Sukses

Siapa dan Berapakah IQ Tertinggi yang Pernah Tercatat di Bumi?

Liputan6.com, Jakarta - Jika IQ Anda turun antara 85 dan 115 poin, Anda sejajar dengan mayoritas populasi kebanyakan orang.

Skor di atas 130 menunjukkan kecerdasan yang luar biasa, dan apa pun yang lebih tinggi dari 160 membuat Anda jenius (setidaknya dalam hal mengikuti tes kecerdasan).

Marilyn vos Savant yang bernama tepat berada di kelasnya sendiri. Menurut Guinness World Records, IQ-nya yang menakjubkan yaitu 228 adalah yang tertinggi yang pernah tercatat.

Ia adalah seorang imigran Italia dan Jerman, vos Savant lahir di St. Louis, Missouri, pada tahun 1946.

Kemampuan kognitifnya yang maju terlihat sejak usia muda, dan menurut satu tes IQ, dia sudah menunjukkan tingkat kecerdasan orang dewasa pada usianya.

Dia memutuskan untuk memamerkan kecerdasannya yang mengesankan kepada komite Guinness World Records pada 1980-an.

Dengan menggunakan dua tes—tes Stanford-Binet dan Tes Mega—dia mendemonstrasikan skor IQ yang menempatkannya di atas Albert Einstein dan Stephen Hawking.

Dari 1986 hingga 1989, Guinness mendaftarkannya sebagai orang dengan IQ tertinggi di Bumi.

Apakah vos Savant Masih Memegang Gelar Itu?

Guinness menghentikan kategori tersebut pada tahun 1990, menyatakan bahwa tes IQ terlalu tidak dapat diandalkan untuk menjamin pemegang rekor tunggal.

Itu berarti beberapa peserta tes IQ mungkin memiliki skor lebih tinggi dari vos Savant dalam 32 tahun terakhir, tetapi tanpa pengakuan resmi dari pihak ketiga, mereka tidak mungkin menggesernya di mata publik.

Alih-alih mempelajari fisika kuantum seperti beberapa rekan jenius-IQ-nya, vos Savant telah bekerja sebagai kolumnis untuk Parade sejak 1986.

Pembaca diundang untuk mengajukan teka-teki logika agar dia menjawab di kolom "Tanya Marilyn". Sejak 2008, dia juga merancang teka-teki Numbrix untuk publikasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

10 Negara dengan IQ Penduduk Tertinggi di Dunia, Indonesia?

Coba bayangkan dunia ini seperti sebuah sekolah, di mana masing-masing negara adalah para siswanya dan kita bisa memperhatikan berbagai sikap dan karakteristik mereka -- misalnya, mulai dari sikap hingga IQ.

Jika dianalogikan, kita punya Australia, Afrika Selatan, Rusia dan Amerika Serikat sebagai 'siswa' yang bersikap ekstrovert dan besar -- mungkin dengan tendensi sedikit mengganggu.

Ada juga Inggris dan Prancis, 'siswa' old-school dan punya banyak pengalaman hidup di antara siswa-siswa lainnya.

Tapi, siapakah di antara siswa-siswa alias negara yang dianggap sebagai yang paling pintar -- dalam ketegori memiliki IQ tertinggi -- jika dibandingkan dengan yang lain?

Berikut, 10 peringkat teratas, negara pintar dengan rata-rata IQ penduduk tertinggi di dunia, merujuk pada daftar yang dirilis oleh laman iq-research.info seperti dikutip dari Toptenz.net, lantas, bagaimana dengan Indonesia?

10. Austria

Rata-rata penduduk Austria memiliki IQ sekitar 100.

Bagian dari penyumbang kejeniusan Austria mungkin karena kekayaannya.

CIA World Factbook menempatkannya sebagai negara terkaya ke-33 berdasarkan PDB per kapita -- Inggris saja berada pada urutan ke-40.

Karena pendapatan dan pendidikan cenderung berjalan beriringan, ada anggapan bahwa Austria diuntungkan pada kedua fakta kombinasi itu, ditambah lagi mengingat populasi mungilnya.

Secara historis, orang-orang Austria telah memanfaatkan otak besar mereka untuk hal yang baik. Dinasti Hapsburg mereka pernah memerintah sebagian besar Eropa.

Belum lagi banyak di antara orang Austria yang meraih penghargaan Nobel, yakni, total 21 orang.

3 dari 6 halaman

9. Swiss

Rata-rata penduduk Austria memiliki IQ sekitar 101.

Dan, bagian utama dari penyumbang kejeniusan mereka adalah kekayaan perekonomian penduduknya.

Orang Swiss juga tampak menghargai intelektualisme. Selain itu, Ibu Kota Bern merupakan tempat Albert Einstein berhasil memimpikan pertama kali teori relativitas kenamaannya -- yang mungkin menjadi penanda betapa 'pintar'nya negara tersebut.

Di sisi lain, yang menjadikan Swiss salah satu yang terpintar mungkin adalah asas netralitas mereka dalam setiap peristiwa dunia. Sehingga, mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar, ketimbang berperang seperti negara lainnya.

8. Mongolia

Rata-rata penduduk Mongolia juga memiliki IQ sekitar 101 -- sebuah posisi yang mengejutkan.

