Sukses

KJRI Los Angeles Gunakan Mural untuk Perkenalkan Indonesia

Dikenal sebagai salah satu kota di dunia yang kaya dengan mural di berbagai sudut, KJRI Los Angeles memperkenalkan Indonesia di Los Angeles melalui mural.

Liputan6.com, Los Angeles Upaya lebih mengenalkan Indonesia ke kalangan masyarakat lokal di Los Angeles dilakukan melalui seni kontemporer yang menjadi ciri khas kota Los Angeles, mural. 

Dikenal sebagai salah satu kota di dunia yang kaya dengan mural di berbagai sudut, Los Angeles merupakan kota yang kaya dengan seni mural.

"Mural adalah salah satu wajah seni di Los Angeles. Mengadopsi kekayaan seni Indonesia, KJRI Los Angeles bekerja sama dengan ArtCenter College of Design, Pasadena membuat mural di dinding luar gedung kantor KJRI Los Angeles," jelas Saud P. Krisnawan, Konsul Jenderal RI di Los Angeles.

Proyek yang diawali dengan rangkaian kelas virtual mengenalkan berbagai aspek kehidupan di Indonesia telah dimulai sejak pertengahan 2020.

“KJRI Los Angeles bekerja sama dengan akademisi, profesional dan pelajar Indonesia di Los Angeles, menyelenggarakan kelas virtual sebagai upaya memberikan gambaran umum kepada pelajar di Art Center College of Design untuk mengembangkan konsep mural yang akan dilukis di dinding luar gedung kantor KJRI Los Angeles,” tambah Saud.

Salah satu narasumber dalam kelas virtual itu, Nano Warsono sebagai staf pengajar ISI Yogyakarta mengatakan, seni rupa Indonesia bersifat adaptif sehingga dapat diekspresikan di ruang publik melalui lukisan mural. Selain itu, seni rupa Indonesia juga merupakan cerita yang disampaikan melalui gambar, sehingga mudah dipahami melalui mural.

Mural yang akan digambarkan di dinding KJRI Los Angeles merupakan hasil disain yangdikembangkan oleh mahasiswa/i ArtCenter College of Design, termasuk tiga pelajar asal Indonesia yang tengah menempuh pendidikan tinggi di sana.

“Saya dan segenap tim KJRI Los Angeles sangat bangga mural ini dikembangkan oleh pelajar setempat dan juga pelajar asal Indonesia. Semoga mural ini dapat semakin melekatkan hubungan antar masyarakat (people to people contact) antar kedua negara,” tutup Saud.

 

Reporter: Lianna Leticia

Saksikan video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis: Varian B117 Covid-19 Seperti di India Sudah Masuk Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.