Sukses

Kebakaran Hutan Landa Tempat Wisata Populer di California AS, Ribuan Orang Didesak Mengungsi

Kebakaran hutan yang dikenal dengan Caldo Fire merambat ke wilayah South Lake Tahoe, California, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Los Angeles - Ribuan orang diperintahkan untuk mengungsi pada Senin 30 Agustus 2021 ketika kobaran api besar membakar tempat wisata utama di negara bagian California, Amerika Serikat.

Dikutip dari AFP, Selasa (31/8/2021) Caldo Fire (kebakaran Caldo) telah menghanguskan lebih dari 700 kilometer persegi lahan, dan meruntuhkan ratusan bangunan.

Pada Senin (30/8) waktu setempat, api merambat ke wilayah South Lake Tahoe, kota resor di daerah liburan populer yang melintasi perbatasan California dan Nevada.

"Kondisi pemadam kebakaran, bahan bakar, adalah sejarah," kata Komandan Cal Fire Incident, Jeff Veik, dalam laporan San Francisco Chronicle.

"Kami akan memadamkan api ini. Ini tidak akan terjadi hari ini," terangnya.

Wilayah barat AS telah dilanda kebakaran besar yang mengkhawatirkan, dengan lebih dari 2.700 mil persegi lahan hangus terbakar pada akhir Agustus 2021 - lebih dari dua kali lipat area yang terdampak saat ini dalam rata-rata tahun.

Kebakaran tersebut didorong oleh kekeringan yang telah membuat sejumlah lahan di California kering, juga perubahan iklim.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerita Warga South Lake Tahoe yang Didesak Segera Mengungsi

"Saya mendapat ketukan pada pukul 10 malam tadi malam dengan peringatan untuk bersiap-siap," ungkap seorang warga South Lake Tahoe, Corinne Kobel, kepada surat kabar Sacramento Bee.

"Pada pukul 10 pagi ini, sheriff menyuruh kami pergi. Saya panik," cerita Kobel.

Kobel termasuk di antara 22.000 warga South Lake Tahoe yang diperintahkan untuk keluar dari rumah mereka pada Senin pagi (30/8). karena kobaran api yang semakin membesar.

Seorang jurnalis AFP melihat arus lalu lintas yang ramai ketika warga berusaha meninggalkan kota, dengan mobil dan RV menyumbat jalan utama.

Kawasan Twin Bridges di California juga terdampak kebakaran, di mana area wahana ski terdampak.

Kebakaran Caldor mulai pada 14 Agustus, dan dengan cepat menyebar melalui Eldorado National Forest.

Asap dari kobaran api telah mengancam tempat-tempat wisata di sekitar Lake Tahoe selama sepekan, memenuhi udara dengan kabut yang tebal.

Danau alpine terkenal dengan airnya yang jernih, dan area di sekitarnya menawarkan pemandangan spektakuler, termasuk beberapa resor olahraga musim dingin paling populer di barat AS.

Sementara di wilayah utara AS, kebakaran Dixie yang besar telah menghanguskan lebih dari 1.100 mil persegi lahan dalam enam pekan berturut-turut.

Ribuan petugas pemadam kebakaran dan personel darurat lainnya terlibat dalam menangani api, yang dipicu oleh angin kencang dan kekeringan.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Cegah COVID-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.