Sukses

Dinyatakan Punah Seabad Silam, Kura-Kura Raksasa Ini Hidup di Kepulauan Galapagos

Liputan6.com, Kepulauan Galapagos - Kura-kura raksasa yang ditemukan pada 2019 di Kepulauan Galapagos telah dikonfirmasi oleh Ekuador bahwa spesies tersebut dianggap sudah punah seabad yang lalu.

Dikutip dari CNN, Jumat (28/5/2021), Taman Nasional Galapagos sedang mempersiapkan ekspedisi untuk mencari lebih banyak kura-kura raksasa itu dalam upaya untuk menyelamatkan spesies tersebut.

Kura-kura itu sempat ditemukan dua tahun lalu di Pulau Fernandina selama ekspedisi gabungan antara Taman Nasional Galapagos dan Konservasi Galapagos.

2 dari 3 halaman

Pulau yang Memiliki Sejumlah Flora dan Fauna Diambang Kepunahan

Ilmuwan dari Universitas Yale kemudian mengidentifikasikannya sebagai Chelonoidis phantasticus -- sebuah spesies yang sudah dianggap punah lebih dari seabad yang lalu.

"Universitas Yale mengungkapkan hasil studi genetik dan perbandingan DNA masing-masing yang dibuat dengan spesimen yang diekstraksi pada tahun 1906," kata Galapagos Park dalam sebuah pernyataan

Kepulauan Galapagos menjadi dasar teori evolusi spesies Charles Darwid pada abad ke-19 dan merupakan rumah bagi jenis kura-kura bersama dengan flamingo, boobies, albatros, dan burung kormoran.

Pulau tersebut juga memiliki sejumlah flora dan fauna yang berstatus diambang kepunahan.

Populasi kura-kura raksasa saat ini dari berbagai spesies diperkirakan mencapai 60.000, menurut data dari Taman Nasional Galapagos.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat