Sukses

Wamen LHK Alue Dohong Menang Penghargaan The 2021 Australian Alumni Award

Alue Dohong mendapatkan penghargaan sebagai Alumni of The Year berkat kontribusinya dalam keahlian strategis dalam mencapai visi Indonesia yang ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Alue Dohong memenangkan The 2021 Australian Alumni Award untuk kategori Alumni of The Year.

Lulusan program doktoral dari University of Queensland ini menyampaikan terima kasihnya kepada Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams.

Alue Dohong mendapatkan penghargaan sebagai Alumni of The Year berkat kontribusinya dalam keahlian strategis dalam mencapai visi Indonesia yang ramah lingkungan.

"Terkait dengan ibu kota baru, kami menerapkan keahlian stategis sehingga tercapai visi kota yang ramah lingkungan," ujar Alue Dohong dalam video rekaman di acara The 2021 Australian Alumni Award.

LHK juga yaitu pusat persemaian modern yaitu target 20-25 bibit baru dan menjadi contoh luar negeri.

"Setelah melakukan program doktoral di Australia saya mendapat bekal yang bisa diaplikasikan ke negara. Membangun jejaring internasional terkait kehutanan dan lingkungan hidup," kata Alue Dohong.

Selain Wamen LHK, ada pula Siti Badriah yang memperoleh penghargaan untuk kategori Women Empowernment and Social lnclusion Award.

Siti Badriah bekerja sebagai policy adcovacy coordinator di Migran Care dan dianggap punya peranan penting dalam mencegah terjadinya eksploitasi pekerja migran dan perdagangan manusia.

"Sebelum ada UU, payung hukum pekerja migran sangat tak sesuai regulasi dan rentan terhadap eksploitasi pada pekerja migran. Mereka rentan mendapat masalah dan perdagangan orang."

"Kemudian kami membangun program Desbumi yang berfokus pada bidang ekonomi yang ditujukan pada perempuan pekerja migran purna dan keluarga. Untuk mengolah hasil bumi yang ada di daerah tersebut."

"Kemudian program Desbumi ini diadopsi oleh program nasional pemerintah Indonesia dengan nama Desa Migran Produktif."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangkit dari Masa Lalu

Siti Badriah mengaku bangkit setelah menjadi korban perdagangan manusia. Kini ia menjadi pengacara khususnya bagi pekerja migran di pengadilan.

"Sejak 2004, kami berhasil mendampingi ribuan pekerja migran yang mengadukan permasalahnnya dari luar negeri."

"Penhargaan ini menjadi motivasi dalam menjalankan kerja kemanusiaan."

Selanjutnya, pemerintah Australia juga memberikan penghargaan untuk Herman Widjaja sebagai pemenang di kategori Innovation and Entrepreneurship Award. Ia merupakan Chief Technology Officer di Tokopedia.

Dalam sambutannya, Herman Widjaja berharap ke depannya Indonesia akan banyak menghasilkan anak muda yang menekuni bidang tekonologi.

"Lewat program Tokopedia Academy kami berharap bisa lebih banyak generasi hebat di masa mendatang dan membantu program pemerintah."

"Saya percaya kunci keberhasilan dari sebuah industri adalah re-generations yang sangat baik. Ini alasan kami mencetuskan Tokopedia Academy sebagai wadah digital talent di Indonesia."

Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams mengucapkan selamat kepada pemenang.

"Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Bisa saya katakan bahwa alumni Australia dari Indonesia memberikan kontribusi yang sangat nyata bagi pertumbuhan negara," ujar Penny Williams.

"Oleh karena itu, pemerintah Australia ingin menciptakan hubungan yang baik, lantaran Anda semua adalah pemenang berkat kontribusi di bidang masing-masing."

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Penny Williams juga menyampaikan kebanggaannya. Lantaran ia pernah melakukan pertukaran pelajar di Indonesia semasa duduk di bangku kelas 2 SMA di Jakarta.

3 dari 3 halaman

Infografis Indonesia Australia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.