Sukses

Ratusan Ribu Orang di 99 Negara Tergabung dalam Aksi Protes Perubahan Iklim

Ribuan orang di 99 negara melakukan aksi protes terkait perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan ribu orang di 99 negara telah mengambil bagian dalam aksi protes terkait perubahan iklim global terkoordinasi dan menuntut tindakan segera untuk mengatasi krisis ekologi.

Aksi pada Jumat (24/9), aksi iklim dunia pertama sejak pandemi virus corona melanda, berlangsung beberapa minggu sebelum KTT iklim Cop26 di Glasgow, Inggris.

Di Jerman, dua hari sebelum pemilihan umum negara itu, Greta Thunberg mengatakan kepada lebih dari 100.000 orang bahwa “tidak ada partai politik” yang cukup.

Aktivis Swedia, yang aksi tunggalnya pada 2018 mengilhami gerakan Fridays for Future global, mengatakan kepada para pendukung yang bersorak bahwa mereka perlu terus menekan para pemimpin politik Jerman melewati hari pemilihan.

“Ya, kita harus memilih, Anda harus memilih, tetapi ingat bahwa memilih saja tidak akan cukup. Kami harus tetap turun ke jalan,” katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi di Berbagai Negara

Penyelenggara acara global mengatakan ada protes di lebih dari 1.800 kota dan kota di seluruh dunia dengan acara besar di Eropa, Afrika dan Amerika Utara dan Selatan.

Di Meksiko pengunjuk rasa berkumpul di depan Istana Nasional di Mexico City untuk menuntut perusahaan minyak negara Pemex menyajikan rencana untuk dekarbonisasi, sementara aktivis di Bangladesh menuntut penghapusan pembangkit listrik tenaga batu bara dan gas yang direncanakan.

Di Afrika Selatan, demonstrasi terjadi di 12 kota sebagai bagian dari aksi tiga hari untuk menuntut pemerintah mengawasi transisi yang adil dari bahan bakar fosil. Di London, para pengunjuk rasa berkumpul di luar parlemen untuk mendengar para pembicara meminta pemerintah Inggris berbuat lebih banyak untuk memenuhi tujuan iklimnya. Demonstrasi besar juga diharapkan terjadi di Kanada, Brasil, dan Argentina.

Awal tahun ini panel antar pemerintah tentang Perubahan Iklim mengatakan emisi karbon dunia harus turun setengahnya pada tahun 2030 untuk menjaga pemanasan global di bawah 1,5C di atas tingkat pra-industri, batas yang disepakati negara-negara untuk diperjuangkan pada tahun 2015 di Paris.

Tetapi PBB melaporkan pada 17 September bahwa janji saat ini dari negara-negara akan menyebabkan kenaikan 16% dalam dekade berikutnya.

Ada beberapa langkah positif dalam beberapa hari terakhir, dengan China mengatakan akan mengakhiri pembiayaannya untuk pembangkit listrik tenaga batu bara yang sangat berpolusi di luar negeri – meskipun tidak di dalam negeri – dan AS menggandakan pendanaan iklimnya ke negara-negara yang rentan. Pendanaan ini membantu negara-negara kaya bergerak menuju pengiriman $ 100 miliar (£ 73 miliar) setahun yang dijanjikan satu dekade lalu, yang dipandang penting untuk keberhasilan Cop26.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.