Sukses

Rocket Road, Perusahaan Asal Jepang Pencipta Pakaian Khusus Robot

Rocket Road sebagai perusahaan dalam industri pakaian menciptakan pakaian untuk robot di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Rocket Road adalah merek pakaian unik yang ditujukan bukan untuk manusia, melainkan untuk robot. Pakaian ini dibuat mulai dari segala bentuk dan ukuran robot-robot yang berada di Jepang.

Dilansir Oddity Central, Kamis (14/10/2021), Tujuan perusahaan ini untuk menawarkan opsi penyesuaian dan menjembatani kesenjangan antara manusia dan robot. Bulan lalu, perusahaan Jepang Rocket Road mengumumkan peluncuran pakaian pertama, yakni pelindung fungsional untuk lengan robot.

Penutup dekoratif dan fungsional ini tersedia lebih dari 40 warna berbeda, dan dibuat dari bahan yang tahan debu, anti-bakteri, anti air serta tahan panas. Namun, ini hanyalah proyek terbaru perusahaan, karena Rocket Road ternyata telah menciptakan pakaian robot sejak lama.

"Sudah menjadi 'normal' bagi robot untuk mengenakan pakaian," kata CEO Rocket Road, Yukinori Izumi.

"Akan sangat bagus jika kita bisa mendekatkan orang satu sama lain melalui pakaian robot, dan memanfaatkan robot untuk memperkaya kehidupan sosial mereka. Saya akan merasa terhormat jika pakaian robot dapat menciptakan kategori baru di industri pakaian serta menjadi budaya baru di Jepang." tambahnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membangun Perusahaan Rocket Road

CEO Rocket Road, Yukinori Izumi memiliki pengalaman hidup yang cukup berwarna, setelah mempelajari Buddhisme Zen di perguruan tinggi, dia bekerja di perusahaan pameran ruang angkasa, sebelum memenuhi impian masa kecilnya menjadi pegulat profesional. Dia juga pernah bekerja di Silicone Valley sebelum kembali ke negara asalnya dan mendirikan perusahaan pakaian robot uniknya, Rocket Road.

Sejak 2016, Rocket Road telah didedikasikan untuk menciptakan pakaian khusus berkualitas tinggi untuk berbagai robot. Perusahaan itu bekerja sama dengan beberapa perusahaan robotika terbesar di Jepang, termasuk SoftBank Robotics, Sony, dan Sharp.

Meskipun pakaian robot mungkin terdengar seperti lelucon, menurut situs web Rocket Road, ini adalah bisnis serius yang membutuhkan perhatian dan dedikasi penuh. Pakaian tidak hanya membuat robot tampil sempurna dan terlihat modis, tetapi ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan juga. Misalnya, berat pakaian dapat berdampak pada sensor keseimbangan robot, pakaian dapat terbakar karena panas yang dihasilkan oleh komponen listrik robot.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya, robot harus berfungsi seperti biasanya, baik ketika menggunakan pakaian nya atau tanpa pakaiannya. Menurut Yukinori, ini semua adalah hal yang perlu dipertimbangkan Rocket Road saat merancang pakaian robotnya sebelum diluncurkan di Jepang.

Penulis: Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.