Sukses

Zeus Pecahkan Rekor Baru Anjing Tertinggi di Dunia, Sering Disangka Kuda

Zeus, anjing Great Dane Amerika berusia dua tahun berwarna abu-abu dan coklat dari Bedford, Texas, Amerika Serikat, telah dikonfirmasi Guinness World Records sebagai anjing jantan tertinggi yang hidup di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Rekor anjing tertinggi di dunia baru saja terpecahkan. Dia adalah Zeus, anjing Great Dane Amerika berusia dua tahun berwarna abu-abu dan coklat dari Bedford, Texas, Amerika Serikat.

Zeus yang memiliki tinggi 1,046 meter (3 kaki 5,18 inci) ini telah dikonfirmasi Guinness World Records sebagai anjing jantan tertinggi yang hidup di dunia.

Pemilik Zeus, Brittany Davis, mengaku sejak kecil telah memimpikan suatu hari nanti memiliki anjing jenis Great Dane. Beruntungnya, saudara laki-laki Brittany, Garrett memiliki rekan yang membiakkan anjing besar itu.

Garrett pun membuat mimpi saudara perempuannya menjadi kenyataan, dengan menghadiahkan seekor anjing Great Dane berusia 8 minggu. Awalnya, Brittany gugup memiliki anjing sebesar itu di sekitar rumah, tetapi ternyata itu adalah cinta pada pandangan pertama.

Anjing Zeus, yang lahir dari pejantan merle abu-abu dan belang-belang, adalah anak anjing terbesar di antara lima anak. "Dia sudah menjadi anjing besar sejak kami mendapatkannya, bahkan untuk anak anjing. Dia memiliki cakar yang besar," kenang Brittany, seperti dikutip dari guinnessworldrecords.com, Selasa (10/5/2022).

Great Dane awalnya dibiakkan untuk berburu babi dan akan menggunakan perawakannya yang besar untuk melindungi wanita yang mengendarai kereta dengan berlari di samping mereka. Namun, Brittany mengatakan Zeus lebih suka mengambil pendekatan hidup yang jauh lebih santai.

"Zeus pasti sangat takut pada babi. Dia takut hujan, apalagi dengan babi."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Zeus Kerap Dikira Kuda

Sebaliknya, Zeus menghabiskan hari-harinya berjalan di sekitar lingkungan dengan saudara manusianya, tidur di dekat jendelanya, dan menjelajahi pasar petani setempat. "Zeus cukup terkenal di Pasar Petani Dallas," katanya.

"Semua orang mengenalnya, dan semua penjual mengenalnya. Dia mendapat suguhan ekstra dan banyak perhatian."

Tatapan yang sering dan reaksi terkejut adalah kejadian umum ketika Zeus keluar di depan umum. "Komentar yang paling sering kita dengar adalah 'Wow, itu kuda!', 'Bolehkah saya menungganginya?' atau 'Apakah dia punya pelana?'," ungkap Brittany.

"Jawaban untuk semua pertanyaan itu adalah 'tidak.'"

Meskipun Zeus lebih tinggi dari ras lain, dia tidak membeda-bedakan dalam hal kawanannya dan akan berteman dengan anjing dari semua ukuran. Di rumah, Zeus tinggal bersama tiga saudaranya yang bernama Australian Shepherd. Saudara laki-laki favoritnya adalah Zeb, yang suka bergulat dengannya.

Dia juga berbagi rumahnya dengan saudara perempuan kucingnya, Penelope. Meskipun keduanya tidak selalu berkelahi seperti kucing dan anjing, ada sedikit persaingan saudara kandung. "Dia dan kucing itu memiliki kesepakatan bersama untuk saling menjauh," kata Brittany.

 

3 dari 4 halaman

Biaya Makan Zeus Mahal

Zeus umumnya berperilaku baik, tetapi terkadang kejenakaannya akan membuatnya berada di rumah anjing. Ukuran tubuhnya yang besar biasanya berarti dia mendapat masalah yang lebih besar.

"Dia suka mencuri dot bayi dari konter dan makanan apa pun yang tersisa di konter jelas merupakan makanan gratis untuknya," kata Brittany.

"Mangkuk airnya adalah wastafel, dan dia suka melompat ke pagar dan berbicara dengan anjing tetangga di sebelahnya."

Brittany mengatakan, memberi makan anjing Great Dane memerluka biaya yang cukup mahal. Bagi mereka yang tertarik memiliki anjing ras besar, maka bersiaplah menghabiskan uang untuk makanan anjing.

Meskipun Great Dane cenderung memiliki rentang hidup yang lebih pendek daripada anjing lain karena ukurannya yang besar, Brittany mengatakan Zeus dalam keadaan sehat. "Saat kami membawa Zeus ke dokter hewan, mereka selalu takjub," katanya.

"Mereka sangat terkesan dengan betapa sehatnya dia. Dia suka pergi ke dokter hewan; dia mendapat banyak perhatian."

Ide untuk menjangkau Guinness World Records pertama kali diangkat pada pertemuan keluarga, ketika disarankan bahwa Zeus kemungkinan lebih tinggi daripada mantan anjing tertinggi yang masih hidup (jantan). "Kami tidak berpikir itu kemungkinan, tetapi setelah kami mengukurnya, kami menyadari bahwa dia mungkin," kata Brittany.

"Ini tak terduga. Kami tidak pernah berpikir kami akan memiliki anjing terbesar yang masih hidup."

 

4 dari 4 halaman

Zeus Mengubah Keluarga Brittany

Meskipun gelar rekor baru Zeus tidak mengubah perasaan keluarganya tentang dia, Brittany mengatakan pencapaiannya telah menekankan betapa istimewanya dia sebenarnya.

"Kami mendapat banyak komentar seperti 'Wow, itu anjing tertinggi yang pernah saya lihat', jadi keren untuk sekarang dapat mengatakan 'Ya, itu pasti anjing tertinggi yang pernah Anda lihat!'"

"Itu selalu mengejutkan orang dan menyenangkan bisa mengatakan itu," tambah Brittany.

Brittany senang bisa berbagi Zeus dengan orang lain dan senang memiliki kesempatan untuk berbicara tentang betapa hebatnya dia. Zeus juga telah mengubah keluarga Brittany dengan memberi mereka banyak cinta dan kegembiraan.

"Hanya ada kami bertiga dan beberapa anjing kecil, tapi rasanya seperti memiliki orang lain," kata Brittany.

Secara kebetulan, anjing tertinggi yang pernah ada (jantan) juga seekor Great Dane abu-abu bernama Zeus. Dari Otsego, Michigan, AS, Zeus milik pemilik Kevin dan Denise Doorlag. Dia dengan sedih meninggal pada usia lima tahun pada tahun 2014.

Berukuran 111,8 cm (44 inci), anjing besar itu mencapai ketinggian 7 kaki 4 inci saat berdiri dengan kaki belakangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.