Sukses

Jurus Menduniakan Bahasa Indonesia Via Diaspora

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa internasional. Hal itu karena sebagai negara dengan jumlah populasi keempat terbanyak di dunia.

Melalui webinar bertajuk "Menduniakan Bahasa Indonesia" dan pelatihan pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), upaya menduniakan bahasa Indonesia dilakukan. Bekerja sama dengan Cleon Communication Training and Consulting, IDN Philippines dan IDN Global.

Acara tersebut digelar Selasa 12 Juli 2022 pukul 20.00-21.30 waktu Filipina secara daring.

"Diaspora Indonesia memiliki peran strategis untuk mengenalkan budaya Indonesia melalui Bahasa Indonesia", ungkap Kartini Sarsilaningsih selaku President IDN Global.

"Untuk itu, penting bagi diaspora Indonesia memiliki keterampilan pengajaran BIPA untuk menduniakan Bahasa Indonesia karena mereka berinteraksi langsung dengan masyarakat asing. Mereka dapat mengenalkan Bahasa Indonesia ke sekolah-sekolah maupun universitas di mana mereka tinggal", imbuhnya.

Kartini menambahkan, "Dengan menjadi pengajar BIPA, diaspora Indonesia membantu nation branding Indonesia".

"Pelatihan ini menjadi langkah sederhana bagi cita-cita masa depan Indonesia untuk menduniakan Bahasa Indonesia sampai ke penjuru dunia", ungkap Lusie Susantono selaku president IDN Philippines. "Sebaran WNI di berbagai negara di belahan dunia mendorong Bahasa Indonesia untuk semakin diminati di kancah internasional," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tips dan Trik Pengajar BIPA

Pelatihan pengajaran BIPA merupakan salah satu rangkaian kegiatan 10 tahun pergerakan IDN Global.

Pelatihan ini diikuti 30 WNI yang tinggal di berbagai negara seperti Amerika, Filipina, Australia, Taiwan, Qatar, dan Kuwait serta berbagai kota di Indonesia.

Y. Didit Setiawan yang merupakan pelatih BIPA sekaligus salah satu founder Cleon Communication Training and Consulting, membekali peserta pelatihan tentang paradigma pengajaran BIPA, tips dan triknya, serta cara yang efektif, menyenangkan, dan mudah dipahami oleh pemelajar Bahasa Indonesia.

"Dalam mengajar BIPA, kita harus percaya diri, menempatkan pemelajar sesuai dengan kondisinya, dan membangun hubungan baik dengannya” ungkap Didit. “Gunakan media realia untuk menjelaskan sebuah kata sehingga metode terjemahan menjadi pilihan terakhir dalam pengajaran BIPA", tambahnya.

Demonstrasi pengajaran BIPA yang dilakukan Didit kepada dua murid menyedot perhatian peserta pelatihan pengajaran BIPA. Berbagai tanggapan postif diberikan saat sesi demonstrasi pengajaran BIPA selesai.

"Teknik pengajarannya bagus sekali. Andaikan sewaktu dulu saya mengajar Bahasa Indonesia bagi warga Amerika menggunakan teknik-teknik yang diajarkan tadi, saya akan dengan mudah mengajarkan Bahasa Indonesia bagi mereka", ungkap Nurmaria Sarosa, salah satu peserta pelatihan.

3 dari 4 halaman

Lagi, Kata-Kata Bahasa Indonesia Tersempil di Minions 2 The Rise of Gru

Minions 2 The Rise of Gru resmi ditayangkan di Indonesia pada Selasa, 28 Juni 2022. Film animasi dari Illumination tersebut adalah film kelima dalam waralaba Despicable Me - Minions.

Meski bukan kali pertama, salah satu hal menarik dari film ini adalah kembali adanya bahasa Indonesia yang disampaikan oleh Minions. Beberapa kata yang disebutkan itu adalah "nasi goreng kecap manis" hingga "terima kasih".

Pengisi suara Minions adalah Pierre-Louis Padang Coffin atau akrab disapa Pierre Coffin. Animator sekaligus sutradara berdarah Indonesia ini adalah putra dari penulis Indonesia Nh. Dini dan diplomat Prancis Yves Coffin.

Tentu ini bukan kali pertama Minions berbicara bahasa Indonesia. Film Minions pada 2015 lalu juga menghadirkan hal senada.

Menurut Coffin dalam sebuah wawancara dengan laman Voice of America, bahasa Minions adalah, "Campuran berbagai bahasa yang saya sukai, seperti Spanyol, Italia, Inggris, Indonesia dan juga Yunani."

Ia menjelaskan pula, "Yang ditekankan (dalam bahasa minion) adalah sonority atau resonansi suaranya. Bahasa Minnions tidak bisa dimengerti, tapi diketahui dari bagaimana suaranya, proyeksinya, bagaimana membaca kalimatnya, karena semua sudah saya tulis. Yang utama adalah penyampaiannya, bukan arti kata-katanya."

 

4 dari 4 halaman

Arab Saudi Rilis Panduan Haji Online dengan Bahasa Indonesia

Sementara itu jemaah dari Indonesia yang ingin beribadah ke Arab Saudi dapat semakin mudah memahami informasi yang mereka butuhkan. Kementerian Haji dan Umrah bekerja sama dengan Otoritas Umum Wakaf Arab Saudi merilis 13 Panduan Haji dan Umrah dalam 14 bahasa dunia, salah satunya dalam bahasa Indonesia.

Seperti dilaporkan oleh kantor berita Arab Saudi SPA, inisiatif ini dimaksudkan untuk meningkatkan layanan kepada para jamaah haji yang datang dari seluruh dunia dengan cara memberikan panduan dan arahan yang dapat membantu mereka untuk dapat melaksanakan ibadah haji secara maksimal.

Berdasarkan laporan SPA, Sabtu (2/7/2022), panduan ini terbagi dalam 13 topik yang menjelaskan berbagai tahapan pelaksanaan haji dalam format yang mudah dipahami sekaligus menarik bagi para jamaah. Panduan dalam bahasa Indonesia dapat diunduh melalui link berikut ini: https://guide.haj.gov.sa/id.html.

Panduan elektronik ini tersedia dalam berbagai bahasa berikut ini: Indonesia, Arab, Inggris, Prancis, Urdu, Bengali, Malaysia, Hausa, Amharik, Farsi, Spanyol, Turki, Rusia, dan Sinhala.

Hadirnya panduan ini sejalan dengan tujuan Visi Saudi 2030 untuk meningkatkan fasilitas dan layanan bagi para jamaah haji yang datang dari seluruh penjuru dunia sehingga mereka dapat beribadah dengan tentram, aman dan nyaman.

Panduan yang tersaji dalam 14 bahasa ini berusaha menjawab berbagai pertanyaan dan kebutuhan para jamaah haji yang paling sering ditanyakan. Selain itu, panduan ini juga memberikan arahan untuk membantu terjaminnya kesehatan, keselamatan dan terpenuhinya seluruh hak para jamaah.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS