Sukses

iPhone Hilang Sepekan di Dalam Air, Pria Ini Kaget Ponselnya Ditemukan Masih Berfungsi

Seorang pria yang melakukan kunjungan ke pulau Mississippi, Amerika Serikat menemukan iPhone yang hilang di dalam air.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria yang melakukan kunjungan ke pulau Mississippi, Amerika Serikat menemukan iPhone yang telah hilang di dalam air. Bukan ia ambil untuk dipakai pribadi, iPhone itu justru ia kembalikan kepada pemiliknya.

Seperti dikutip dari laman UPI, Rabu (8/6/2022), pria itu menemukan perangkat tersebut masih berfungsi setelah hampir seminggu di bawah air. Erin Skaggs, dari Gulfport mengatakan dia kehilangan teleponnya di dalam air selama perjalanan Memorial Day ke Pulau Horn.

"Saya berasumsi itu adalah tujuan yang hilang," tulis Skaggs dalam sebuah posting Facebook.

Skaggs mengatakan, dia membeli telepon baru keesokan harinya.

Cody Lowe dari Biloxi mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa dia mengunjungi Pulau Horn pada Minggu ketika dia menemukan sebuah ponsel di dalam air. Lowe mencolokkan telepon dan terkejut menemukan itu masih berfungsi.

Lowe memposting foto layar kunci ponsel -- foto Skaggs dan suaminya -- dan dibagikan ratusan kali sebelum menarik perhatian Skaggs. Skaggs mengatakan, dia sangat berterima kasih atas kembalinya telepon itu karena berisi banyak gambar yang dia khawatirkan hilang selamanya.

"Terima kasih Cody Lowe! Terima kasih kepada semua orang yang mengirimi saya pesan untuk memberi tahu saya! Dan terima kasih Apple telah membuat ponsel tahan air," tulis Skaggs.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jika IPhone atau IPad Hilang, Lakukan Cara Ini untuk Menemukannya

Punya perangkat ponsel pintar sama seperti punya tempat penyimpan rahasia atau data seluruh hidup Anda.

Mulai dari akun email, metode pembayaran, ID digital dan lain-lain.

Semua itu disimpan di iPhone Anda. Tapi itu juga bisa membuatnya lebih stres jika iPhone (atau perangkat Apple lainnya) hilang atau dicuri.

Jika aplikasi Find My Apple diaktifkan di perangkat, Anda harus memulai pencarian dengan menuju ke iCloud.com/Find dan memasukkan ID Apple atau membuka aplikasi Find My di perangkat Apple yang lain.

Jika perangkat yang hilang sedang online, Anda seharusnya dapat melihat lokasinya di peta. Namun, perangkat offline tidak akan muncul di peta, tetapi hanya akan muncul dengan tanda hilang.

Aktifkan fitur itu, dan Anda akan dapat mengatur pesan yang akan muncul di layar IPhone hilang, demikian dikutip dari laman Mentalfloss.com, Jumat (4/2/2022).

 

3 dari 4 halaman

Sejumlah Pengaturan

Anda dapat, misalnya mencantumkan nomor telepon atau alamat email yang dapat dihubungi jika seseorang menemukan perangkat tersebut.

Seperti yang ditunjukkan MacRumors, Anda bahkan dapat menyebutkan hadiah untuk pengembaliannya ponsel jika dikembalikan dalam kondisi aman.

Setelah Anda mengaktifkan Mode Hilang, pilih "Beri tahu Saat Ditemukan."

Jika suatu saat perangkat Anda kembali online dan dapat mengirimkan lokasinya melalui 'Notify When Found', Anda akan menerima email.

4 dari 4 halaman

Upaya Terakhir Melindungi Data Pribadi

Mode Hilang juga menonaktifkan akses ke beberapa data pribadi yang mungkin Anda khawatirkan jika diakses oleh orang asing, seperti Apple Pay (termasuk Transit Ekspres) dan ID pribadi yang ada di Apple Wallet Anda.

Telepon masuk dan panggilan FaceTime masih dapat dijawab, tetapi pesan dan pemberitahuan lainnya tidak akan muncul.

Jika benar-benar putus asa untuk memulihkan iPhone, Anda juga dapat memilih layanan "Hapus Perangkat Ini" melalui Find My.

Itu akan sepenuhnya menghapus semua data dari ponsel yang hilang. Ini adalah upaya terakhir yang tidak dapat dibalik. Siapa pun dengan AppleCare+, perlindungan Pencurian dan Kehilangan dapat mengabaikan opsi ini dan mengajukan klaim di sini untuk mendapatkan telepon pengganti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.