Sukses

Angka Kelahiran Bayi Meningkat Selama Pandemi COVID-19, Finlandia Merasa Lega

Liputan6.com, Helsinki - Rumah Sakit Helsinki dan Uusimaa (HUS) melaporkan peningkatan 8,9 persen angka kelahiran di wilayah tersebut. Uusimaa mencatat pada Januari sampai Mei 2021 total 7.089 kelahiran di Finlandia.

Berdasarkan laporan yang diterima Helsinki Times, Jumat (18/06/2021). Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan sebelumnya yaitu 6.511 kelahiran periode bulan yang sama pada tahun 2020.

Rumah Sakit Wanita Naistenklinikka dan Rumah Sakit Espoo yang biasa menyumbang 80 persen kelahiran di Finlandia. Saat ini kembali meningkat sebesar 7,2 persen. Ini 380 lebih banyak ketimbang kelahiran tahun lalu.

Angka kelahiran di Lohja sebesar 23,5 persen dan Hyvinkää sebesar 11,5 persen. Tentu presentase ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2020.

 

2 dari 2 halaman

Peningkatan Angka Kelahiran Bayi Tidak Diikuti Keselamatan Sang Ibu

Direktur Ginekologi dan Kebidanan HUS, Seppo Heinonen menyampaikan ledakan jumlah kelahiran saat pandemi benar adanya dan berdampak signifikan terhadap angka kelahiran di distrik tersebut.

Meskipun demikian, Heinonen secara tegas berpendapat jumlah kelahiran yang meningkat ini belum diimbangi dengan angka keselamatan bersalin para ibu. HUS berharap peningkatan kelahiran bayi bisa beriringan dengan keselamatan para ibu selama musim panas.

 

Reporter: Bunga Ruth