Sukses

Minum Kopi Bisa Bikin Panjang Umur? Begini Faktanya

Berikut ini fakta dan penjelasan sains soal kopi yang disebut-sebut bisa bikin panjang umur.

Liputan6.com, Jakarta - Orang Amerika minum sekitar 517 juta cangkir kopi setiap hari, menurut National Coffee Association, menjadikannya minuman paling populer di AS selain air. 

Minum kopi telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Tetapi apakah itu akan membantu Anda hidup lebih lama? 

Dilansir Live Science, Minggu (21/8/2022), faktanya banyak penelitian besar menunjukkan bahwa senyawa aktif biologis kopi, termasuk kafein, dapat membantu menjaga peradangan, kondisi kesehatan kronis dan bahkan kanker tertentu. 

Tetapi karena korelasi tidak sama dengan sebab-akibat, masih belum ada cukup bukti untuk secara definitif mengatakan bahwa minum minuman pagi akan menghasilkan umur yang lebih panjang.

Karena "datanya berasal dari studi retrospektif [dan] bukan uji coba acak" dan "tidak ada data yang cukup kuat untuk merekomendasikan orang untuk minum lebih banyak kopi," Dr. Chip Lavie, direktur medis rehabilitasi jantung dan kardiologi preventif di John Ochsner Institut Jantung dan Vaskular di New Orleans, mengatakan kepada Live Science.

Menurut sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Progress in Cardiovascular Diseases, ada lebih dari 1.000 senyawa biologis aktif dalam kopi.

Salah satu komponen utama, yang disebut asam klorogenat meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin. Ini berarti meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses gula. Sensitivitas insulin mengacu pada seberapa sensitif sel-sel tubuh dalam menanggapi insulin.

Sensitivitas insulin yang tinggi memungkinkan sel-sel tubuh untuk menggunakan glukosa darah lebih efektif, mengurangi gula darah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kurangi Risiko Diabetes

Tinjauan sistematis 2019 dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine telah menunjukkan bahwa efek ini mengurangi risiko diabetes tipe 2. 

Sebuah tinjauan sistematis dari sembilan studi menemukan bahwa orang yang minum lebih dari enam cangkir kopi per hari memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari dua, menurut sebuah makalah tahun 2013 di Journal of American College of Kardiologi.

Senyawa seperti melanoid, kina, lignan dan trigonelin memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan , yang berarti mereka mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas — molekul tidak stabil yang diproduksi oleh tubuh saat memproses makanan dan bereaksi terhadap polutan dan racun lingkungan. 

Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk penyakit kardiovaskular dan inflamasi, katarak, dan kanker, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Review.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Kafein Jadi Adiktif

Dari peminum kopi, 84% menikmati secangkir kopi saat sarapan, menurut National Coffee Association, menunjukkan bahwa kebanyakan orang minum kopi karena kafeinnya. 

Kafein merangsang sistem saraf pusat dengan memblokir sinyal di otak yang biasanya akan mengurangi aktivitasnya. Ini juga merupakan bronkodilator yang lemah, yang berarti membuat pernapasan lebih mudah dengan mengendurkan otot-otot di paru- paru dan memperlebar saluran udara (bronkus). Namun, salah satu efek utama kafein pada tubuh adalah pada jantung. 

Menurut studi Progress on Cardiovascular Diseases, "Konsumsi kopi juga dikaitkan dengan risiko kematian kardiovaskular (CV) yang lebih rendah dan berbagai hasil CV yang merugikan, termasuk penyakit jantung koroner (PJK) [dan] gagal jantung kongestif (HF). " 

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi bagi sebagian orang. 

"Kafein tampaknya buruk, karena dapat meningkatkan detak jantung dan [tekanan darah] secara akut dan secara teoritis meningkatkan gangguan ritme [jantung]," kata Lavie. 

Namun, sebagian besar data menunjukkan bahwa penggunaan kafein secara teratur aman dan terkait dengan pengurangan kematian akibat penyakit kardiovaskular dan bahkan kematian total selama beberapa dekade, katanya.

4 dari 5 halaman

Efek Positif Kopi

Efek positif kopi pada jantung didokumentasikan dengan baik, dengan kumpulan data yang mengesankan.

Minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih rendah, sebagian, karena minuman tersebut dapat menurunkan risiko kondisi kesehatan lain yang dapat menyebabkan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi.

Menurut studi Kemajuan Penyakit Kardiovaskular, terutama "di antara individu yang secara genetik cenderung mengembangkan obesitas , konsumsi kopi yang lebih tinggi dikaitkan dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah," metrik yang sering digunakan untuk memperkirakan persentase lemak tubuh seseorang.

BMI yang tinggi dapat menyebabkan perubahan kolesterol dan peningkatan tekanan darah, keduanya meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan gagal jantung.

5 dari 5 halaman

Turunkan Risiko Penyakit

Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam British Medical Journal, konsumsi kopi juga menurunkan risiko jaringan parut hati (fibrosis dan sirosis), kanker hati dan penyakit hati berlemak (steatosis hati). 

Ini karena metabolit utama kafein utama, paraxanthine, muncul untuk menekan sintesis faktor pertumbuhan jaringan ikat (CTGF), sebuah molekul yang berperan dalam perkembangan fibrosis dan tumor. 

Manfaat positif lainnya dikaitkan dengan kemungkinan efek antivirus dari asam klorogenat dan asam caffeic, keduanya ditemukan dalam kopi, menurut British Liver Trust.

Studi Kemajuan dalam Penyakit Kardiovaskular juga melaporkan bahwa konsumsi kopi setiap hari sangat terkait dengan risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan penyakit neurodegeneratif. 

Banyak penelitian telah mengisyaratkan bahwa Penyakit Parkinson (PD) kurang umum pada orang yang minum kopi, dibandingkan dengan mereka yang tidak, meskipun alasan mengapa masih belum jelas, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Sebuah meta-analisis dari 26 studi di Journal of Alzheimer's Diseasemenyarankan bahwa kebiasaan konsumsi kafein dikaitkan dengan risiko penyakit Parkinson yang kira-kira 25% lebih rendah, meskipun pengurangan risiko yang tepat bervariasi antara laporan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.