Sukses

Joe Biden Restui Indonesia Pimpin Presidensi G20 Selanjutnya

Joe Biden mendukung Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar keempat untuk pimpin kawasan Indo-Pasifik

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan dukungan kepada Indonesia untuk memimpin wilayah Indo-Pasifik dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi. Presiden Joe Biden berkata Indonesia bisa melakukan sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia. 

Pada keterangan resmi situs Gedung Putih, Presiden Biden turut mendukung kepemimpinan Indonesia.

"Presiden  menyambut Presidensi G20 mendatang dan mengekspresikan dukungan terhadap kepemimpinan Indonesia di Indo-Pasifik sebagai demokrasi terbesar ketiga di dunia dan pendukung kuat bagi tatanan internasional berdasarkan aturan," tulis keterangan Gedung Putih, dikutip Selasa (2/11/2021).

Berdasarkan pandangan Kementerian Luar Negeri AS di laporan A Free and Open Indo-Pacific, lokasi ASEAN berada di sentral dari kawasan Indo-Pasifik. Jepang, Korea Selatan, dan Australia juga dilibatkan.

Presiden Joe Biden pun mendukung posisi sentralitas ASEAN, serta kebebasan maritim di kawasan tersebut.

Isu Indo-Pasifik sebelumnya dibahas oleh pemerintahan Jepang yang ingin kawasan itu damai dan terbuka. Belakangan ini, kehadiran pakta AUKUS juga memberikan dampak bagi keamanan di Indo-Pasifik. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masalah Myanmar

Presiden Jokowi dan Presiden Biden turut membahas masalah di Myanmar. Mereka meminta agar semua tahanan politik dilepas.

Lebih lanjut, Joe Biden memberikan dukungan kepada ASEAN agar bisa membawa akuntabilitas kepada aksi militer Myanmar berdasarkan Lima Poin Konsensus.

Salah satu poin dari konsensus itu adalah penghentian aksi represif kepada masyarakat.

Masalah COVID-19 juga dibahas dan Joe Biden berjanji akan terus berkomunikasi dengan Presiden Jokowi dalam isu vaksin dan bantuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini