Sukses

Banyak Diboikot Negara Barat, Sekjen PBB Akan Tetap Hadiri Olimpiade Beijing 2022

Sekjen PBB Antonio Guterres akan tetap menghadiri Olimpiade Beijing 2022.

Liputan6.com, Beijing - Sejumlah negara Barat mengumumkan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, namun Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memutuskan akan tetap menghadiri perhelatan tersebut.

“Sekjen menerima undangan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk hadir ke Olimpiade Musim Dingin Beijing, dan dia telah menerima dengan baik undangan itu,” kata juru bicara PBB Stephane Dujarric, seperti dikutip dari laman VOA Indonesia, Jumat (10/12/2021). 

“Sebagaimana Anda ketahui, kedua pendahulunya juga menghadiri hampir setiap Olimpiade sejak 2002.”

Mengutip pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di China, Amerika Serikat (AS) beserta Inggris, Kanada, Australia, serta Lithuania memutuskan tidak akan mengirim perwakilan diplomatik ke ajang empat tahunan tersebut.

Boikot itu tetap memungkinkan negara-negara tersebut mengirim atlet-atlet mereka ke Olimpiade Beijing sementara menolak mengirim pejabat tinggi sebagai delegasi resmi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Boikot

Organisasi HAM telah menyerukan negara-negara di dunia agar memboikot sepenuhnya Olimpiade Musim Dingin di Beijing karena pelanggaran HAM yang dilakukan oleh China, termasuk penahanan jutaan warga Muslim Uighur di provinsi Xinjiang, dan penumpasan gerakan prodemokrasi di Hong Kong.

Beijing mengecam boikot tersebut dan menyebutnya sebagai “sandiwara”, serta bertekad mengambil langkah balasan terhadap AS sehubungan keputusan boikot diplomatik itu, meskipun tidak menjelaskan lebih jauh akan langkah tersebut.

Olimpiade Musim Dingin Beijing akan berlangsung dari 4 sampai 20 Februari 2022.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.