Sukses

Donald Trump Remehkan Peretasan Jaringan Pemerintah AS yang Diduga Dilakukan Rusia

Presiden Donald Trump dinilai mengecilkan upaya peretasan yang diduga telah dilakukan oleh Rusia.

Liputan6.com, D.C - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menjadi anggota pertama pemerintahan Trump yang menyalahkan Rusia atas peretasan luas terhadap badan-badan pemerintah AS dan perusahaan swasta yang telah membuat Washington berusaha keras seakan membuat pelanggaran. Namun di sisi lain presiden berusaha untuk mengecilkan hal tersebut.

Mengutip laman The Guardian, Minggu (20/12/2020), AS berusaha keras untuk memahami dampak dari dugaan peretasan Rusia.

Sebagai tanggapan, seorang anggota Kongres senior Demokrat menuduh Donald Trump melakukan "pengkhianatan skandal lain terhadap keamanan nasional kita".

“The Cyber Hack jauh lebih besar dalam Media Berita Palsu dari dalam kenyataannya,” cuit Trump di Twitternya pada hari Sabtu pagi. 

“Saya telah diberi pengarahan penuh dan semuanya terkendali dengan baik. Rusia, Rusia, Rusia adalah suara prioritas ketika sesuatu terjadi karena [media AS], untuk sebagian besar alasan keuangan, ketakutan untuk membahas kemungkinan bahwa itu mungkin China (mungkin saja!)”

Peretasan tersebut menargetkan perangkat lunak yang banyak digunakan yang dibuat oleh SolarWinds, sebuah perusahaan yang berbasis di Austin, Texas. 

Berbeda dengan Trump, pada Jumat malam, berbicara dengan pembawa acara radio sayap kanan Mark Levin, Pompeo menyalahkan Rusia.

“Ini adalah upaya yang sangat signifikan,” katanya. 

"Saya pikir masalahnya sekarang kita dapat mengatakan dengan cukup jelas bahwa Rusia-lah yang terlibat dalam kegiatan ini," tegas Pompeo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trump Dianggap Berkhianat

Mengenai peretasan SolarWinds dan upaya Trump untuk mengecilkan hubungan dengan Rusia, Adam Schiff, seorang dari Demokrat di California yang memimpin komite intelijen DPR dan memimpin proses pemakzulan terhadap Trump, mengatakan: "Hari baru, pengkhianatan skandal lainnya terhadap keamanan nasional kita oleh presiden ini."

“Tweet tidak jujur ​​lainnya yang terdengar seperti itu mungkin saja ditulis di Kremlin. Aksi kepatuhan terhadap Putin. Dan satu lagi alasan mengapa Trump tidak bisa meninggalkan jabatannya cukup cepat."

Pompeo tidak segera menanggapi pendapatnya yang dilemahkan oleh atasannya, Trump. 

Namun saat berbicara dengan Levin, dia berkata: “Saya yakin beberapa di antaranya akan tetap dirahasiakan. Namun cukup dikatakan bahwa ada upaya yang signifikan untuk menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk pada dasarnya menyematkan kode di dalam sistem pemerintah AS dan sekarang muncul juga sistem perusahaan swasta dan perusahaan serta pemerintah di seluruh dunia. ”

Terkait hal ini, pihak Kremlin membantah terlibat.

Pada hari Sabtu, sebuah blog riset keamanan oleh Microsoft mengatakan grup peretas kedua, berbeda dari yang diduga tim Rusia, juga menargetkan produk SolarWinds.

"Penyelidikan terhadap seluruh kompromi SolarWinds mengarah pada penemuan malware tambahan yang juga mempengaruhi produk SolarWinds Orion tetapi telah ditentukan kemungkinan tidak terkait dengan kompromi ini dan digunakan oleh pihak pelaku ancaman yang berbeda," kata blog tersebut.

Seorang juru bicara SolarWinds mengatakan kepada Reuters: "Ini masih merupakan hari-hari awal penyelidikan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.