Sukses

Cerita Harimau Bengal Ditemukan Usai Hilang Sepekan di Penangkaran Texas AS

Liputan6.com, Texas - Seekor harimau Bengal di Texas, Amerika Serikat yang hilang sepekan lalu ditemukan berkeliaran di halaman pinggiran kota Houston. Untungnya, warga setempat yang berada di lokasi ditemukannya harimau tersebut tidak terluka. 

Harimau Bengal itu pun segera dipindahkan ke tempat perlindungan hewan, menurut polisi setempat.

"Kami menangkapnya, dan dia dalam keadaan sehat," kata komandan polisi Houston, Ron Borza dalam sebuah video pernyataan, seperti dilansir AFP, Senin (17/5/2021).

Harimau bernama India itu, diketahui telah bersama istri pemiliknya, yaitu Victor Cuevas.

Sebuah video menunjukkan harimau tersebut tambak dipeluk dan tidak diikat sebelum dimasukkan ke dalam mobil Cuevas.

Cuevas ditangkap pada 10 Mei, dan dibebaskan pada 12 Mei kemudian ditangkap kembali pada 16 Mei.

Pria berusia 26 tahun tersebut diketahui telah menghadapi dakwaan pembunuhan di masa lalu.

Ketika insiden terjadi pada 9 Mei, tetangga yang ketakutan melihat harimau berusia sembilan bulan itu berkeliaran di halaman mereka di lingkungan perumahan.

Video yang menunjukkan wakil sheriff yang sedang tidak bertugas tampak mengeluarkan pistol ketika dia melihat harimau itu, sebelum Cuevas datang untuk mengambilnya.

Hewan itu ditemukan oleh istri pemiliknya, dan dia setuju untuk menyerahkannya ke polisi, kata Borza kepada wartawan pada Sabtu malam.

Dia tidak mengatakan di mana harimau itu berada pekan lalu, namun menekankan bahwa istrinya selalu mengetahui keberadaannya.

"Kami dengan senang hati melaporkan bahwa harimau yang hilang yang terlihat di lingkungan Houston pekan lalu telah ditemukan dan tampaknya tidak terluka," kata polisi Houston.

2 dari 4 halaman

Kepemilikan Harimau di Houston Texas Merupakan Tindakan Ilegal

Memiliki harimau diketahui merupakan tindakan ilegal di dalam batas kota Houston - meskipun diizinkan di banyak bagian negara bagian AS dalam kondisi tertentu - tetapi polisi mengatakan istri Cuevas tidak akan menghadapi tuntutan apa pun.

Namun, Borza mengatakan kepada wartawan, "Kamu seharusnya tidak memilikinya di rumahmu. Itu tidak baik untuk harimau".

Departemen Kepolisian Houston merilis video harimau seberat 80 kilogram sedang dibelai dan diberi minuman.

Kucing besar itu kemudian diangkut ke Cleveland Amory Black Beauty Ranch di Murchison, Texas, di mana ia akan memiliki habitatnya sendiri dengan setengah hektar tanah (0,2 hektar), termasuk area hutan dan kolam.

"Tujuan kami adalah memberinya kualitas hidup terbaik selama sisa hidupnya," kata direktur peternakanm, Noelle Almrud dalam konferensi pers.

Almrud mengatakan kepada wartawan bahwa India akan menjalani karantina selama 30 hari sebelum diperkenalkan ke habitat barunya, meskipun ia tampak sehat berdasarkan inspeksi visual awal.

Texas dikenal memiliki banyak harimau di penangkaran.

Secara nasional, kelompok konservasi WWF memperkirakan ada sekitar 5.000 harimau yang hidup di penangkaran, jumlah yang lebih besar dari populasi harimau liar di seluruh dunia.

Borza, dalam konferensi persnya, berterima kasih kepada petugas polisi Houston yang membantu melacak hewan itu.

"Awalnya menurut saya, menangkap harimau itu mudah," katanya. "Tapi itu tidak sama sekali."

3 dari 4 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: