Sukses

3 Prank Paling Heboh dalam Sejarah April Mop di Dunia

Prank April Mop dilakukan oleh berbagai brand di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - April Mop adalah perayaan tahunan yang identik dengan lelucon dan kekonyolan, tetapi apa yang terjadi ketika lelucon itu tidak sesuai dengan yang seharusnya?

Banyak orang akan melakukan lelucon terhadap sahabat maupun saudaranya, namun ternyata sejumlah brand besar di dunia juga melakukan lelucon terhadap publik.

Dilansir dari laman The Drum, Jumat (1/4/2022), berikut adalah sejumlah prank yang dilakukan oleh brand besar:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Taco Bell

25 tahun yang lalu rantai makanan cepat saji Taco Bell melakukan aksi epik yang membuat orang Amerika semua gusar dan menjadi viral – setidaknya menurut standar tahun 1996.

Pada hari musim semi yang tampaknya biasa, pembaca The Philadelphia Inquirer membuka koran pagi mereka untuk melihat iklan satu halaman penuh yang menampilkan gambar Lonceng Liberty dengan judul dramatis: 'Taco Bell Membeli Lonceng Liberty.'

Benar-benar marah, penduduk setempat mulai menelepon stasiun radio dan telepon untuk menyampaikan keluhan mereka. Bagaimana bisa sebuah perusahaan besar yang jahat membeli artefak bersejarah seperti itu, simbol ikonik dari Kemerdekaan Amerika?

Prank berlanjut sebelum penduduk mulai mengingat tanggal berapa. Pada akhirnya Taco Bell menyumbangkan $50.000 untuk pelestarian dan pemeliharaan bel.

3 dari 5 halaman

2. Google

Raksasa teknologi Google benar-benar meleset dari sasaran dengan aksi 'Gmail Mic Drop', yang menyebabkan banyak orang frustasi. 

Perusahaan mengumumkan bahwa akan ada versi khusus dari tombol kirim yang menghasilkan gif karakter Minion yang berpakaian seperti ratu yang menjatuhkan mikrofon ke akhir email.

Dalam sebuah posting blog pada saat itu, perusahaan tersebut menyatakan: “Semua orang akan mendapatkan pesan Anda, tetapi itu adalah pesan terakhir yang Anda dengar tentangnya. Ya, bahkan jika orang mencoba untuk merespons, Anda tidak akan melihatnya.”

Sayangnya, dan cukup jelas, banyak orang menggunakan Gmail untuk hal-hal serius dan tidak menghargai fitur bercanda.

“Kami mendengar umpan balik bahwa beberapa dari Anda terkena dampak negatif dari fitur ini, jadi kami dengan cepat mematikannya tadi malam,” kata Google. 

“Selain itu, kami sedang bekerja untuk mengembalikan pesan Mic-Dropped yang memiliki balasan berikutnya ke kotak masuk Anda, sehingga Anda dapat membacanya.”

4 dari 5 halaman

3. Volkswagen

Apa yang terjadi ketika lelucon April Mop menjadi sangat buruk? Jika aksi Volkswagen tahun lalu merupakan indikasi, Anda mendapatkan kenaikan 10% dalam harga saham Anda diikuti dengan panggilan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Bagi mereka yang melewatkannya, beberapa hari sebelum Hari April Mop, Volkswagen mengumumkan rebranding sebagai Voltswagen of America. Itu pasti tampak seperti ide yang cerdas, dengan semua hype seputar kendaraan listrik. Bahkan ada pernyataan dari kepala eksekutif Voltswagen Amerika Scott Keogh, yang mengatakan: “Perubahan nama ini menandakan anggukan pada masa lalu kita sebagai mobil rakyat dan keyakinan teguh kita bahwa masa depan kita adalah menjadi mobil listrik rakyat.”

Media massa meliputnya sebagai berita langsung. Karena, sejujurnya, Volkswagen membiarkan tipu muslihat itu terlalu lama dan membuat kesalahan besar karena berbohong kepada pers.

SEC juga tidak terlalu senang karena berita palsu yang sah menyebabkan harga saham Volkswagen berfluktuasi.

5 dari 5 halaman

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.