Sukses

14 Februari 270: Pemenggalan Kepala Santo Valentine Jadi Penanda Hari Kasih Sayang

Pada tanggal 14 Februari, sekitar tahun 270 M, Valentine, seorang imam suci di Roma pada zaman Kaisar Claudius II telah dieksekusi --menurut catatan sejarah dan legenda.

Liputan6.com, Roma - Pada tanggal 14 Februari, sekitar tahun 270 M, Valentine, seorang imam suci di Roma pada zaman Kaisar Claudius II telah dieksekusi --menurut catatan sejarah dan legenda.

Di bawah pemerintahan Claudius yang Kejam, Roma terlibat dalam banyak kampanye yang tidak populer dan berdarah.

Kaisar harus mempertahankan pasukan yang kuat, tetapi mengalami kesulitan mendapatkan tentara untuk bergabung dengan liga militernya.

Claudius percaya bahwa orang-orang Romawi tidak mau bergabung dengan tentara karena keterikatan mereka yang kuat dengan istri dan keluarga mereka.

Untuk menyingkirkan masalah ini, Claudius melarang semua pernikahan dan pertunangan di Roma.

Valentine, menyadari ketidakadilan keputusan, menentang Claudius dan terus melakukan pernikahan untuk kekasih muda secara rahasia, demikian seperti dikutip dari History, Senin (14/2/2022).

Ketika tindakan Valentine ditemukan, Claudius memerintahkan agar ia dihukum mati.

Valentine ditangkap dan diseret di hadapan Prefek Roma, yang mengutuknya dipukuli sampai mati dengan klub dan kepalanya dipotong. Hukuman itu dilakukan pada 14 Februari, pada atau sekitar tahun 270.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Terakhir Valentine

Legenda juga mengatakan bahwa saat di penjara, St Valentine meninggalkan catatan perpisahan untuk putri sipir penjara, yang telah menjadi temannya, dan menandatanganinya "From Your Valentine."

Untuk pelayanannya yang hebat, Valentine dinobatkan sebagai orang suci setelah kematiannya.

Sebenarnya, asal-usul dan identitas St Valentine yang tepat tidak jelas.

Menurut Catholic Encyclopedia, "Setidaknya tiga Santo Valentine yang berbeda, semuanya martir, disebutkan dalam martirologi awal di bawah tanggal 14 Februari."

Salah satunya adalah seorang imam di Roma, yang kedua adalah uskup Interamna (sekarang Terni, Italia) dan St Valentine ketiga adalah seorang martir di provinsi Romawi Afrika.

Legenda bervariasi tentang bagaimana nama martir menjadi terhubung dengan romansa. Tanggal kematiannya mungkin telah bercampur dengan Pesta Lupercalia, sebuah festival cinta pagan.

Pada kesempatan ini, nama-nama wanita muda ditempatkan dalam kotak, dari mana mereka ditarik oleh para pria sebagai kesempatan yang diarahkan.

Pada tahun 496 M, Paus Gelasius memutuskan untuk mengakhiri Pesta Lupercalia, dan ia menyatakan bahwa 14 Februari dirayakan sebagai Hari St. Valentine.

Secara bertahap, 14 Februari menjadi tanggal untuk bertukar pesan cinta, puisi dan hadiah sederhana seperti bunga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.