Sukses

AS Bakal Segera Rilis Laporan Pembunuhan Jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi

Liputan6.com, Washington D.C - AS akan merilis laporan investigasi atas pembunuhan mengerikan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi yang secara luas diperkirakan akan melibatkan putra mahkota kerajaan yang kuat.

Presiden Joe Biden telah membaca laporan itu dan akan berbicara dengan raja Arab Saudi.

Sebagaimana dikutip dari laman BBC, Jumat (26/2/2021), Biden ingin "menyesuaikan kembali" hubungannya dengan sekutu AS, yang menjadi lebih dekat di bawah Presiden Donald Trump.

Dalam kasus kematiannya, tubuh Khashoggi dipotong-potong di dalam konsulat Saudi di Istanbul, Turki. 

Terkait hal ini, pangeran menyangkal keterlibatannya. 

Otoritas Saudi mengatakan kematian dan proses mutilasinya adalah hasil dari "operasi nakal" oleh tim agen yang dikirim untuk mengembalikannya ke kerajaan. Lima orang dijatuhi hukuman mati atas pembunuhan tersebut oleh pengadilan Saudi tetapi kemudian diubah menjadi 20 tahun penjara pada September lalu.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Laporan AS

Laporan itu, yang diperkirakan dirilis pada Kamis malam, akan mengatakan bahwa Putra Mahkota Mohammed bin Salman menyetujui "dan kemungkinan besar memerintahkan" pembunuhan Khashoggi, empat pejabat AS mengatakan kepada kantor berita Reuters.

Mereka mengatakan Central Intelligence Agency (CIA) - agen mata-mata luar negeri AS - adalah kontributor utama laporan tersebut.

Penuntutan publik Saudi dan Pangeran Mohammed bersikeras dia tidak memiliki pengetahuan tentang pembunuhan itu, tetapi pada 2019 dia mengatakan dia mengambil "tanggung jawab penuh sebagai pemimpin di Arab Saudi, terutama karena itu dilakukan oleh individu yang bekerja untuk pemerintah Saudi".

NBC News melaporkan bahwa penilaian intelijen bukanlah hal baru dan didasarkan pada pekerjaan CIA yang dilaporkan secara luas pada tahun 2018.

Menurut penilaian yang dilaporkan, tidak ada "senjata api" tetapi para pejabat AS mengira operasi semacam itu akan membutuhkan persetujuan pangeran. 

The Washington Post, tempat Khashoggi bekerja, mengatakan pada saat itu bahwa penilaian CIA sebagian didasarkan pada panggilan telepon yang dilakukan oleh saudara laki-laki putra mahkota, Pangeran Khalid bin Salman, yang saat itu adalah duta besar Saudi untuk AS.

Pangeran Khalid, yang sekarang menjadi wakil menteri pertahanan, diduga menelepon Khashoggi atas arahan saudaranya dan memberinya jaminan bahwa dia akan aman pergi ke konsulat di Istanbul. Namun Pangeran Khalid membantah berkomunikasi dengan jurnalis itu.

Pada tahun 2019, pelapor khusus PBB Agnes Callamard menuduh negara Saudi melakukan "eksekusi yang disengaja dan direncanakan" terhadap Khashoggi dan menolak pengadilan Saudi sebagai "antitesis keadilan".

3 dari 4 halaman

Mengapa Baru Sekarang?

Penerbitan laporan tersebut adalah bagian dari kebijakan Joe Biden untuk menyelaraskan kembali hubungan dengan sekutu jangka panjang Arab Saudi dan mengambil sikap yang jauh lebih keras daripada pendahulunya, Trump, pada posisi tertentu di Saudi.

Pemerintahan Trump sebelumnya menolak persyaratan hukum untuk merilis versi laporan yang tidak diklasifikasikan, dengan fokus pada peningkatan kerja sama dengan Saudi.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan pada hari Rabu bahwa Biden akan berkomunikasi dengan Raja Salman, dan tidak secara langsung dengan putra mahkota, yang merupakan putranya dan dianggap sebagai penguasa de facto di Arab Saudi. Dia mengatakan presiden akan berbicara dengan raja berusia 85 tahun itu untuk pertama kalinya sejak menjabat "segera", tanpa memberikan waktu khusus untuk panggilan tersebut.

"Kami telah menjelaskan sejak awal bahwa kami akan menyesuaikan kembali hubungan kami dengan Arab Saudi," katanya kepada wartawan.

Pemerintahan baru telah membuat beberapa perubahan kebijakan besar dalam hal itu, dengan Presiden Biden mengakhiri dukungan AS untuk operasi ofensif oleh pertempuran koalisi pimpinan Saudi di Yaman, dan membekukan penjualan senjata ke kerajaan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: