Sukses

NATO: Rusia Ancaman bagi Keamanan Eropa dan Atlantik

Liputan6.com, Brussels - Para pemimpin NATO melabeli Rusia sebagai ancaman bagi keamanan mereka ketika mereka merombak pertahanan aliansi itu sebagai tanggapan atas perang terhadap Ukraina, kata Kepala NATO Jens Stoltenberg.

"Kami akan menyatakan dengan jelas bahwa Rusia menimbulkan ancaman langsung bagi keamanan kami," kata Stoltenberg, menjelang peluncuran cetak biru strategis NATO, seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (2/7/2022).

Perang Ukraina menjadi fokus KTT NATO di Madrid pekan ini.

Sekutu NATO akan terus memasok Ukraina dengan senjata dalam perangnya melawan Rusia selama diperlukan, kata Kanselir Jerman Olaf Scholz di Madrid pada hari Rabu.

"Adalah baik bahwa negara-negara yang berkumpul di sini tetapi banyak negara lain juga, memberikan kontribusi mereka sehingga Ukraina dapat mempertahankan diri - dengan menyediakan sarana keuangan, bantuan kemanusiaan, tetapi juga dengan menyediakan senjata yang sangat dibutuhkan Ukraina," kata Scholz kepada wartawan saat ia tiba untuk hari kedua KTT NATO.

Presiden UKraine Volodymyr Zelensky mengatakan kepada para pemimpin NATO dalam pidato khusus bahwa Ukraina membutuhkan senjata modern dan lebih banyak bantuan keuangan dalam perangnya melawan invasi Rusia.

"Kita perlu mematahkan keunggulan artileri Rusia ... Kami membutuhkan sistem yang jauh lebih modern, artileri modern," kata Zelensky kepada KTT NATO di Madrid melalui tautan video.

Dia menambahkan bahwa dukungan keuangan "tidak kalah pentingnya dengan bantuan dengan senjata"..."Rusia masih menerima miliaran setiap hari dan menghabiskannya untuk perang. Kami memiliki defisit miliaran dolar, kami tidak memiliki minyak dan gas untuk menutupinya," kata Zelensky, seraya menambahkan bahwa Ukraina membutuhkan sekitar US$ 5 miliar per bulan untuk pertahanannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 3 halaman

Lebih Banyak Pasukan AS

Presiden Joe Biden telah mengumumkan bahwa AS akan meningkatkan pasukan militernya di seluruh Eropa dengan pengerahan darat, laut, dan udara ekstra, saat ia berkumpul dengan para pemimpin NATO untuk KTT dua hari sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Sesampainya di pertemuan di Madrid, Presiden AS mengumumkan penempatan brigade yang terdiri dari 3.000 tentara tempur di Rumania, dua skuadron pesawat tempur F-35 di Inggris dan dua kapal perusak angkatan laut di Spanyol.

"AS dan sekutunya akan melangkah maju. Kami melangkah maju. Kami membuktikan bahwa NATO lebih dibutuhkan sekarang daripada sebelumnya," kata Biden dalam sebuah pernyataan singkat sebelum pertemuan KTT dimulai.

Presiden AS juga mengatakan korps angkatan darat kelima AS akan mendirikan pangkalan permanen di Polandia, pasukan tambahan akan berkomitmen untuk negara-negara Baltik dan menempatkan sistem pertahanan udara ekstra di Jerman dan Italia.

Itu, kata Biden, sebagai tanggapan terhadap agresi Rusia, menambahkan: "Bersama dengan sekutu kami, kami akan memastikan NATO siap untuk menghadapi ancaman di setiap wilayah, darat, udara, dan di laut", yang datang "pada saat Putin telah menghancurkan perdamaian di Eropa dan prinsip-prinsip tatanan berbasis aturan".

AS mengirim 20.000 tentara lagi ke Eropa awal tahun ini, menjadikan total yang berbasis di seluruh benua menjadi lebih dari 100.000. Pengumuman hari Rabu datang di atas itu dan Biden mengatakan AS akan "terus menyesuaikan postur kami" jika perlu.

 

3 dari 3 halaman

Rencana Pertahanan Baru NATO

Rencana pertahanan baru NATO berarti bahwa 300.000 tentara akan ditempatkan pada kesiapan tinggi untuk mencegah setiap serangan Rusia. Pasukan akan tersedia pada pemberitahuan beberapa hari atau minggu untuk dikirim ke garis depan jika perlu.

Para pemimpin yang menghadiri KTT itu akan menandatangani konsep strategis NATO baru, pertama kalinya aliansi itu merevisi pernyataan visinya sejak 2010. Ini akan secara resmi mengakui bahwa Rusia menimbulkan "ancaman langsung terhadap keamanan kita" menurut Sekretaris Jenderal aliansi itu, Jens Stoltenberg.

KTT 2010 di mana dokumen lama disepakati dihadiri oleh Presiden Rusia saat itu, Dmitri Medvedev, kenang Stoltenberg. "Kami sepakat bahwa Rusia adalah mitra strategis bagi NATO dan kami mengadakan pertemuan dengan Rusia di KTT NATO. Dan tentu saja, ini tidak akan terjadi sekarang."

Saat KTT NATO berlangsung, Rusia mengatakan tidak akan terintimidasi oleh bala bantuan militer AS di Eropa ketika ketegangan meningkat atas intervensi militer Moskow di Ukraina.

"Saya pikir mereka yang mengusulkan solusi semacam itu berada di bawah ilusi bahwa mereka akan dapat mengintimidasi Rusia, entah bagaimana menahannya -- mereka tidak akan berhasil," kata Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov kepada wartawan.

  • NATO adalah sebuah organisasi militer internasional yang terdiri dari 2 negara Amerika Utara, 27 negara Eropa, dan 1 negara Eurasia.
    NATO adalah sebuah organisasi militer internasional yang terdiri dari 2 negara Amerika Utara, 27 negara Eropa, dan 1 negara Eurasia.
    NATO
  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    Rusia
  • Ukraina
  • Eropa