Sukses

Rusia Setop Pasokan Gas ke Finlandia, Imbas Helsinki Gabung NATO?

Liputan6.com, Helsinki - Rusia menghentikan pasokan gas alamnya ke Finlandia, kata perusahaan energi milik negara Finlandia Gasum.

Finlandia telah menolak untuk membayar persediaannya dalam rubel. Tetapi itu juga mengikuti pengumuman bahwa Finlandia akan mengajukan keanggotaan NATO.

Gasum mengatakan langkah itu "disesalkan" tetapi mengatakan tidak akan ada gangguan pada pelanggan, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (20/5/2022).

Terlepas dari konflik Ukraina, Rusia terus memasok gas ke banyak negara Eropa.

Setelah kekuatan Barat memberi sanksi kepada Rusia atas perang itu, Rusia mengatakan negara-negara "tidak ramah" harus membayar gas menggunakan mata uang Rusia, sebuah langkah yang dianggap Uni Eropa sebagai pemerasan.

Ketergantungan pada energi Rusia adalah faktor yang berkontribusi dalam krisis biaya hidup yang dihadapi oleh banyak konsumen.

Finlandia mengimpor sebagian besar gasnya dari Rusia tetapi gas menyumbang kurang dari sepersepuluh dari konsumsi energi negara itu.

"Sangat disesalkan bahwa pasokan gas alam di bawah kontrak pasokan kami sekarang akan dihentikan," kata CEO Gasum Mika Wiljanen.

"Namun, kami telah mempersiapkan situasi ini dengan hati-hati dan asalkan tidak akan ada gangguan pada jaringan transmisi gas, kami akan dapat memasok semua pelanggan kami dengan gas dalam beberapa bulan mendatang," tambahnya.

Ditanya tentang masalah ini, seorang juru bicara Kremlin mengatakan "jelas bahwa tidak ada yang akan memberikan apa pun secara gratis".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rusia Potong Pasokan Listrik ke Finlandia

Rusia mengatakan akan memutus aliran listrik ke Finlandia mulai Sabtu karena mengklaim negara itu belum membayar, kata sebuah perusahaan listrik milik negara.

RAO Nordic, anak perusahaan Inter ROA, mengatakan akan berhenti mengekspor listrik ke Finlandia tanpa memberikan rincian di tengah ketegangan yang lebih besar di seluruh Eropa yang dilanda Perang Rusia-Ukraina.

"Situasi ini luar biasa dan terjadi untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua puluh tahun sejarah perdagangan kami," kata RAO Nordic dalam sebuah pernyataan, demikian seperti dikutip dari MSN News, Minggu (15/5/2022).

Layanan listrik, yang menyumbang 10% dari total konsumsi negara itu, dihentikan "untuk saat ini" pada pukul 1 a.m waktu setempat, kata operator jaringan Finlandia Fingrid, menurut laporan itu.

"Impor yang hilang dapat diganti di pasar listrik dengan mengimpor lebih banyak listrik dari Swedia dan juga oleh produksi dalam negeri," tambah perusahaan itu.

Menurut laporan itu, Fingrid tidak terlibat dalam perselisihan tersebut.

"Nord Pool adalah orang yang membayar untuk mereka. Fingrid bukan pihak dalam perdagangan listrik ini. Kami menyediakan koneksi transfer dari Rusia ke Finlandia," kata Reima Paivinen, wakil presiden senior Fingrid untuk operasi.

Perbedaan dalam pembayaran yang dihentikan dapat dikaitkan dengan tuntutan sebelumnya dari Presiden Rusia Vladimir Putin, yang menuntut negara-negara membayar biaya gas dalam rubel, mata uang nasional Rusia.

Permintaan itu muncul ketika Rusia menghadapi pengetatan sanksi ekonomi internasional.

Pemerintah Finlandia mengatakan bulan lalu tidak akan membayar pasokan gas Rusia dalam rubel.

Nord Pool tidak mengkonfirmasi persyaratan rubel, dengan mengatakan: "Kami tidak pernah memiliki pemukiman dalam rubel, hanya dalam euro, mahkota Norwegia, mahkota Swedia dan mahkota Denmark, sesuai dengan prosedur standar kami."

 

3 dari 3 halaman

Sah, Parlemen Finlandia Dukung Gabung ke NATO

Para anggota parlemen Finlandia telah mengambil suara untuk mendukung bergabungnya negara mereka ke North Atlantic Treaty Organisation (NATO). Langkah Finlandia ini terjadi di tengah invasi Rusia ke Ukraina yang bertujuan agar Ukraina tidak masuk NATO.

Dilaporkan media Finlandia YLE News, Rabu (18/5/2022), sebanyak 188 anggota parlemen mendukung masuknya Finlandia ke NATO. Sebanyak tiga anggota lain absen.

Pada hari Minggu lalu (16/5), Presiden Finlandia Sauli Niinistö dan Perdana Menteri Sanna Marin telah menegaskan bahwa negaranya akan berusaha bergabung ke aliansi NATO. Sebelum voting, ada debat yang panjang di parlemen Finlandia.

Totalnya ada 212 pidato selama sesi pleno parlemen Finlandia. Ada tiga orang yang menolak dan menuntut agar Finlandia tetap netral.

Persetujuan parlemen ini berarti presiden dan pemerintah Finlandia bisa secara resmi mendaftar ke NATO secepatnya.

Sama seperti Ukraina, wilayah Finlandia juga berbatasan dengan timur laut Rusia. Perbatasan Rusia-Finlandia mencapai 1.300 kilometer. Batas itu lebih panjang ketimbang Pulau Jawa.

Pemerintah Amerika Serikat juga telah memberikan respons positif terhadap rencana bergabungnya Finlandia dan Swedia ke NATO. Rencananya, Presiden AS Joe Biden akan bertemu Presiden Finlandia Sauli Niinistö dan PM Swedia Magdalena Andersson pada Kamis, 19 Mei 2022.

"Para pemimpin akan membahas pendaftaran Finlandia dan Swedia ke NATO dan keamanan Eropa, serta memperkuat kemitraan dekat terhadap berbagai isu-isu global dan dukungan untuk Ukraina," demikian pernyataan jubir baru Gedung Putih, Karine Jean-Pierre.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Finlandia adalah sebuah negara yang berada di benua Eropa
    Finlandia adalah sebuah negara yang berada di benua Eropa

    finlandia

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia

    Rusia

  • NATO adalah sebuah organisasi militer internasional yang terdiri dari 2 negara Amerika Utara, 27 negara Eropa, dan 1 negara Eurasia.
    NATO adalah sebuah organisasi militer internasional yang terdiri dari 2 negara Amerika Utara, 27 negara Eropa, dan 1 negara Eurasia.

    NATO