Sukses

Rangkuman Kabar Perang Rusia Ukraina Hari ke-43, Tak Ada Tanda Putin Bakal Setop Invasi

Kematian yang disebut pembantaian pasukan Rusia di Kota Bucha Ukraina masih terus menjadi sorotan dalam kabar perang Rusia Ukraina hari ini.

Liputan6.com, Kiev - Jumat (8/4/2022) merupakan hari ke-44 invasi Rusia ke Ukraina. Sejumlah perkembangan telah terjadi dalam operasi militer Negeri Beruang Merah itu, kendati demikian belum ada pertanda bahwa perang akan berakhir.

Kematian yang disebut pembantaian pasukan Rusia di Kota Bucha Ukraina masih terus menjadi sorotan.

Untuk Anda yang tertinggal kabar terkini Rusia Ukraina, berikut ini rangkuman peristiwa penting sebelumnya, dari hari ke-43 perang Rusia Ukraina pada Rabu 6 April, dikutip dari Aljazeera:

Pertempuran

  • Wilayah timur Kharkiv, Donetsk dan Luhansk mengalami pertempuran terburuk setelah pasukan Rusia mundur dari sekitar ibu kota, Kiev.
  • Pemerintah Ukraina telah mengatakan kepada penduduk di timur negara itu untuk mengungsi "sekarang" atau "berisiko mati" menjelang serangan gencar Rusia yang ditakuti di wilayah Donbas.
  • Pihak berwenang Ukraina tidak dapat membantu orang mengungsi dari kota garis depan timur Izyum atau mengirim bantuan kemanusiaan karena sepenuhnya berada di bawah kendali Rusia, kata gubernur regional Kharkiv.
  • Tim Palang Merah Internasional telah memimpin konvoi bus dan mobil pribadi yang membawa lebih dari 1.000 orang ke Zaporizhzhia setelah mereka melarikan diri dari pelabuhan selatan Mariupol yang terkepung sendirian.
  • Kepala NATO Jens Stoltenberg mengatakan tidak ada tanda-tanda bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah melepaskan "ambisinya untuk mengendalikan seluruh Ukraina".

Kematian di Kota Bucha

  • Hampir semua warga sipil Ukraina yang tewas di pinggiran Kota Kiev, Bucha, sengaja ditembak, kata Wali Kota Anatoly Fedoruk.
  • Pembunuhan ini "sangat mungkin merupakan kejahatan perang", kata Presiden Prancis Macron dalam sebuah wawancara.
  • Putin menuduh pihak berwenang Ukraina berada di balik "provokasi kasar dan sinis".
  • Jerman mengatakan bahwa citra satelit dari bulan lalu memberikan bantahan kuat atas penyangkalan Rusia atas keterlibatan dalam kematian warga sipil.
  • Secara terpisah, sebuah video yang diposting online dan diverifikasi oleh New York Times tampaknya menunjukkan pasukan yang bertempur di bawah spanduk Ukraina menembak apa yang diyakini sebagai tentara Rusia yang ditangkap di luar sebuah desa di sebelah barat Kiev.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Diplomasi hingga Sanksi

Diplomasi

  • Majelis Umum PBB mengelar pemungutan suara pada hari Kamis untuk menangguhkan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB.
  • AS ingin Rusia dikeluarkan dari forum kelompok 20 ekonomi utama (G20) dan akan memboikot sejumlah pertemuan G20 di Indonesia jika pejabat Rusia muncul.
  • Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, salah satu sekutu Putin di Eropa, mengatakan dia telah mendesak pemimpin Rusia itu untuk segera mengumumkan gencatan senjata di Ukraina.
  • Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah berbicara langsung dengan warga Rusia mengatakan sekarang adalah waktu bagi mereka untuk memutuskan apakah mereka untuk perang atau perdamaian. "Setiap orang di Rusia yang tidak akan menuntut diakhirinya perang yang memalukan ini dan penarikan pasukan Rusia dari Ukraina tidak memiliki masa depan," katanya dalam sebuah pidato.

