Sukses

24 Januari 1966: 117 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Air India di Mont Blanc Alpen

Total 117 orang tewas setelah pesawat Boeing 707 Air India jatuh di dekat puncak Mont Blanc di Pegunungan Alpen pada 24 Januari 1966..

Liputan6.com, Wina - Total 117 orang tewas setelah pesawat Boeing 707 Air India jatuh di dekat puncak Mont Blanc di Pegunungan Alpen pada 24 Januari 1966.

Burung besi itu berada di penerbangan reguler Bombay ke New York ketika kecelakaan pesawat terjadi sekitar pukul 08.00 waktu setempat, demikian seperti dikutip dari BBC On This Day, (24/1/2022).

Semua 106 penumpang dan 11 awak tewas di pesawat saat bersiap untuk mendarat di bandara Jenewa di Swiss.

Salah satu korban termasuk ketua Komisi Energi Atom India Dr Homi Jehangir Bhabha, yang sedang dalam perjalanan ke Wina.

Penumpang yang tersisa adalah warga negara India, 46 di antaranya adalah pelaut. Enam di antaranya adalah orang Inggris.

Tim penyelamat menemukan puing-puing yang tersebar di sisi barat daya gunung, sekitar 1.400 kaki (427 meter) di bawah puncak.

Gerard Devoussoux, seorang pemandu gunung yang merupakan salah satu orang pertama yang tiba di lokasi bencana, mengatakan: "15 meter lagi (50 kaki) dan pesawat akan kehilangan batu. Itu membuat kawah besar di gunung.

"Semuanya benar-benar hancur. Tidak ada yang dapat diidentifikasi kecuali untuk beberapa huruf dan paket. "

Pihak berwenang Prancis mengirim radio kembali berita bahwa hampir tidak ada harapan korban selamat tak lama setelah mendarat di daerah tersebut.

Pencarian akhirnya dibatalkan setelah cuaca buruk dan visibilitas yang buruk menghambat upaya penyelamatan.

Kerabat penumpang yang terlibat dalam bencana itu menangis setelah petugas bandara menyampaikan berita kecelakaan itu.

Robert Bruce, dari Tooting, yang sedang menunggu orang tuanya tiba, mengatakan: "Saya sangat syok sehingga saya bahkan tidak bisa menangis. Aku hanya akan pulang dan pingsan.

"Sejauh yang saya ketahui, dunia saya telah berakhir."

Penyebab kecelakaan tak segera diketahui dan memakan waktu beberapa hari sebelum semua jasad ditemukan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Awal Kecelakaan

Pesawat itu beberapa menit di belakang jadwal karena sedang mempersiapkan untuk turun.

Tetapi kapten Boeing 707 Air India, yang merupakan salah satu pilot maskapai yang paling berpengalaman, telah mengirim radio ke menara kontrol beberapa menit sebelumnya untuk melaporkan bahwa instrumennya berfungsi dengan baik dan pesawat itu terbang di ketinggian 19.000 kaki (5.791 meter) - setidaknya 3.000 kaki (514 meter) lebih tinggi dari puncak Mont Blanc.

Tak lama setelah itu, pesawat jatuh ke gunung.

Enam belas tahun yang lalu sebuah pesawat Air India yang terbang dari Kairo ke Jenewa jatuh di dekat tempat yang sama, menewaskan 48 penumpang dan awak.

3 dari 3 halaman

Dalam Konteks

Penyebab yang paling mungkin dari kecelakaan itu adalah bahwa pilot salah menghitung posisinya saat ia terbang di atas Mont Blanc.

Pengontrol radar menangkap kesalahan pilot dan mengirim radio kembali untuk memastikan bahwa dia telah memperbaiki posisinya.

Sayangnya koreksi itu disalahpahami oleh kapten yang melanjutkan keturunannya setelah keliru berpikir bahwa ia telah melewati punggung bukit yang mengarah ke puncak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.