Negara itu tidak kaya seperti Austria dan Swiss, mengingat mereka duduk di peringkat 122 berdasarkan tolak ukur PDB menurut CIA World Factbook.

Namun, Mongolia dikabarkan efektif dalam mengelola keuangan mereka untuk kepentingan pendidikan -- membuat mereka memiliki sistem pendidikan yang lebih baik dengan sejumlah besar negara di Eropa.

4 dari 6 halaman

7. Islandia

Rata-rata penduduk Islandia memiliki IQ sekitar 101.

Apa yang menjadikan Islandia sebagai salah satu negara yang terpintar adalah karena mereka juga disebut sebagai negara teraman di Bumi.

Terbukti, semua keamanan itu dikombinasikan dengan semua waktu yang dihabiskan para penduduknya di dalam rumah untuk menghindari cuaca buruk, sehingga mereka lebih banyak belajar ketimbang melakukan aktivitas lain -- mungkin.

Tak hanya itu, meledaknya perekonomian Islandia di tahun 80-an dan 90-an juga dapat disebut sebagai salah satu faktor penyebab kepintaran mereka.

6. Italia

Rata-rata penduduk Italia memiliki IQ sekitar 102.

Penyebab mereka menjadi salah satu negara yang terpintar di dunia adalah masa lalu yang panjang dan nilai historis yang mereka miliki sebagai salah satu lokasi pusat Kekaisaran Romawi.

Tak hanya itu, sumbangsih mereka pada sejumlah kemajuan ilmiah, industri, seni, dan kesusasteraan yang berlangsung lama, sejak 2.000 tahun lalu hingga kini, juga dianggap sebagai salah satu faktor yang patut dipertimbangkan. 

5 dari 6 halaman

5. Taiwan

Meski bukan sebagai negara yang benar-benar negara -- mengingat perselisihannya dengan China -- rata-rata penduduk Taiwan (yang memproklamirkan diri sendiri sebagai negara yang berdaulat) memiliki IQ sekitar 104.

Taiwan hari ini adalah negara maju yang berpikir sejahtera yang juga kebetulan terlihat sangat baik.

Taiwan juga menggunakan kemakmuran negaranya untuk berinvestasi pada kaum mudanya.

Sebuah studi tahun 2015 oleh OECD yang membandingkan data dari 76 penelitian menempatkan pendidikan Taiwan di peringkat ke-4 terbaik di seluruh dunia.

4. China

Rata-rata penduduk China memiliki IQ sekitar 105.

China menjadi salah satu negara yang sangat memenuhi stereotip dunia terhadapnya, di mana hampir sebagian besar orang-orang sangat cerdas. Tiongkok juga ketat bersaing dengan dan mengungguli AS di sektor teknologi, dan sebagian besar teknologi terdepan yang paling menarik sekarang hadir dengan cap 'buatan China'.

3. Jepang

Rata-rata penduduk Jepang memiliki IQ sekitar 105.

Kita semua terbiasa dengan stereotip penduduk Jepang: kerja keras yang absurd. Dalam studi 2015 yang dilakukan OECD, Jepang berada di urutan keempat bersama Taiwan untuk pendidikan, di mana matematika dan sains sangat diperhatikan.

Dengan sistem pendidikan mereka yang hebat dan otak encer yang hampir dimiliki setiap warga, mungkin tidak mengherankan jika Jepang menghabiskan puluhan tahun di garis depan perubahan teknologi. Sejak lama sekali, segala sesuatu yang menarik dan penting keluar dari Tokyo.

6 dari 6 halaman

2. Korea Selatan

Rata-rata penduduk Korea Selatan memiliki IQ sekitar 106.

Mereka juga duduk di tiga besar negara yang memiliki sistem edukasi terbaik di dunia.

Korea Selatan adalah surga hi-tech, dengan internet tercepat di dunia, penggunaan smartphone secara luas, dan semua hal lain yang mengarah ke keseluruhan industri orang pintar yang melakukan hal-hal cerdas untuk secara kolektif membuat dunia menjadi tempat yang lebih cerdas.

Kepintaran Korea Selatan mungkin datang dari fakta bahwa negara itu menjadi negara kaya dengan sistem pendidikan yang ciamik.

Bukan berarti selalu begini. Kembali di masa kegelapan pada pertengahan abad ke-20, Pyongyang sebenarnya lebih kaya dari pada tetangga selatannya dengan selisih yang signifikan. Korea Utara diberkati dengan dukungan moneter Soviet, dan memiliki kekayaan mineral dalam jumlah besar.

1. Singapura

Rata-rata penduduk Singapura memiliki IQ sekitar 108.

Dari menjadi pulau kecil tanpa sumber daya alam, pemimpin pertama SIngapura Lee Kuan Yew berhasil mengubah negaranya menjadi penduduk terpintar di dunia. Ia menaikkan tingkat pendidikan orang Singapura sedemikian tinggi sehingga mereka melaju ke tempat pertama.

Menurut OECD, Singapura memiliki satu sistem pendidikan terhebat di dunia. Satu-satunya wilayah lain yang mencapai tingkat yang sama pada peringkat IQ adalah Hong Kong, tapi karena itu bukan negara, tidak ada tempat dalam daftar ini.