Sukses

9 Ciri Orang Toxic dan Cara Menanganinya

Berikut adalah jenis orang yang toxic dalam hidup kita dan cara menangani mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang di sekitar dapat menentukan seseorang akan berhasil atau gagal. Kegagalan yang terjadi banyak disebabkan karena orang itu mempunyai teman, keluarga, atau pacar yang justru menahan kehidupan dengan kenegatifan dan manipulasi. 

Karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk memiliki teman yang mendukung dan menyemangati kita dalam hidup.

Namun, ada cara untuk menghadapi orang-orang yang akan menahan Anda untuk berkembang dalam hidup.

Diktuip dari Bright Side, Senin (29/3/2021), berikut adalah jenis orang yang toxic dalam hidup kita dan cara menangani mereka:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Drama Queen

Tipe orang ini akan menarik Anda ke dalam masalah dengan meminta bantuan. Semakin banyak dibantu, Anda mungkin akan mulai sadar bahwa masalah mereka tidak pernah berakhir dan itu hanyalah cara hidup mereka.

Buatlah batasan dengan cara menjadi kurang tersedia, lebih jarang bertemu, atau bahkan menyuarakan bahwa Anda tidak ingin membantu mereka kali ini

Terkadang, jarak seringkali dibutuhkan untuk menjaga hubungan yang sehat dengan mereka serta untuk kesehatan Anda sendiri.

2. Yang Tidak Pernah Menghargai Usaha Anda

Untuk beberapa orang seperti pacar, teman, atau bahkan bos,, usaha keras kita tidak bisa membuat mereka senang. Jika hal ini terus terjadi, tanyalah pada diri sendiri mengapa Anda ingin menyenangkan mereka dan buatlah perubahan dalam sikap.

Belajar untuk katakan 'tidak' untuk mengeluarkan diri sendiri dari siklus melakukan apa pun untuk orang yang tidak menghargai usaha Anda.

3. Yang Selalu Negatif

Ini adalah tipe orang yang selalu negatif. Anda mungkin merasa orang-orang ini selalu mempertanyakan pilihan dan kemampuan Anda.

Anda dapat menghadapinya dengan menjauhkan mereka dari memberikan nasihat yang tidak diinginkan. Beri tahu bahwa Anda tidak ingin pendapat mereka.

3 dari 5 halaman

4. Manipulator

Tipe orang ini hanya tertarik pada diri mereka sendiri dan akan menggunakan kekuatan untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Mereka berbahaya karena bisa merugikan orang-orang yang ada di sekitarnya. Penting bagi Anda untuk ingat bahwa masalahnya ada di mereka.

5. Yang Berpikir Anda Harus Menjadi Orang Lain

Mungkin orang tua, teman dekat, atau seseorang yang Anda anggap teman dekat, siapa pun itu, Anda harus abaikan pendapat mereka karena mereka dapat membuat Anda merasa tidak mampu dan bersalah.

Sebaliknya, biarkan mereka memutuskan apakah mereka ingin menerima Anda apa adanya. Perlu diingat bahwa Anda tidak perlu menyenangkan mereka dengan menjadi seseorang yang mereka inginkan.

6. Teman yang Tidak Bisa Memaafkan

Ini adalah jenis teman yang terus-menerut akan mengungkit kesalahan dan kegagalan masa lalu Anda.

Langkah pertama untuk menghadapi orang-orang seperti ini adalah untuk mulai memaafkan diri sendiri dan coba cintai diri sendiri. Ini dapat membantu Anda untuk pulih dari kesalahan masa lalu serta memberi Anda ruang untuk menerimanya dan melanjutkan hidup.

 

4 dari 5 halaman

7. Penggosip

Kita semua memiliki teman yang merupakan tukang gosip yang tidak bisa menyimpan rahasia. Meskipun terkadang hal ini tidak berbahaya, perlu diingat jika mereka menjelek-jelekkan orang lain dan rahasia mereka kepada Anda, ada kemungkinan bahwa mereka juga melakukan hal yang sama di belakang Anda.

Jika Anda yakin ini mungkin terjadi, berhentilah membagikan rahasia pribadi dengan mereka.

8. Pembohong

Semakin Anda kenal beberapa orang, mungkin Anda akan sadar bahwa mereka tidak dapat menahan diri untuk tidak berbohong. Kebohongan tersebut bisa dalam bentuk kecil atau besar.

Anda dapat menghadapinya dengan menunjukkan bahwa mereka berbohong. Dnegan semua kebohongan mereka, sulit bagi mereka untuk mempertahankan cerita dan pada akhirnya ada beberapa hal yang berkontradiksi.

Tunjukkan ketidakkonsistenan ini kepada mereka untuk memberi tahu mereka bahwa Anda menemukan kebohongan mereka.

9. Yang Selalu Kasihan pada Diri Sendiri

Tipe orang ini sering kali menggunakan rasa aksihan untuk mendapatkan kendali dengan menyalahkan orang lain atas masalah mereka sendiri.

selama ada seseorang yang ingin mendengarkan, mereka akan membicarakan masalah mereka tanpa bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri.

Anda dapat menanganinya dengan menetapkan batasan pribadi dengan mereka untuk menghentikan dampak negatif dan menguras tenaga yang mungkin mereka timbulkan dalam hidup Anda.

 

Reporter: Paquita Gadin

5 dari 5 halaman

Infografis 17 Kondisi Orang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini