Sukses

Joe Biden Percepat Pengiriman Bantuan Senjata dari AS untuk Ukraina

Presiden AS Joe Biden mempercepat pengiriman bantuan senjata untuk Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joe Biden pada Senin (9 Mei) menghidupkan kembali tindakan Perang Dunia II yang digunakan untuk mendorong sekutu AS memerangi Nazi Jerman, yang memungkinkan pemerintah untuk mempercepat pengiriman senjata ke Ukraina untuk pertempurannya melawan invasi Rusia.

Biden menandatangani Undang-Undang pinjam-sewa di Kantor Oval, dengan mengatakan Amerika Serikat mendukung "perjuangan Ukraina untuk membela negara mereka dan demokrasi mereka melawan perang brutal (Presiden Rusia Vladimir) Putin."

Dilansir dari laman Channel News Asia, Selasa (10/5/2022), ia juga mengisyaratkan bahwa dia siap untuk membuat konsesi politik di Kongres sehingga dia dapat memenangkan persetujuan cepat atas permintaan  dana US$33 miliar lagi untuk mendukung Ukraina. 

Biden sebelumnya menuntut agar persetujuan digabungkan dengan dukungan untuk mendanai program anti-COVID-19 pemerintah yang tidak terkait. Tetapi karena Partai Republik menyeret mereka pada pengeluaran terkait COVID, Biden mengatakan dia siap untuk membatalkan tuntutan pendanaan COVID-19 untuk saat ini dan hanya mendapatkan uang untuk Ukraina.

"Kami tidak bisa menunda upaya perang vital ini," katanya dalam sebuah pernyataan, mendesak Kongres agar RUU pendanaan Ukraina diselesaikan secepatnya.

Pembaruan dari ukuran Lend-lease yang bersejarah terutama menggema beberapa jam setelah Putin mengawasi parade militer di Lapangan Merah di Moskow untuk peringatan tahunan kemenangan Soviet melawan Nazi Jerman. Putin telah mengubah peristiwa itu menjadi tontonan yang membenarkan perangnya terhadap Ukraina yang pro-Barat, yang ia klaim secara keliru diduduki oleh Nazi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan AS dan Uni Soviet

Kembali pada tahun 1940-an, Amerika Serikat dan Uni Soviet yang komunis secara singkat bersekutu melawan musuh bersama mereka, Jerman.

Saat itulah Presiden Franklin Roosevelt pertama kali menggunakan ukuran Lend-lease, menghilangkan hambatan birokrasi untuk menyalurkan miliaran dolar peralatan ke mitra Eropa, termasuk ke Soviet.

Hari ini, Lend-lease sedang digunakan untuk membuka jalur artileri, rudal anti-pesawat, senjata anti-tank dan senjata Barat kuat lainnya yang digunakan oleh militer Ukraina melawan pasukan Rusia.

Biden menekankan simbolisme tanggal tersebut, dengan mencatat bahwa dia menandatangani undang-undang tersebut sehari setelah Amerika Serikat dan Eropa Barat menandai Hari Kemenangan mereka yang terpisah di Eropa pada tanggal 8 Mei.

Dia juga menggarisbawahi bahwa Senin itu sendiri menandai peringatan Hari Eropa 9 Mei, yang merayakan berdirinya Uni Eropa pada 1950 dan penciptaan "pembangkit tenaga ekonomi" dan "kekuatan global untuk perdamaian".

Mengakui miliaran dolar yang telah dihabiskan oleh Amerika Serikat, Biden mengatakan "menyerah pada agresi bahkan lebih mahal."

3 dari 4 halaman

Sikap Presiden Ukraina

Dalam sebuah tweet, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyambut baik tindakan itu, juga mengingatkan kembali pada perang melawan Jerman.

"Penandatanganan undang-undang tentang Pinjam-pinjam hari ini adalah langkah bersejarah. Saya yakin bahwa kita akan menang bersama lagi. Dan kita akan mempertahankan demokrasi di Ukraina. Dan di Eropa. Seperti 77 tahun yang lalu," tulis Zelenskyy.

Sementara itu, Vladimir Putin mendesak Rusia untuk berperang dalam pidato Hari Kemenangan pada Senin (9 Mei), tetapi diam tentang rencana untuk eskalasi di Ukraina, meskipun ada peringatan Barat bahwa ia mungkin menggunakan alamat Lapangan Merahnya untuk memerintahkan mobilisasi nasional.

Di Ukraina, pertempuran tidak pernah berhenti, dengan Kiev melaporkan serangan rudal di pelabuhan selatan Odesa dan dorongan baru oleh pasukan Rusia untuk mengalahkan pasukan Ukraina terakhir yang bertahan di pabrik baja di Mariupol yang hancur. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (10/5/2022).

Parade tahunan pada hari Senin di Moskow - dengan rudal balistik dan tank yang biasa bergemuruh melintasi bebatuan - dengan mudah diawasi paling dekat sejak kekalahan Nazi tahun 1945 yang dirayakannya.

4 dari 4 halaman

Ingatkan Soal Nazi

Ibu kota Barat secara terbuka berspekulasi selama berminggu-minggu bahwa Putin mendorong pasukannya untuk mencapai kemajuan yang cukup pada tanggal simbolis untuk mendeklarasikan kemenangan - tetapi dengan sedikit keuntungan sejauh ini, mungkin malah mengumumkan seruan perang secara nasional.

Presiden Rusia tidak melakukan keduanya, tetapi mengulangi pernyataannya bahwa pasukannya kembali memerangi Nazi.

"Anda berjuang untuk Tanah Air, untuk masa depannya, sehingga tidak ada yang melupakan pelajaran dari Perang Dunia II. Agar tidak ada tempat di dunia untuk algojo, pengejar dan Nazi," kata Putin dari tribun di luar tembok Kremlin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.