Sukses

Sudah Berdiri 120 Tahun, Ini Arti Logo Manchester United

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United adalah salah satu perusahaan terbesar dalam sejarah olahraga dan lambang serta logo mereka telah memainkan peran besar dalam strategi pemasarannya. 

Dikutip dari laman weallfollowunited, Kamis (14/10/2021), didirikan pada 1878 dengan nama Newton Heath LYR Football Club oleh Yorkshire dan Lancashire Railway, klub Manchester United ini telah menempuh perjalanan panjang untuk menjadi ternama dan tersohor di seluruh dunia. 

Ada kemungkinan yang sangat tinggi bahwa di mana pun Anda berada, jika menunjukkan kepada seseorang lambang Manchester United, mereka akan mengenali tim tersebut.

Seperti kebanyakan logo, simbol klub bola ini telah mengalami berbagai perubahan dan modifikasi selama bertahun-tahun hingga menjadi lambang yang sekarang kita lihat di seragam Manchester United.

Berikut adalah perjalanan evolusi logo MU selama 120 tahun:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

1. Logo Klub Manchester United Pertama (1878-1891)

Didirikan sebagai Newton Heath, nama Manchester United tidak terlihat pada saat itu.

Lambang klub pertama, yang berasal dari tahun 1878, menampilkan warna kuning dan hijau yang ikonik di atasnya.

Sekarang Anda tahu mengapa kedua warna itu masih identik dengan klub meskipun adopsi Merah, Hitam, dan Putih oleh klub selama bertahun-tahun.

Logonya adalah lambang sederhana dengan nama klub tertulis di atasnya dan mesin lokomotif untuk menampilkan pendiri klub.

3 dari 9 halaman

2. Logo Kedua (1891-1902)

Klub itu masih dikenal sebagai Newton Heath saat itu. 

Logo disederhanakan untuk menghapus kereta dan logo sepak bola disertakan di bagian atas. Nama klub dan tahun asal disertakan. Ini berlangsung hingga 1902, ketika klub mengalami perubahan kepemilikan yang ikonik.

 

4 dari 9 halaman

3. Lambang Ketiga Manchester United (1902-1960)

Karena hutang pada tahun 1902, klub harus mengalami perubahan kepemilikan. Empat pengusaha setuju untuk menginvestasikan £500 masing-masing untuk saham dalam menjalankan klub, dan dengan demikian, nama baru lahir-Newton Heath sekarang Manchester United. 

Perubahan ini otomatis membuat logo klub ikut berubah. Logo ini rumit dan mendefinisikan banyak elemen yang mengakar di kota Manchester.

Bola dunia di atas menunjukkan dominasi Manchester dalam perdagangan dunia. Kapal dagang, yang kini menjadi bagian ikon dari lambang klub, dimasukkan untuk pertama kalinya. 

Singa dengan helm yang dibentengi menandakan asal usul kota di sekitar dusun Romawi sementara tiga garis kuning menunjukkan tiga sungai - Irwell , Irk , dan Medlock. Logo itu juga memuat moto kota 'Concilio et Labore', yang berarti 'kebijaksanaan dan usaha'.

5 dari 9 halaman

4. Logo Keempat Manchester United (1960-1970)

Puncak pada tahun 1960 mungkin merupakan lambang pertama yang memiliki kemiripan dengan yang kita lihat sekarang dalam bentuk dan skema warna.

Meskipun tidak memiliki warna kuning, logo itu menampilkan kapal, tiga garis, lambang yang dipegang oleh mawar Lancashire, serta kata-kata sederhana, 'Klub Sepak Bola Manchester United'.

6 dari 9 halaman

5. Logo Kelima Manchester United (1970-1973)

Logo kelima adalah sedikit modifikasi dari yang kita lihat sebelumnya. Logo terdiri dari warna kuning untuk pertama kalinya dalam template saat ini dan mawar Lancashire digantikan oleh dua bola. Kapal dan tiga garis tetap ada.

7 dari 9 halaman

6. Logo Keenam Manchester United (1973-1998)

Lambang keenam akhirnya melihat kemunculan 'Red Devil', julukan yang telah menjadi populer untuk klub di bawah legendaris Matt Busby.

Lambang itu dimaksudkan untuk mengintimidasi lawan lebih dari apa pun, dan itu bisa dibilang berhasil dalam beberapa dekade berikutnya. Namun, tiga garis itu telah dihapus dan tidak ada lagi sejak saat itu.

8 dari 9 halaman

7. Logo Ketujuh Manchester United (1998-Sekarang)

Ini adalah logo yang bertahan hingga saat ini.

Logo ini pada dasarnya sama dengan edisi 1973 tetapi dengan sedikit modifikasi dan penyempurnaan untuk memberikan tampilan modern. 

Logo pada dasarnya tidak berubah dalam 23 tahun terakhir. Tidak seperti klub lain yang mencari logo sederhana untuk mencari prospek pemasaran yang lebih baik, seperti Inter Milan, lambang Manchester United erat dengan sejarah dan warisan. Dan untuk alasan ini, sulit untuk membayangkan logo tersebut akan diubah dalam waktu dekat.

 

9 dari 9 halaman

Infografis Putri Diana