Sanksi

  • Pemerintah AS telah mengumumkan langkah-langkah baru terhadap Rusia, termasuk sanksi terhadap dua putri dewasa Putin dan Sberbank Rusia, dan larangan orang Amerika berinvestasi di Rusia.
  • Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan akan ada lebih banyak sanksi Uni Eropa yang akan datang. Blok itu mencari minyak dan pendapatan yang didapat Rusia dari bahan bakar fosil, tambahnya.
  • Secara terpisah, Inggris telah menjatuhkan sanksi baru, menargetkan dua bank dan menghilangkan semua impor minyak dan batubara Rusia pada akhir tahun.
  • Sementara itu, Rusia mengatakan telah melakukan pembayaran utang luar negeri berdenominasi dolar dalam rubel, menambah kekhawatiran negara itu menuju default berdaulat.
3 dari 4 halaman

Kremlin Bantah Pembantaian di Bucha

Kremlin menyangkal semua rekaman jenazah yang tergeletak di jalan-jalan di Bucha, kuburan massal dan kesaksian para saksi yang mengerikan.

Dan TV negara memberi narasinya, demikian dikutip dari laman BBC, Kamis (7/4/2022).

Sejak bukti nyata kekejaman Rusia muncul dari pemukiman di sekitar Kiev, editor program telah berusaha keras untuk mendiskreditkan laporan tersebut sebagai rekayasa, kebohongan yang dibuat oleh Ukraina dan Barat.

Menghidupkan TV Rusia, selama berminggu-minggu sekarang, seakan-akan melangkah ke alam semesta paralel yang aneh di mana presenter mengkilap dan pakar berpakaian bagus mencatat "operasi militer khusus" yang sukses di Ukraina, tulis reporter BBC.

Tidak ada perang, hanya tentara Rusia yang heroik membela tanah air sambil berhati-hati untuk menghindari penargetan warga sipil.

Gambar-gambar mengerikan dari Bucha telah disiarkan, tetapi pemirsa diberitahu bahwa adegan mengerikan itu dipentaskan oleh pejabat Ukraina, dengan bantuan dari Barat.

"Ini dilakukan oleh para profesional, mungkin Inggris. Mereka yang terbaik di bidang operasi informasi," kata komentator Gevorg Mirzaryan.

"[Mereka tahu bagaimana] menempatkan tubuh dengan benar, melakukan segalanya dengan benar, membuat gambar yang bagus untuk kesadaran soal Barat yang nekrofilik."

Pembawa acara talk show Olesya Loseva bahkan menyarankan bahwa kota Bucha sengaja dipilih karena Presiden Joe Biden baru-baru ini menggunakan kata jagal untuk menggambarkan Vladimir Putin.

BBC menilai ini adalah taktik klasik Kremlin dalam menghadapi tuduhan semacam itu. Menyangkal, menganggapnya palsu dan, jika mungkin, menyalahkan orang lain.

 

4 dari 4 halaman

4 Tokoh Dunia Kecam Pembantaian di Bucha Ukraina

Seruan pemberlakuan sanksi baru yang lebih keras terhadap Rusia kembali dibunyikan setelah pembunuhan warga sipil di kota Bucha, dekat Kiev.

Ukraina menuduh pasukan Rusia melakukan "pembantaian yang disengaja" setelah sedikitnya 20 orang yang mengenakan pakaian sipil ditemukan tewas di jalan-jalan di kota itu, demikian dikutip dari laman BBC.

Ratusan jenazah dikatakan telah ditemukan di kota-kota di luar Kiev menyusul penarikan pasukan Rusia dari daerah itu.

Hal ini disampaikan oleh pejabat Ukraina. Namun Rusia membantah melakukan pembunuhan.

Atas kasus ini, sejumlah pemimpin dunia melakukan kecaman. Berikut selengkapnya:

1. Emmanuel Macron

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menyerukan sanksi lebih lanjut yang menargetkan ekspor batu bara dan minyak Rusia.

Macron mengatakan kepada media Prancis ada "indikasi yang jelas dari kejahatan perang".

2. Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht

Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht mengatakan, Uni Eropa sekarang harus membahas pelarangan impor gas Rusia.

Sesuatu yang sejauh ini enggan dilakukan oleh para pemimpin meskipun ada desakan Ukraina karena dampaknya terhadap konsumen Eropa.

3. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah menggambarkan insiden di Bucha sebagai hal yang sangat menyayat hati.

4. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengutuk apa yang disebutnya "serangan tercela".

Laporan menunjukkan Inggris dapat mengumumkan sanksi baru minggu ini. Sementara itu, Presiden Dewan Uni Eropa Charles Michel mengatakan sanksi dan dukungan Uni Eropa lebih lanjut sedang "sedang berjalan".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.