Sukses

Dubes Kenya Kunjungi Misionaris Indonesia di Wilayah Terpencil

Dubes Indonesia untuk Kenya, Mohamad Hery Saripudin, mengunjungi misionaris Indonesia di wilayah cukup terpencil.

Liputan6.com, Nairobi - Duta Besar RI di Kenya, Mohamad Hery Saripudin, berkelana ke wilayah pelosok di Kenya untuk memberi dukungan kepada misionaris Indonesia. Ada tiga frater Indonesia yang dikunjungi di Lodward, Turkana.

Wilayah Lodwar berada di barat laut Kenya dan cukup terpencil.

Berdasarkan laporan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Sabtu (29/5/2021), tim Dubes Hery menempuh perjalanan sekitar tujuh jam untuk mengunjungi pusat rehabilitasi anak-anak yang dikelola misionaris Indonesia.

Begitu sampai di tujuan, para anak-anak menyajikan tarian Turkana yang merupakan tarian yang biasa dipersembahkan untuk tamu kehormatan yang berkunjung ke provinsi tersebut. Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan para frater dan Dubes terkait misi di Kenya.

Dubes Hery RI menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada para frater karena telah gigih dalam menampung dan mendidik anak-anak jalanan sehingga mendapat pujian dari pemerintah dan masyarakat setempat.

“Kunjungan ini pun dimaksudkan juga sebagai upaya proaktif negara dalam memberikan perlindungan maksimal bagi WNI di luar negeri", ujar Dubes Hery yang dulunya menjabat sebagai Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah.

Para frater Indonesia telah menjalankan misi kemanusiaan mereka selama sekitar 20 tahun dengan lebih dari 1.000 anak-anak jalanan yang telah dibina. Sebagian besar anak asuh tersebut sudah mandiri dan bekerja. Saat ini, anak-anak jalanan yang berada di pusat rehabilitasi tersebut berjumlah sekitar 200 anak dengan usia antara 5-15 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Alat Kesehatan

Dalam kunjungan itu, pihak KBRI turut melakukan penyerahan bantuan logistik dan alat kesehatan dari KBRI kepada para frater dan anak-anak asuhnya.

Pencapaian misionaris Indonesia juga mendapatkan apresiasi dari Kepala Administrator Keuskupan, Roberth A. Woods kepada Dubes RI saat meninggalkan Lodwar.  Roberth A. Woods, seorang warga negara Irlandia yang saat ini menjadi Kepala Discose Lodwar, berharap semakin banyak frater Indonesia yang ditugaskan ke Kenya.

Saat meninggalkan Lodwar, para ​frater menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Dubes RI ke wilayah Lodwar yang cukup jauh ditempuh dari Nairobi.

“Kami senang dan bangga atas kunjungan Pak Dubes ke sini, kami merasa diperhatikan dan mendapat kehormatan," kata Fr. Donatus Pedi Bei, mewakili dua frater lainnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.