Sukses

Dubes China Xiao Qian: Lebih dari 20 Juta Muslim Tiongkok Merayakan Idul Fitri

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menyebut ada lebih dari 20 juta muslim di Tiongkok yang merayakan Idul Fitri 1442 H.

Dalam video singkat yang diunggah oleh akun Facebook Embassy of China in Indonesia, Dubes Xiao Qian turut mengucapkan selamat Idul Fitri bagi warga Indonesia.

"Pada kesempatan Hari Raya Idul Fitri yang suci dan damai ini," ujar Dubes Xiao Qian pada Rabu (12/5/2021).

"Saya atas nama Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, dengan tulus ikhlas mengucapkan salam tercurah kepada sesama umat Islam Indonesia."

Dubes Xiao Qian menyatakan, pemerintah Tiongkok menghormati dan melindungi kebebasan berkeyakinan dan adat istiadat Muslim Tiongkok sesuai dengan hukum.

"Saat ini lebih dari 20 juta muslim di Tiongkok sama seperti Anda sekalian sedang merayakan Idul Fitri dengan suasana bahagia."

"Dengan kesempatan ini, saya dengan sepenuh hati mendoakan teman-teman umat Islam kedua negara untuk hidup bahagia, sehat dan sejahtera."

"Semoga Anda semua berkontribusi lebih banyak untuk persahabatan Tiongkok-Indonesia," ujar Dubes China.

 

2 dari 3 halaman

Ucapan Idul Fitri Dubes Inggris Owen Jenkins

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins mengucapkan selamat Idul Fitri bagi seluruh umat muslim Indonesia.

Dalam video berdurasi singkat, Dubes Inggris Owen Jenkins menyoroti hari raya tahun ini di tengah pandemi COVID-19. Ia meminta agar silahturahmi bisa tetap terjalin meski dalam keadaan sulit.

"Atas nama pemerintah Inggris, Saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh umat muslim di Indonesia," ujar dalam video singkat yang diterima di Liputan6.com pada Rabu (12/5/2021).

"Semoga Idul Fitri tahun ini membawa berkah, kesehatan dan kebahagiaan untuk kita semua."

Selain meminta agar silahturahmi tetap terjaga, Dubes Inggris Owen Jenkins juga mengimbau agar masyarakat Indonesia tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Meskipun kita masih di tengah pandemi, namun silahturahmi harus terus kita jaga."

"Dengan selalu menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai COVID-19."

"Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin."

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: