Sukses

3 Tips Desain Interior untuk Rumah Layak WFH Selama Pandemi COVID-19

Work-from-home atau WFH, istilah yang dulunya hanya terbatas pada freelancer, telah menjadi kata kunci utama untuk kelangsungan bisnis selama setahun pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 telah mengubah cara sebagian besar orang bekerja di seluruh dunia.

Work from home atau WFH, istilah yang dulunya hanya terbatas pada freelancer, telah menjadi kata kunci utama untuk kelangsungan bisnis selama setahun terakhir.

Sementara sebagian besar masih menyesuaikan diri dengan berbagai tantangan, mereka semakin menikmati gagasan untuk tidak harus bolak-balik ke kantor. Tetapi ini memang melibatkan harus mengatur dan beradaptasi dengan stasiun kerja baru.

Banyak yang berjuang untuk mencari tahu tempat terbaik untuk bekerja dari tahun lalu sekarang kemungkinan menemukan ruang yang sempurna.

'Ruang' ini tidak hanya memberi mereka kemewahan jaringan dan sinyal WiFi yang tepat tetapi juga jumlah kebisingan yang paling sedikit. Dan, mudah-mudahan, latar belakang terbaik bagi mereka yang sering rapat online.

Namun, tidak mungkin untuk memanfaatkan semua elemen yang dikombinasikan dengan sempurna ini jika seseorang tidak membangun tempat yang sempurna untuk duduk dan bekerja sepanjang hari.

Dua desainer interior datang untuk menyelamatkan ketika mereka berbicara tentang bagaimana kantor rumah telah berevolusi dan berbagi ide untuk membuat hidup lebih mudah, sebagaimana diwartakan mid-day.com, dikutip dari MSN, Minggu (30/5/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sebisa Mungkin Membuat Spot Kerja yang Nyaman

Kenyamanan datang di atas segalanya dan hanya akan membantu mengurangi ketegangan pada mata dan tubuh seseorang. Untuk ini, penting untuk diingat beberapa aspek membangun suasana yang sempurna bagi Anda untuk bekerja.

"Hamparan ruang kantor telah berubah menjadi layar 13 inci (laptop/komputer)," jelas Sidharth Sirohi, pendiri, Baro Design, berbicara tentang tantangan baru. "Kursi modul hitam yang membosankan telah diganti dengan kursi karakter yang lebih besar seperti kursi makan, tidak peduli seberapa berbeda dari kegunaan aslinya."

Di sisi lain, Smitha Zachariah, kepala kreatif, ZXP Design, telah mencatat bahwa, "Orang-orang pasti ingin membuat ruang kerja mereka lebih jelas dan jauh lebih terlihat profesional." Ini membantu jika mereka dapat menyisihkan ruang khusus untuk bekerja.

"Sejauh mungkin mereka harus mencoba dan menghindari menggunakan meja makan atau ruang tamu sebagai ruang kerja. Jika mereka memiliki kemewahan kamar tidur tamu di rumah mereka maka akan ideal untuk mengubahnya menjadi kantor rumah," sarannya.

Ada juga keinginan untuk gaya yang meningkat. "Mereka ingin menggunakan lampu meja yang bagus dengan lampu kain yang menarik, kursi putar yang tepat yang dirancang dengan baik untuk kenyamanan, dan menggunakan tanaman indoor untuk memberikan tampilan segar pada ruang kerja," beri tahu Zachariah.

3 dari 4 halaman

2. Maksimalkan Cahaya dan Warna

Zachariah merekomendasikan untuk mempersonalisasi stasiun kerja seperti yang dilakukan banyak orang di kantor. Masukkan beberapa warna melalui penggunaan tirai dan lampu. Dikelilingi oleh tanaman hijau, dengan bantuan tanaman pot, juga dapat membantu menciptakan getaran positif, menurut kedua desainer interior.

Sirohi berkutat pada cara memilih warna. "Meskipun skema warna yang lebih ringan dan netral direkomendasikan secara universal, itu bukan mandat dan orang dapat memilih warna apa pun selama itu meningkatkan fokus," katanya.

Selanjutnya, Sirohi menekankan bagaimana cahaya memainkan peran penting saat bekerja sepanjang hari. "Biarkan cahaya alami yang cukup masuk ke kamar Anda untuk mencerahkan ruang di sekitarnya serta suasana hati Anda. Sejauh menyangkut pencahayaan buatan, jangan memiliki sumber cahaya tepat di belakang Anda karena ini akan menciptakan silau. Posisi terbaik untuk pencahayaan seperti itu tepat di atas kepala Anda, menerangi area kerja secara merata."

Menambahkan lampu tugas dengan penggunaan lampu spot dapat membantu sambil merujuk pada dokumen dan menggunakan keyboard karena mengurangi kemungkinan harus menyaring mata dan sakit kepala layar seseorang juga.

 

4 dari 4 halaman

3. Menghilangkan Kekacauan

Namun, apa gunanya stasiun kerja yang hebat jika selalu dibiarkan kacau dan tidak digunakan untuk kapasitas maksimumnya?

Sekarang, banyak yang mungkin tidak memiliki kemewahan ruang kerja yang lebih besar dan itulah sebabnya itu semua lebih penting untuk merapikan stasiun kerja Anda. Ini dapat membantu menghindari kebingungan saat bekerja dan membantu menjauh dari kekacauan biasa, jadi penting untuk mengetahui cara menjaga area kerja Anda tetap bersih.

Untuk menghindari macet ruang, Zachariah memiliki solusi sederhana, "Selalu pikirkan rak dan lemari, sehingga Anda dapat sangat terorganisir dan jika Anda tidak, maka sangat penting bagi Anda untuk belajar bagaimana diatur. Rak dan lemari adalah penyelamat dan perlu digunakan secara efisien."

Menurutnya, dasar putih sangat ideal tetapi jika tidak berhasil untuk orang, maka mereka dapat menambahkan warna di sekitar furnitur kayu mereka. Namun, dia memperingatkan bahwa sesuatu mungkin terlihat baik tetapi jika tidak nyaman, itu tidak harus ada di sana. Menggunakan concealer kabel juga dapat membantu banyak hal, jika Anda sering mengadakan rapat online.

Sirohi iterates penekanan Zachariah pada lemari. Membuat pengaturan untuk penyimpanan di sekitar dan di atas meja akan membantu mengatur aksesori dan kertas di sekitarnya.

Dia menambahkan bahwa meskipun mungkin ada beberapa cara untuk membuat stasiun kerja yang ideal, ia bekerja secara berbeda untuk orang yang berbeda. Namun, kenyamanan, fungsionalitas, keseimbangan visual, dan pemeliharaan rendah harus menjadi prinsip panduan untuk memanfaatkan stasiun kerja Anda selama masa-masa ini karena banyak orang bekerja dari rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.