Sukses

5 Tradisi Unik Warga Latin Sambut Malam Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, ketika jam menunjukkan tengah malam pada tanggal 31 Desember, negara-negara di seluruh Amerika Latin merayakan Tahun Baru dengan tradisi yang unik.

Ketika beberapa tradisi hanya berisikan agenda untuk makan bersama dengan teman-teman, warga Amerika Latin memiliki tradisi yang berbeda.

Dikutip dari Mental Floss, Jumat (31/12/2021), berikut adalah sejumlah tradisi Malam Tahun Baru ala warga Latin yang bisa membawa keberuntungan bagi Anda:

Selamat Tahun Baru 2022.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Memakai Pakaian Dalam Berwarna di Malam Tahun Baru

Di Amerika Latin, dan terutama di Meksiko, mengenakan pakaian dalam berwarna telah menjadi tradisi Malam Tahun Baru yang populer karena warna yang berbeda diyakini menentukan apa yang akan terjadi dalam 12 bulan ke depan.

Bagi mereka yang mencari cinta di tahun 2022, merah adalah warna yang ideal untuk dikenakan.

Celana dalam kuning, di sisi lain, melambangkan uang dan kekayaan.

Hitam terikat pada kekuasaan dan kontrol bagi mereka yang ingin mencapai tujuan mereka tahun depan. Pakaian dalam berwarna lain juga dipakai, seperti biru untuk kesehatan dan kebugaran, dan hijau untuk petualangan.

3 dari 7 halaman

2. Makan 12 Buah Anggur

Makan 12 buah anggur, masing-masing mewakili keinginan selama 12 bulan di tahun baru.

Tradisi Malam Tahun Baru ini berasal di Spanyol dan dibawa ke Amerika Latin lebih dari satu abad yang lalu.

Satu teori menunjukkan itu adalah tiruan dari borjuasi Spanyol, yang memulai tahun baru dengan makan anggur; tanggal lain tradisi untuk panen anggur besar 1909 di kota Alicante, di mana pedagang menjual gagasan makan anggur pada Malam Tahun Baru sebagai cara untuk menjual produk mereka. 

Selain itu, anggur dimaksudkan untuk membawa tahun keberuntungan dan kemakmuran.

4 dari 7 halaman

3. Membakar Boneka

Pembakaran mueco de Año Viejo atau “boneka Tahun Tua” adalah tradisi yang unik bagi budaya Kolombia.

Boneka itu, dengan bagian dalamnya yang terbuat dari bedak, koran, atau benda-benda tua dan bagian luarnya terbuat dari pakaian bekas, dianggap mewakili keburukan dari tahun sebelumnya—dan terkadang bahkan seorang tokoh politik atau publik.

 

5 dari 7 halaman

4. Menaruh Uang di Saku

Orang mengatakan uang datang dan pergi, tetapi orang Latin mengatakan sebaliknya. Jika Anda ingin uang datang dan tidak pernah pergi pada tahun 2022, jangan awali tahun dengan kantong kosong.

Letakkan uang kertas dan koin di tangan, saku, dan sepatu Anda agar gaji dan bonus tetap mengalir di tahun baru.

Sementara beberapa orang menggunakan koin emas. 

6 dari 7 halaman

5. Lari sambil Bawa Koper

Sejumlah orang Amerika Latin turun ke jalan dengan koper di tangan segera setelah tahun baru dimulai.

Menurut tradisi ini, mereka yang membawa koper untuk jalan-jalan di tengah malam akan dihadiahi perjalanan, liburan, dan petualangan dalam 12 bulan mendatang.

Beberapa orang percaya bahwa semakin lama mereka berjalan-jalan di sekitar blok, semakin jauh mereka akan melakukan perjalanan.

7 dari 7 halaman

Infografis Strategi Cegah Lonjakan Kasus dan Gelombang 3 Covid-19 Saat Libur Nataru: