Sukses

Dubes India Manoj Kumar Bharti Beber Manfaat Yoga untuk Pasien COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - 21 Juni 2021 mendatang adalah Yoga International Day. Ini merupakan peringatan yoga secara internasional ke-7, dan yang kedua kali jatuh di tengah pandemi COVID-19.

Meski demikian, Kedutaan Besar India di Jakarta tak terhalang pandemi COVID-19 untuk tetap menyelenggarakan peringatan Hari Yoga Internasional 2021.

Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti dalam wawancara khusus program The Ambassador Liputan6.com pada Rabu 16 Juni 2021, mengatakan bahwa ia menggandeng sejumlah ahli yoga di Jakarta untuk gelaran perayaan Yoga International Day 2021 di Kedutaan India.

Berbicara soal yoga, Dubes Manoj pun membeberkan sejumlah manfaatnya. Terlebih belakangan beredar pemberitaan dari Negeri Bollywood kampung halamannya bahwa kegiatan tersebut berguna bagi pasien terinfeksi COVID-19.

"Yoga memiliki karakter yang unik. Yoga bisa memberikan kedamaian untuk mental Anda dan juga untuk tubuh. Menjaga kedamaian dan ketenangan mental itu," jawab Dubes Manoj ketika ditanya soal pendapatnya tentang sesi yoga untuk pasien positif COVID-19 agar mereka tetap sehat secara mental dan fisik.

"Ini adalah langkah besar untuk manusia mana pun, jika Anda dapat mengendalikan pikiran Anda. Itu juga bisa membantu Anda melawan stres di kehidupan, seperti yang semua orang alami," ungkapnya lagi.

Dubes yang pernah bertugas di Ukraina itu kemudian memberi saran latihan yoga dengan melatih pernapasan yang menurutnya sangat berguna.

"Saya akan sangat menganjurkan orang untuk mengetahui informasi dasar tentang latihan pranaya yakni latihan pernapasan, sangat sederhana, mudah dilakukan dan sangat berguna," ucap Dubes Manoj.

Dubes berkaca mata itu pun memberi contoh, seperti apa itu pranaya.

"Dikatakan jika Anda melakukan latihan pernapasan sederhana ini, latihan selama 5 menit artinya sama dengan melakukan 45 menit berlari," jelasnya.

"Itu memberi tubuh Anda energi begitu banyak sehingga setara dengan sekitar 45 menit berlari," bebernya.

Latihan Golf Pun Bisa dengan Penerapan Yoga

Ada latihan serupa lainnya, tambah Dubes Manoj, yang memberi Anda kedamaian mental. "Kedamaian yang dapat menghilangkan stres apa pun yang mungkin Anda hadapi."

"Ada latihan lain yang disebut kapalbhati yang baru-baru ini saya tonton di YouTube untuk meningkatkan kemampuan golf. Karena saya mencoba bermain golf tetapi ayunan saya masih salah," ucapnya.

"Jadi saya mencoba menonton video di mana orang yang belajar meningkatkan ayunan pergi ke instruktur yoga, dan diajarkan melakukan beberapa pose asana untuk melatih punggungnya. Sebagai langkah untuk melakukan kapalbhati."

"Dan saya terkejut bahwa instruktur golf menggunakan kapalbhati untuk meningkatkan stabilitas mental dan kedamaian."

Dubes Manoj mengatakan bahwa jika gerakan yoga semacam itu bisa digunakan untuk bermain golf, bisa dibayangkan dampak manfaatnya untuk kehidupan seseorang.

 

2 dari 2 halaman

Gelaran Yoga International Day 2021 di Kedutaan India untuk Indonesia

Pandemi COVID-19 tak jadi halangan bagi Kedutaan Indonesia di Jakarta untu menggelar perayaan Yoga International Day atau Hari Yoga Internasional 2021. Ini merupakan peringatan kedua yang jatuh di tengah wabah Virus Corona yang melanda dunia.

Rencananya gelaran yoga tersebut bakal digelar 20 Juni 2021 mendatang.

"Pada 20 Juni pukul 09.00 pagi, kami telah mengorganisir pertunjukan terbatas tentang latihan yoga. Standar tentang bagaimana cara merelaksasi tubuh Anda untuk mulai melakukan gerakan yoga dan kemudian diakhiri dengan beberapa latihan pernapasan," ujar Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti dalam wawancara khusus program The Ambassador Liputan6.com pada Rabu 16 Juni 2021.

Acara tersebut, imbuh dubes yang pernah bertugas di Ukraina itu, tentu digelar sesuai dengan anjuran protokol kesehatan yang tengah diterapkan di Ibu Kota. 

"Ini juga untuk mengikuti protokol yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, juga Kota Jakarta," tegasnya lagi.

Ia pun menekankan bahwa meski lebih sedikit orang yang melakukan yoga akan tetap bermanfaat bagi semua orang.

"Seluruh acara ini seharusnya tidak berlangsung lebih dari satu jam, dari pukul 09.00 hingga 10.00. Akan disiarkan langsung," paparnya lagi.

Selain siaran langsung kegiatan yoga di auditorium Kedutaan Besar India di Jakarta, akan ada juga sesi diskusi di kotak obrolan tayangan video di salah satu platform media sosial.

"Orang-orang juga bisa bertanya dan kami jawab secara online di chat box. Mudah-mudahan, orang-orang akan mendapat manfaat," ucapnya.