Sukses

Kunjungan Ratu Elizabeth II yang Memikat Jutaan Masyarakat India

Masyarakat India menyambut Ratu Elizabeth II dengan penuh suka cita, ketika sang ratu berkunjung ke India.

Liputan6.com, New Delhi - Ketika Ratu Elizabeth II mengunjungi India untuk pertama kalinya pada bulan Januari 1961, rute dari bandara di Delhi ke kediaman resmi presiden India dilaporkan dipenuhi hampir satu juta orang.

"Orang India mengabaikan masalah mereka minggu ini. Tidak sepenuhnya, tentu saja, tetapi kesulitan ekonomi, perselisihan politik, dan kekhawatiran tentang Komunis Tiongkok, Kongo, dan Laos tampaknya memudar di latar belakang. Ratu Elizabeth II ada di sini, dan ibu kota, setidaknya, tampak berusaha untuk memanfaatkannya sebaik mungkin," lapor The New York Times kala itu.

The Times mengatakan kereta api, bus, dan gerobak sapi mengangkut orang ke ibu kota. Di sini mereka berkeliaran di jalan-jalan dan berkeliaran di halaman rumput berharap untuk melihat sekilas pasangan kerajaan."

Mereka tampaknya memandang Ratu dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, sebagai seorang impresario yang memungkinkan untuk melupakan dan bersenang-senang," kata laporan itu.

Pada saat yang sama, surat kabar itu melaporkan bahwa "Elizabeth datang bukan sebagai penguasa yang menggurui dalam tur kerajaan, tetapi setara" - dia adalah raja Inggris pertama yang naik takhta setelah kemerdekaan India dari pemerintahan Inggris pada tahun 1947.

Mengutip dari laman BBC, Senin (12/9/2022), perjalanan ini juga menawarkan kesempatan bagi India untuk menunjukkan kepada penguasa Inggris "bahwa mereka tidak melakukan hal yang buruk sejak rakyatnya pergi".

Bagi pasangan kerajaan itu, tur enam minggu di anak benua itu juga merupakan penemuan India yang kaya. 

Rekaman British Pathe dari perjalanan itu menawarkan wawasan yang menarik tentang sambutan hangat yang diterima pasangan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tur Tempat Bersejarah

Sang Ratu melakukan tur ke kota-kota Mumbai, Chennai dan Kolkata (yang kemudian dikenal sebagai Bombay, Madras dan Kalkuta) dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Taj Mahal, Pink Palace di Jaipur dan kota kuno Varanasi. 

Dia menghadiri sejumlah resepsi dan menghabiskan dua hari di pondok berburu seorang maharaja dan menunggang seekor gajah. Pasangan kerajaan ini adalah tamu kehormatan pada parade akbar Hari Republik pada tanggal 26 Januari.

Di Ramlila Maidan yang luas di Delhi, Ratu berpidato di hadapan ribuan orang yang berkumpul dengan meriah. Ia berkendara ke Taj Mahal di Agra dengan mobil terbuka sambil melambaikan tangan kepada orang banyak. Dia mengunjungi pabrik baja di Bengal Barat yang dibangun dengan bantuan Inggris dan bertemu dengan para pekerjanya.

Di Kolkata, ia mengunjungi monumen yang dibangun untuk mengenang Ratu Victoria. Sebuah pacuan kuda di lapangan lokal yang berkembang pesat diselenggarakan untuk pasangan ini dan Ratu mempersembahkan piala kepada pemilik kuda yang menang.

Meliput perjalanan Ratu dengan mobil terbuka dari bandara di Kolkata ke kota, seorang reporter dari lembaga penyiaran negara AIl India Radio (AIR) mengutip editorial Yorkshire.

Dia mungkin bukan permaisuri India, tetapi antusiasme orang banyak India membuktikan bahwa dia masih permaisuri dari jutaan hati orang India, menurut sebuah catatan perjalanan.

3 dari 4 halaman

Kunjungan Kedua kalinya

Hampir dua dekade kemudian, pada bulan November 1983, Ratu melakukan perjalanan keduanya ke India, bertepatan dengan pertemuan puncak para pemimpin Persemakmuran.

Pasangan ini tinggal di kamar tamu di istana kepresidenan yang mewah, yang menurut sebuah surat kabar, telah dilucuti dari perabotan India dan dikembalikan ke dekorasi Viceregal. 

"Perabotan masa lalu yang berdebu yang ditemukan di kantor-kantor dan museum telah dibersihkan dan diperbaiki untuk menghiasi suite. 

Sprei, gorden dan permadani telah diubah untuk menyatu dengan masa lalu yang agung," kata para pejabat. Menunya termasuk "hidangan lama bergaya Barat" karena Ratu rupanya menyukai "makanan sederhana".

Kunjungan terakhirnya pada bulan Oktober 1997 terjadi dengan latar belakang sebuah tragedi. Bertepatan dengan peringatan 50 tahun kemerdekaan India dan Pakistan, itu adalah keterlibatan publik pertama Ratu sejak pemakaman Putri Diana.

Perjalanan ini juga diwarnai dengan beberapa kontroversi. Dia akan mengunjungi Jallianwala Bagh -sebuah taman peringatan yang merupakan tempat salah satu pembantaian paling berdarah dalam sejarah Inggris.

Di tengah seruan permintaan maaf. Ratusan orang India ditembak oleh pasukan Inggris saat menghadiri pertemuan publik di lokasi tersebut pada tahun 1919.

4 dari 4 halaman

Obrolan Sejarah Inggris dan India

Malam sebelum dia mengunjungi situs di kota utara Amritsar, Ratu Inggris mengatakan pada sebuah resepsi perjamuan di Delhi: "Bukan rahasia lagi bahwa ada beberapa episode sulit di masa lalu Jallianwala Bagh, yang akan saya kunjungi besok, adalah contoh yang menyedihkan. 

Tetapi sejarah tidak dapat ditulis ulang, betapapun kita terkadang berharap sebaliknya. Sejarah memiliki momen-momen kesedihan, dan juga kegembiraan. Kita harus belajar dari kesedihan dan membangun kegembiraan."

Pidato tersebut - meskipun tidak memuaskan semua pihak yang menyerukan permintaan maaf eksplisit dari Inggris - tampaknya menenangkan kerabat dari mereka yang terbunuh yang membatalkan demonstrasi yang direncanakan di bandara di Amritsar.

Sebaliknya, rute 10 mil dari bandara ke kota dilaporkan dipenuhi oleh orang-orang yang "bersorak-sorai melambaikan bendera". 

Di Kuil Emas kota itu, kuil paling suci Sikhisme, Ratu diizinkan masuk dengan mengenakan kaus kaki setelah melepas sepatunya.

Gaun kerajaan adalah subjek daya tarik dan spekulasi yang tak ada habisnya di media India. 

Selama kunjungannya pada tahun 1983, spekulasi marak, lapor seorang koresponden di majalah India Today, tentang hampir semua yang dikenakan Ratu. Sunil Sethi melaporkan tentang kunjungan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.