Sukses

Cara Unik Kota di India Atasi Masalah Sampah, Skema Tukar dengan Kupon Makanan

Kota di India ini meluncurkan skema menukar sampah plastik dengan kupon makanan.

Liputan6.com, Mumbai - Ragam cara dilakukan warga dunia untuk mengatasi masalah terkait sampah. Di Negara Bagian Maharashtra, India barat, sebuah badan sipil perkotaan pada Minggu 20 Desember 2020 meluncurkan skema unik terkait hal tersebut.

Mengutip Xinhua, Selasa (22/12/2020), skema unik itu dengan menggaungkan kupon makanan guna mendorong warga menukar sampah plastik mereka.

"Kami mengimbau para warga untuk mengumpulkan sampah plastik mereka. Jika mereka memberikan 5 kg sampah plastik di pusat pengumpulan, mereka akan mendapatkan kupon makanan senilai 0,4 dolar AS (1 dolar AS = Rp 14.169)," ujar seorang pejabat dari badan sipil tersebut.

Menurut data pemerintah, pendapatan per kapita harian India hanya lebih dari 5 dolar AS.

Skema ini diluncurkan sebagai bagian dari kebijakan nol sampah oleh Kalyan Dombivli Municipal Corporation, yang terletak 44 km dari Mumbai.

 
 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sampah Plastik yang Mengancam

Kota Kalyan Dombivli menghadapi ancaman sampah plastik. Sejumlah upaya telah dilakukan sebelumnya untuk mengatasi masalah tersebut, tetapi tidak membuahkan hasil, katanya.

Badan sipil itu berencana mendirikan pusat pengumpulan sampah dengan menggaet badan-badan swasta di seluruh pusat kota itu termasuk pasar yang menghasilkan berton-ton sampah plastik.

Tahun lalu, Perdana Menteri India Narendra Modi menyerukan gerakan nasional untuk menghindari penggunaan plastik sekali pakai dalam pidatonya di hari kemerdekaan.

3 dari 3 halaman

Infografis Jurus Kelola Sampah ala Risma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.