Sukses

Alasan Mengapa Kopi Bisa Menyebabkan Anxiety dan Cara Menenangkan Kegelisahannya

Maka dari itu, usahakan memiliki keseimbangan yang tepat untuk tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta - Meminum secangkir kopi rasanya tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Entah Anda menyesapnya bersama teman, meneguknya saat ingin berangkat kerja di pagi hari, atau menikmati secangkir kopi di malam yang dingin, kopi memang bisa dinikmati kapan pun.

Bahkan, banyak orang yang juga merasa mereka tidak bisa beraktivitas sebelum meminum secangkir kopi pertama di hari itu.

Apalagi faktanya, konsumsi kopi dalam jumlah sedang memang memiliki manfaat kesehatan yang sangat positif. Alasannya karena kandungan vitamin, mineral, dan polifenol dalam kopi. Namun ada satu kelemahan utama dari minum kopi yaitu kafein.

Sayangnya, kafein adalah stimulan yang dapat memengaruhi sistem saraf, hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan mental seperti gangguan kecemasan (anxiety) yang serius. Mungkin beberapa dari Anda bisa merasakan kalau setelah minum kopi, Anda seperti sering merasa gelisah dan cemas tanpa alasan yang jelas. 

Nah, jika Anda tidak tertarik untuk berhenti minum minuman dingin di pagi hari, tetapi ingin menghindari kecemasan yang selalu dipicu oleh kopi, berikut cara mengurangi anxiety dari mengonsumsi kopi. Berdasarkan informasi yang dirangkum dari Real Simple, Senin (22/4/2024), berikut ulasannya.

Kopi Memiliki Banyak Khasiat yang Menguntungkan

Kopi mengandung senyawa pelawan stres oksidatif, dan penelitian menemukan bahwa secangkir kopi secara teratur dikaitkan dengan risiko kematian dan penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, penurunan risiko diabetes tipe 2, dan merupakan sumber magnesium yang baik.

Menariknya, minum kopi secukupnya ternyata bisa mengurangi stres dan kecemasan.

“Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi satu hingga dua cangkir kopi berkafein sehari sebenarnya dapat mengurangi respons stres,” kata Lina Begdache, PhD, RDN, CDN, CNS-S, FAND, ahli gizi diet terdaftar, certified nutrition specialist-scholar, dan profesor di Binghamton University, State University of New York.

"Kafein dalam dosis rendah tampaknya 'melatih otak untuk menangani stres' dan menyebabkan pelepasan dopamin, neurotransmitter 'perasaan baik' yang mendukung motivasi dan beberapa fungsi kognitif."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Benarkah Kopi Menyebabkan atau Memperburuk Kecemasan?

Apakah secangkir kopi pagi Anda yang menjadi penyebab ketegangan saraf yang Anda rasakan? Jawabannya bisa jadi adalah "ya," jika Anda meminumnya dalam jumlah banyak.

“Ya, kopi berkafein dapat menambah respons stres dan kecemasan bila dikonsumsi dalam dosis besar—lebih dari empat [8 ons] cangkir sehari,” kata Begdache.

Dia menjelaskan bahwa kafein adalah stimulan sistem saraf pusat, dan dosis besar akan merangsang sistem saraf secara berlebihan. Inilah sebabnya mengapa akan sangat membantu jika Anda membatasi konsumsi minuman berkafein.

Selain itu, menurut Begdache, karena kafein adalah stimulan, kafein dapat menyebabkan pelepasan glutamat, suatu "excitatory neurotransmitter."

“Glutamat bertindak seperti pedal gas pada neuron, sehingga mereka bekerja pada frekuensi yang lebih tinggi,” katanya. “Ini berarti pemikiran yang terlalu aktif dan hiperaktif.”

Karena kafein berdampak pada respons stres tubuh, sistem Anda melepaskan kortisol dan adrenalin saat Anda minum kopi. Fungsi hormon stres ini adalah untuk mempersiapkan tubuh menghadapi respons pelarian dan perlawanan, jelas Begdache.

“Oleh karena itu, detak jantung dan denyut nadi meningkat, di antara banyak [respons fisiologis] lainnya,” katanya, seraya menambahkan bahwa untuk menguji apakah kafein memengaruhi respons stres Anda, Anda dapat memeriksa denyut nadi Anda saat istirahat setelah minum kopi dan membandingkannya dengan data dasar.

Kafein juga menghambat pelepasan GABA, neurotransmitter penghambat yang membantu perasaan tenang.

“Otak memerlukan keseimbangan antara glutamat dan GABA untuk memodulasi pelepasan neurotransmiter lainnya,” kata Begdache. “Kehilangan keseimbangan menyebabkan efek negatif pada suasana hati.”

3 dari 4 halaman

Kopi Bisa Memengaruhi Setiap Orang Secara Berbeda

Secara lebih lanjut, meskipun Begdache mengatakan biasanya diperlukan lebih dari empat cangkir kopi untuk merasakan efek negatif kecemasan tersebut, beberapa orang tampaknya merasa sangat cemas setelah hanya minum satu cangkir.

Dalam hal ini, Begdache mengatakan, "Beberapa bukti menunjukkan bahwa variasi gen tertentu (gen ADORA2A dan CYP1A2) yang mengontrol kelelahan dan memetabolisme kafein, bertanggung jawab atas efek ansiogenik kafein."

Dengan kata lain, gen Anda mungkin saja terprogram untuk membuat Anda merasa lebih terkoneksi bahkan setelah minum secangkir kopi. Dalam hal ini, pilihan terbaik kita adalah beralih ke kopi tanpa kafein atau mencoba teh yang kurang berkafein atau minuman yang tidak mengandung kafein sama sekali.

4 dari 4 halaman

Hal yang Dilakukan Jika Tidak Ingin Berhenti Minum Kopi

Begdache memperingatkan bahwa penggunaan kafein setiap hari menyebabkan ketergantungan, yang berarti bahwa orang memerlukan dosis kafein agar dapat berfungsi.

“Obat ini juga memiliki sifat adiktif, yang berarti jika Anda berhenti meminumnya, Anda mungkin mengalami efek penarikan,” katanya.

Kopi dan sumber kafein lainnya adalah makanan pokok dalam keseharian kebanyakan orang. Jika gagasan untuk berhenti mengonsumsi minuman beralkohol terdengar tidak menarik bagi Anda, ketahuilah bahwa Anda mungkin akan merasa lebih baik jika meminumnya lebih sedikit.

Mengurangi tanpa menghentikannya sepenuhnya mungkin merupakan langkah yang tepat untuk Anda.

“Meskipun mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, ada baiknya untuk menurunkan batas dasar kafein Anda dan menjaganya pada dosis rendah-sedang sehingga Anda mendapatkan manfaatnya tanpa efek negatif,” kata Begdache.

"Perlahan-lahan turunkan jumlah kopi yang Anda minum setiap hari. Sisakan seperempat cangkir setiap dua hingga tiga hari untuk mencapai dosis yang diinginkan. Dengan cara ini, Anda terhindar dari gejala penarikan diri," sambungnya.

Minum kopi saat perut kosong mungkin membuat respons stres dan kecemasan lebih terasa pada Anda. Pakar nutrisi juga merekomendasikan minum kopi setelah makan sesuatu, atau setidaknya dicampur dengan susu kaya lemak dan protein untuk menjaga hormon stres tetap terkendali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.