Sukses

Tak Selalu Sama, Ini Suhu Ruangan yang Ideal untuk 7 Keperluan Berbeda

Suhu ruangan tak selalu mesti sama. Tujuh keperluan berbeda ini membutuhkan suhu yang pas.

Liputan6.com, Jakarta - Para peneliti telah menemukan bahwa wanita sebenarnya lebih menyukai suhu ruangan yang lebih tinggi daripada pria Namun, mungkin itu harus lebih sedikit tentang pilihan pribadi kita. Sebaiknya perhatikan suhu yang ideal untuk setiap ruangan, bergantung pada aktivitas dan situasi yang kita atau anggota keluarga ikuti.

Dengan pemikiran tersebut, berikut 7 situasi berbeda dan alasan mengapa suhu yang ideal bergantung pada aktivitas kita, menurut Bright Side.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Suhu Ideal untuk Tidur

Tidur sangat penting agar tubuh Anda berfungsi dengan baik, dan suhu ruangan memainkan peran penting. Panas tubuh kita secara alami berkurang saat kita tidur, dan karena itu, suhu ideal ruangan Anda harus antara 60ºF dan 67ºF (15ºC dan 19ºC).

3 dari 8 halaman

2. Suhu Ideal untuk Berolahraga

Otak suka saat kita berolahraga. Ini membantu Anda menjadi lebih waspada, terjaga, dan fokus.

Preferensi suhu latihan bervariasi dari orang ke orang, tetapi kebanyakan orang melakukan dan merasakan yang terbaik saat mereka berolahraga di dalam ruangan pada suhu sedang sekitar 68ºF hingga 72ºF (20ºC hingga 22ºC).

4 dari 8 halaman

3. Suhu ideal untuk belajar

Produktivitas itu penting, dan keterampilan belajar yang baik dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, kompetensi, serta harga diri Anda. Suhu yang lebih hangat dapat membuat Anda merasa lelah dan mengantuk, oleh karena itu disarankan untuk menjaga ruangan Anda di antara 70ºF dan 77ºF (21ºC dan 25ºC) sambil belajar dan tetap produktif.

5 dari 8 halaman

4. Suhu Ideal untuk Bayi

Karena bayi tidak dapat memberi tahu kami bagaimana perasaan mereka, penting untuk memastikan bahwa mereka berada pada suhu yang nyaman - tidak terlalu hangat atau terlalu dingin. Usahakan agar ruangan tetap ringan dan nyaman, antara 68ºF dan 72ºF (20 ° C dan 22 ° C).

6 dari 8 halaman

5. Suhu Ideal untuk Hewan Peliharaan

Suhu ideal untuk hewan peliharaan Anda bergantung pada berbagai faktor, termasuk ras, ukuran, dan kondisi kesehatan. Hewan peliharaan yang lebih kecil cenderung lebih cepat kedinginan, sedangkan hewan yang lebih besar bisa tetap hangat lebih lama.

Sebelum kita meninggalkan rumah, sebaiknya pastikan suhunya baik-baik saja untuk hewan peliharaan kita. Selama musim panas, jangan setel suhu lebih tinggi dari 80ºF ke 82ºF (26ºC sampai 27ºC). Sedangkan untuk musim dingin, 69ºF sampai 72ºF (20ºC sampai 22ºC) adalah kisaran yang baik.

7 dari 8 halaman

6. Suhu Ruangan yang Ideal untuk Bekerja

Rata-rata orang menghabiskan sekitar 90.000 jam di tempat kerja selama hidup mereka.

Pada 2015, sebuah survei mengungkapkan bahwa 42% pekerja kantoran mengatakan lingkungan mereka terlalu hangat selama musim panas, dan 56% lainnya mengatakan kantor mereka terlalu dingin di musim dingin.

Suhu optimal tampaknya 75ºF (24ºC) untuk pria dan wanita, jadi perhatikan termostat kantor.

8 dari 8 halaman

7. Suhu yang Ideal untuk Manula

Untuk lansia, suhu ekstrim bisa menjadi masalah. Karena mereka mungkin kesulitan mengatur panas tubuh mereka, menghabiskan banyak waktu di ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mereka. Yang terbaik adalah menjaga suhu termostat tetap aman, antara 68ºF dan 74ºF (20ºC dan 23ºC).

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.