Sukses

Rangkuman Terkini Invasi Rusia ke Ukraina Hari Kedelapan 3 Maret 2022

Berikut ini rangkuman situasi terkini invasi Rusia ke Ukraina hari kedelapan, dikutip dari The Guardian, Kamis (3/3/2022):

Liputan6.com, Jakarta 3 Maret 2022 adalah hari kedelapan invasi Rusia ke Ukraina. Meski resolusi PBB telah diadopsi yang menuntut Moskow menarik pasukan dan mengakhiri operasi militernya di sana, sejauh ini belum ada tanda-tanda hal tersebut bakal terjadi.

Berikut ini rangkuman situasi terkini invasi Rusia ke Ukraina hari kedelapan, dikutip dari The Guardian, Kamis (3/3/2022):

  • Pasukan Rusia mengendalikan gedung pemerintah lokal di pelabuhan Laut Hitam Kherson, menurut wali kotanya, Igor Kolykhaiev, meskipun ada laporan yang saling bertentangan tentang status kota penting yang strategis itu.
  • Ledakan lebih berat dilaporkan di ibu kota Ukraina, Kiev, dan kota kedua, Kharkiv, Rabu malam dan Kamis pagi setelah serangan rudal Rusia.
  • Pembicaraan putaran kedua dilaporkan akan berlangsung hari ini. Seorang perunding Rusia mengatakan gencatan senjata ada dalam agenda, tetapi Ukraina mengatakan Rusia harus berhenti membom kota-kota Ukraina sebelum ada kemajuan hasilnya.
  • Lebih dari satu juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak pasukan Rusia menyerbu negara itu pekan lalu, kata kepala badan pengungsi PBB.
  • Pengadilan pidana internasional (ICC) sedang membuka penyelidikan kemungkinan kejahatan perang di Ukraina dan telah mulai mengumpulkan bukti setelah 38 negara secara resmi merujuk laporan kekejaman, rujukan terbesar yang pernah diterima.
  • Kemajuan invasi Rusia di Kiev telah tertunda oleh “perlawanan Ukraina yang gigih, kerusakan mekanis dan kemacetan” dan masih lebih dari 30 km dari pusat kota, kata kementerian pertahanan Inggris.
  • Pengawas nuklir PBB telah menyuarakan keprihatinan setelah pasukan Rusia mengklaim mengepung pabrik atom terbesar di Ukraina dan meminta para pekerjanya melakukan pekerjaan mereka.
  • Kota pelabuhan Mariupol yang strategis dan penting di Laut Azov dilaporkan dikelilingi oleh pasukan Rusia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Korban Tewas hingga Resolusi PBB untuk Ukraina

  • Polisi di Moskow menahan dua wanita dan lima anak memegang poster di luar kedutaan Ukraina yang mengatakan "Tidak untuk perang".
  • Lebih dari 350 warga sipil Ukraina telah tewas dan lebih dari 2.000 terluka, menurut layanan darurat Ukraina. Fasilitas transportasi, rumah sakit, taman kanak-kanak dan rumah telah hancur, katanya.
  • Ukraina mengklaim hampir 7.000 tentara Rusia tewas dalam enam hari pertama invasi Moskow. Moskow mengatakan 498 tentara Rusia tewas di Ukraina sejak awal kampanyenya, pernyataan pertamanya tentang korban.
  • Majelis umum PBB memberikan suara untuk menyesalkan invasi Rusia ke Ukraina dan menyerukan penarikan segera pasukannya, dengan 141 dari 193 negara anggota memberikan suara untuk resolusi pada Rabu 2 Maret.
  • AS menuduh Rusia meluncurkan "perang penuh terhadap kebebasan media dan kebenaran" dengan memblokir outlet berita independen dan mencegah Rusia mendengar berita tentang invasi ke Ukraina.
  • Bank sentral Rusia telah mengenakan komisi 30% untuk pembelian mata uang asing oleh individu di bursa mata uang.
  • Atlet Rusia dan Belarusia telah dilarang mengikuti Paralimpiade Musim Dingin karena peran negara mereka dalam konflik, Komite Paralimpiade Internasional (IPC) mengatakan, kebalikan dari sikap sebelumnya.
3 dari 3 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.