandatangani buku belasungkawa di Lancaster House, yang dijalankan oleh Kementerian Luar Negeri Inggris.

Undangan itu datang "berdasarkan pentingnya hubungan Taiwan-Inggris dan persahabatan berharga antara kedua bangsa", tambahnya.

Kementerian mencatat Hsieh "menikmati perlakuan yang sama seperti kepala negara, perwakilan dan anggota keluarga kerajaan negara lain yang telah pergi ke Inggris untuk melayat".

China mengirim wakil presiden Wang Qishan ke pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada hari Senin di London, tetapi beberapa anggota parlemen telah menyuarakan keprihatinan tentang mengundang perwakilan dari China setelah beberapa anggota parlemen Inggris dijatuhi sanksi oleh Beijing karena mengkritik dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.

China menyangkal adanya pelanggaran semacam itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pimpinan yang Diundang

Pemerintah Taiwan dengan cepat mengirimkan belasungkawa setelah kematian Ratu Inggris, dan Mentri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu pada hari Kamis mengunjungi kedutaan de facto Inggris di Taipei untuk menandatangani buku belasungkawa publik.

Kantor perwakilan Taiwan di Inggris minggu lalu memposting gambar di halaman Facebook-nya tentang Ratu Elizabeth II yang menerima anggrek Taiwan yang dinamai menurut namanya di Chelsea Flower Show pada tahun 2011.

Taiwan belum mengatakan apakah akan diizinkan untuk mengirim perwakilan ke pemakaman kenegaraan, yang akan dihadiri oleh sejumlah pemimpin dunia, termasuk presiden AS, Joe Biden.

Inggris mengundang perwakilan dari Korea Utara untuk menghadiri pemakaman, tetapi Afghanistan, Suriah dan Venezuela tidak akan diberikan undangan, kata sumber Kantor Luar Negeri pada hari Rabu.

Rusia, Myanmar, dan Belarus juga belum diminta untuk hadir.

3 dari 4 halaman

Siapa Saja yang Diundang dalam Acara Pemakaman Ratu Elizabeth II?

Dari beberapa yang tak diundang oleh Kerajaan Inggris, pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin 19 September 2022 mendatang akan menjadi salah satu pertemuan bangsawan dan politikus terbesar yang diselenggarakan di Inggris selama beberapa dekade.

Undangan keluar selama akhir pekan, dengan sekitar 500 kepala negara dan pejabat asing diharapkan hadir.

Dilansir BBC, Rabu (14/9/2022), mayoritas pemimpin telah diminta untuk tiba dengan penerbangan komersial dan diberitahu bahwa mereka akan diangkut secara massal dari sebuah lokasi di London barat.

Upacara akan diadakan di Westminster Abbey, yang memiliki kapasitas untuk sekitar 2.200 orang.

Berikut adalah sejumlah undangan untuk pemakaman Ratu Elizabeth II:

1. Keluarga Kerajaan Eropa

Anggota keluarga kerajaan dari seluruh Eropa, banyak di antaranya adalah kerabat Ratu.

Raja Belgia Philippe dan Ratu Mathilde telah mengkonfirmasi mereka akan berada di sana, seperti halnya Raja Willem-Alexander dan istrinya, Ratu Maxima, bersama ibunya, mantan ratu Belanda Putri Beatrix.

Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol juga telah menerima undangan, begitu pula keluarga kerajaan Norwegia, Swedia, dan Demark.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Pemakaman Ratu Elizabeth II Bakal Disiarkan 125 Bioskop di Inggris, Nonton Gratis

Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin 19 September 2022 akan ditampilkan oleh sekitar 125 bioskop di seluruh Inggris, sementara taman, alun-alun dan katedral juga akan memasang layar untuk acara seremonial besar, kata pemerintah setempat pada Sabtu 17 September.

Layanan pemakaman di Westminster Abbey dan prosesi terkait di London juga akan ditayangkan langsung di televisi oleh BBC, ITV dan Sky, kata departemen kebudayaan Inggris dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Global News, Minggu (18/9/2022).

Presiden, perdana menteri, dan keluarga kerajaan dari seluruh dunia diperkirakan bakal menghadiri pemakaman pemimpin monarki terlama di Inggris. Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September dalam usia 96 tahun.

Pemerintah Inggris juga telah mendeklarasikan hari libur umum saat pemakaman Ratu Elizabeth II, sehingga dapat memicu audiens yang lebih tinggi daripada yang terlihat untuk acara-acara besar lainnya dalam sejarah Inggris baru-baru ini termasuk pemakaman Putri Diana pada tahun 1997, Olimpiade London 2012 dan pernikahan kerajaan.

Untuk menyaksikan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II dalam pemutaran bioskop tak dikenakan biaya alias gratis. dengan banyak lokasi pemutaran sudah memuhi kapasitas, UK Cinema Association (Asosiasi Sinema Inggris) mengatakan pada Kamis 14 September.

Ratusan ribu orang telah mengantre berjam-jam minggu ini untuk memberi penghormatan terakhir kepada peti mati Ratu Elizabeth II, yang disemayamkan di Westminster Hall hingga Senin pagi 19 September.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.