Sukses

10 Agustus 1977: Kunjungan Ratu Elizabeth II ke Irlandia Utara Dijaga Ketat

Kunjungan Ratu Elizabeth II ke Irlandia Utara dijaga ketat karena merupakan momentum yang langka.

Liputan6.com, London - Untuk pertama kalinya dalam 11 tahun, Ratu Elizabeth II mengunjungi Irlandia Utara sebagai bagian dari tur Silver Jubilee pada 10 Agustus 1977, dikutip dari BBC, Senin (09/08/2021).

Pada hari itu , sebuah penghormatan berupa 21 letusan pistol yang menandakan kedatangannya di Belfast Loch di atas kapal pesiar kerajaan Britannia dilakukan.

Namun, Ratu tidak mendarat di lokasi kunjungan yang ditetapkan, di Belfast. Lalu, IRA ingin membuat kunjungan ini sebuah momentum yang langka dan menyebutnya dengan “kunjungan untuk diingat”.

Oleh karena itu, kontingen 32.000 tentara dan polisi ditugaskan dalam operasi keamanan kerajaan terbesar hingga saat ini.

Pertimbangan keamanan membuat Ratu melakukan perjalanan singkat ke pemberhentian pertama dalam turnya, yakni Kastil Hillsborough dengan menggunakan helikopter.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tamu Kunjungan Dibatasi

Tiba di Hillsborough, Ratu disambut oleh anak-anak sekolah dan diperiksa penjaga kehormatan yang dibentuk oleh anggota Resimen Pertahanan Ulster (UDR) yang mendukung tentara regular di Irlandia Utara.

Setelah pemeriksaan tersebut, Ratu mengadakan penobatan dan pesta kebun untuk beberapa ribu tamu. Dari tamu yang hadir, sudah diseleksi dengan ketat.

Sementara itu, Duke of Edinburgh bertemu dengan para pekerja di galangan kapal Harland dan Wolff di Belfast.

Kunjungan Ratu dalam tur Silver Jubilee di Inggris diakhiri pada hari Kamis. New University of Ulster di Coleraine menjadi kunjungan terakhir Ratu.

Setelah meninggalkan Irlandia Utara, Ratu dan keluarganya berlayar ke pulau-pulau Barat dengan kapal Britannia.

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.