Sukses

PM Inggris Liz Truss, Lulusan Oxford yang Vokal dengan Politik Rusia

Liz Truss adalah perempuan ketiga yang menjadi PM Inggris setelah Margaret Thatcher dan Theresa May. Mereka semua lulusan Universitas Oxford.

Liputan6.com, London - Liz Truss terpilih menjadi perdana menteri Inggris pada Senin (5/9/2022). Ia menggantikan Boris Johnson yang harus mundur akibat berbagai skandal. 

Dalam pengumuman Senin siang waktu Inggris, Liz Truss datang ke acara pengumuman di Westminster dengan pakaian ungu. Wanita itu menjadi perdana menteri ke-15 di era Ratu Elizabeth II.

Ia berterima kasih pada Partai Konservatif, keluarga, sahabatnya, serta memberikan penghormatan kepada lawannya: Rishi Sunak. Tak lupa, ia memuji Boris Johnson yang disebut sukses di krisis Brexit serta tegas melawan Rusia.

"Saya ingin berterima kasih pemimpin yang keluar, sahabat saya, Boris Johsnon," ujar Liz Truss.

"Saya akan memerintah sebagai seorang Konservatif," tegasnya. Ia juga berjanji akan memenangkan pemilihan umum 2025.

Terpilihnya Liz Truss menandakan perempuan ketiga yang menjadi perdana menteri Inggris setelah Margaret Thatcher (The Iron Lady) dan Theresa May. 

Tiga perempuan itu juga sama-sama lulusan Universitas Oxford. Liz Truss lulus dari Merton College, jurusannya adalh Filosofi, Politik, dan Ekonomi. 

Berdasarkan informasi situs Merton College, Liz Truss kuliah pada tahun 1993-1996. Ketika kuliah, ia juga presiden dari perkumpulan Liberal Democrat di Oxford. 

Selama invasi Rusia ke Ukraina, Liz Truss menjabat sebagai menteri luar negeri. Ia pun berani vokal melawan aksi politik Rusia. Ia bahkan pernah menyebut Rusia bertindak barbar. 

“Rusia dapat memblokir tindakan efektif apa pun di Dewan Keamanan PBB. Putin melihat vetonya sebagai lampu hijau untuk barbarisme. Dia meninggalkan Undang-Undang Pendiri NATO-Rusia dan Perjanjian tentang Angkatan Bersenjata Konvensional di Eropa. Dia telah melanggar berbagai tindakan pengendalian senjata," kata Liz Truss pada April 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Liz Truss Menang

Liz Truss sejak awal menguasai jajak pendapat menjanjikan pembekuan tagihan energi untuk kesejahteraan masyarakat Inggris, demikian dikutip dari laman BBC.

Di sisi lain, ia juga berjanji untuk mulai memotong pajak sejak hari pertama.

Boris Johnson dipaksa mundur pada 7 Juli 2022 usai pejabat pemerintah, yang memprotes kepemimpinannya dilanda skandal. Johnson terus menjabat sebagai perdana menteri sementara sampai ada pemimpin baru menggantikannya.

Johnson, yang meraih kemenangan telak dalam pemilihan umum pada 2019, kehilangan dukungan setelah dia terjebak dalam serangkaian skandal, termasuk skandal Partygate dan skandal Chris Pincher.

Tetapi Johnson mempertahankan rekornya dalam penampilan terakhirnya di Pertanyaan Perdana Menteri di House of Commons pada Rabu sore, tak lama sebelum hasil pemungutan suara diumumkan. Anggota parlemen akan memulai reses musim panas mereka pada Kamis.

Johnson menandatangani pidato perpisahannya dengan mengatakan "Hasta la vista, baby" (Sampai jumpa), sebuah ungkapan terkenal yang digunakan oleh legenda Hollywood Arnold Schwarzenegger dalam film Terminator, memicu spekulasi bahwa ia bertujuan untuk membuat comeback politik.

3 dari 4 halaman

Skandal Partai Boris Johnson Selama Menjabat Jadi PM Inggris

 Boris Johnson mengumumkan pengunduran dirinya sebagai perdana menteri Inggris pada Kamis (7 Juli) setelah dia ditinggalkan oleh para menteri dan anggota parlemen Partai Konservatif yang mengatakan dia tidak lagi layak untuk memerintah.

Setelah berhari-hari berjuang untuk pekerjaannya, Johnson telah ditinggalkan oleh semua kecuali segelintir sekutu setelah serangkaian skandal terbaru mematahkan kesediaan mereka untuk mendukungnya. 

Dilansir dari laman Channel News Asia, Jumat (8/7), berikut adalah beberapa skandal yang telah merugikan Johnson secara politik:

1. Isu Pelecehan Seksual

Pengunduran diri massal dari pemerintah minggu ini menyusul tuduhan mantan pegawai negeri senior bahwa kantor Johnson memberikan informasi palsu tentang tuduhan pelecehan seksual di masa lalu terhadap anggota parlemen Christopher Pincher.

Pada bulan Februari, Johnson menunjuk Pincher sebagai Deputy Chief Whip, memberinya tanggung jawab untuk kesejahteraan anggota parlemen Konservatif lainnya.

Pekan lalu, Pincher diskors dari partai setelah mengakui dia telah membuat orang lain tidak nyaman saat keluar malam dalam keadaan mabuk. Kemudian terungkap bahwa Pincher telah menjadi subjek tuduhan pelecehan seksual di masa lalu.

Kantor Johnson awalnya mengatakan perdana menteri tidak mengetahui tuduhan spesifik masa lalu terhadap Pincher.

Namun, mantan pegawai negeri senior Simon McDonald menulis surat yang mengatakan bahwa dia telah menyelidiki tuduhan tersebut pada tahun 2019 dan telah menguatkan pengaduan tersebut.

4 dari 4 halaman

2. Partygate

Istilah "Partygate" diciptakan untuk merujuk pada skandal pesta yang diadakan di pemerintahan, termasuk di kantor Downing Street milik Johnson sendiri, yang ditemukan telah melanggar aturan penguncian COVID-19 yang ketat.

Johnson sendiri didenda oleh polisi karena menghadiri pesta ulang tahun, dan terpaksa meminta maaf kepada Ratu Elizabeth setelah diketahui staf berpesta di Downing Street pada malam pemakaman suaminya Pangeran Philip pada April 2021.

Sebuah laporan oleh seorang pegawai negeri senior memberikan laporan yang memberatkan tentang serangkaian pesta ilegal saat lockdown, merinci contoh konsumsi alkohol dan staf yang muntah berlebihan.

Parlemen masih menyelidiki apakah Johnson berulang kali menyesatkan anggota parlemen ketika dia menyangkal mengetahui adanya pihak ilegal.

Johnson mengatakan dia dengan tulus percaya pada saat itu bahwa pertemuan tidak melanggar hukum, tetapi sekarang dia menerima bahwa dia salah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.