Sukses

Chuck Yeager Meninggal, Sosok Pilot AS yang Terbang Melebihi Kecepatan Suara

Liputan6.com, Washington D.C. - Dunia penerbangan AS tengah berduka, pasalnya salah satu pilot andalnya, Chuck Yeager meninggal dunia. Ia mengembuskan napas terakhirnya pada Senin 7 Desember 2020 waktu setempat, pada usia 97 tahun.

Chuck Yeager merupakan mantan perwira Angkatan Udara AS yang dikenal sebagai pilot pertama yang berhasil terbang dengan kecepatan memecahkan hambatan suara atau sound barrier.

Dalam pernyataan singkat di Twitter, istri Yeager yakni Victoria, mengatakan sang suami meninggal sebelum jam 21.00 malam waktu setempat.

"Dengan kesedihan yang mendalam, saya harus memberi tahu Anda bahwa belahan jiwaku, Jenderal Chuck Yeager, meninggal dunia tepat sebelum jam 09.00 malam ET," tulis Victoria melalui akun @VictoriaYeage.

Dikutip dari NBC News, Selasa (8/12/2020), Victoria menyebut bahwa Yeager adalah pilot terhebat dan berjiwa patriotisme.

“Kehidupan luar biasa telah ia jalani dengan baik. Ia adalah pilot terhebat Amerika, warisan kekuatan, petualangan & patriotisme darinya akan dikenang selamanya,” tambah Victoria dalam postingan dukanya.

 

2 dari 4 halaman

Yeager Pernah Menerbangkan Roket Eksperimental Bell XS-1

Pada 14 Oktober 1947, Yeager menjadi pilot dalam uji pertama untuk misi memecahkan hambatan suara saat menerbangkan rocket-powered aircraft/rocket plane atau pesawat eksperimental bertenaga roket Bell XS-1 (kemudian X-1) di atas Muroc Dry Lake di California.

NASA mengatakan bahwa Yeager menjuluki pesawat itu "Glamourous Glenis", merujuk pada nama istrinya.

Berkat kesuksesannya, Yeager menerima Trofi Collier dan Mackay pada tahun 1948.

Pilot itu kemudian memimpin skuadron tempur di Jerman dan Asia Tenggara selama Perang Vietnam dan dipromosikan menjadi brigadir jenderal pada tahun 1969.

Yeager pensiun pada 1 Maret 1975. Namun, namanya akrab terdengar bagi generasi muda 36 tahun kemudian, ketika aktor Sam Shepard memerankan karakternya dalam film "The Right Stuff" yang dibuat berdasarkan buku Tom Wolfe.

Buku dan film itu berpusat pada uji keberanian hari-hari awal pilot di program angkasa luar. Dalam film tersebut, Yeager bahkan menjadi cameo sebagai Fred, seorang bartender di Pancho's Palace.

Chuck Yeager menikah dua kali. Pernikahan pertamanya dengan Glennis Dickhouse dari Oroville, California, pada 26 Februari 1945. Sang istri kemudian meninggal karena kanker ovarium pada Desember 1990. Mereka memiliki empat anak: Donald, Michael, Sharon dan Susan.

Yeager lalu menikahi Victoria Scott D’Angelo yang berusia 45 tahun pada tahun 2003, hingga ajal menjemputnya.

Reporter: Ruben Irwandi

3 dari 4 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: