Sukses

Kemlu RI Matangkan Negosiasi Jelang Pertemuan Jokowi dan PM Singapura di Bintan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan pertemuan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong akan melakukan pertemuan Leaders Retreat pada 25 Januari 2022 di Bintan.

Direktur Asia Tenggara Kemlu RI Mirza Nurhidayat mengatakan, "sedianya kegiatan ini dilakukan pada tahun 2020, namun dikarenakan pandemi kegiatan ini baru bisa dilaksanakan pada januari tanggal 25 Januari mendatang."

Mirza Nurhidayat menekankan saat ini kedua belah pihak terus melakukan pematangan negosiasi dan pembahasan.

Ia juga mengatakan saat ini perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya sehingga akan dicapai suatu kesepakatan pada saatnya nanti.

"Tentunya pertemuan leaders ini merupakan modalitas kerjasama antara kedua negara," ujar Mirza Nurhidayat saat melakukan press breafing secara virtual, Kamis (20/1/2022).

"Dimana pada pertemuan tersebut tentunya akan dibicarakan hal-hal terkait dengan peningkatan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Singapura," tambah Mirza Nurhidayat.

Mirza Nurhidayat menekankan bahwa pihak Kemlu RI terus melakukan persiapan dengan berbagai kementerian lembaga terkait untuk memastikan bahwa pelaksanaan Leaders Retreat mendatang akan berjalan sesuai dengan rencana.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kesepakatan Apa yang Dibahas?

Mirza Nurhidayat mengakatan, terkait Leaders Retreat memang persiapannya sudah cukup lama sejak tahun lalu dan isu yg akan menjadi fokus pembicaraan kedua pemimpin negara adalah "bagaimana kita sebagai tetangga paling dekat bisa meningkatkan hubungan bilateral di segala bidang."

"Tentunya Singapura yang saat ini juga mengalami pandemi, bagaimana kedua negara bisa melaksanakan kerjasama di bidang kesehatan, misalnya."

"Jadi hal-hal yang terkait dengan kepentingan kedua negara akan menjadi fokus pembicaraan kedua negara, baik itu bidang ipoleksosbudhankam, semua isu strategis tentunya akan menjadi topik pembahasan antara kedua kepala negara."

 

3 dari 3 halaman

Infografis Terhantam Covid-19, Singapura Masuk Jurang Resesi Ekonomi