Sukses

5 Fakta Monolit di Utah yang Dikabarkan Hilang Secara Misterius

Liputan6.com, Utah - Bagian dari misteri seputar kemunculan dan hilangnya monolit di Utah yang membingungkan mulai menemui titik terang, terkuak sedikit demi sedikit.

Para ahli teori konspirasi awalnya berspekulasi bahwa bangunan yang ditemukan di gurun akhir bulan lalu, telah dipindahkan oleh alien. Namun belakangan, seorang fotografer mengungkapkan dia menyaksikan bahwa monolit itu diambil oleh sekelompok pria.

Berikut ini lima fakta monolit di Utah yang disebut hilang misterius, dikutip dari Sky News, Kamis (3/12/2020):

1. Diungkap Seorang Fotografer Via Instagram

Ilustrasi  Instagram (iStockPhoto)

Titik terang monolit di Utah hilang misterius diungkap oleh fotografer bernama Ross Bernards. Ia mengungkapkannya melalui sebuah unggahan Instagram.

2. Dibawa Empat Pria

Ilustrasi pekerja tambang (AFP)

Dalam sebuah unggahan Instagram, Ross Bernards mengatakan bahwa ia telah melihat empat pria membawa monolit tersebut sebelum benda itu dikabarkan hilang. Bernards menjelaskan bahwa dia telah pergi ke lokasi dengan tiga temannya untuk mengambil foto monolit.

"Saya baru saja selesai mengambil beberapa foto monolit di bawah sinar bulan dan beristirahat, lalu kami mendengar beberapa suara datang dari arah ngarai," katanya.

Ia menuturkan, ada empat orang yang berbelok di tikungan dan dua dari mereka berjalan ke depan. Mereka memberikan beberapa dorongan pada monolit dan salah satu dari mereka berkata "Lebih baik kamu mengambil gambarmu".

Mereka kemudian memberikan dorongan besar dan benda itu miring ke satu sisi. Salah satu dari mereka berteriak kembali kepada teman-temannya bahwa mereka tidak membutuhkan benda itu.

Salah satu dari mereka kemudian berkata "inilah mengapa kamu jangan tinggalkan sampah di gurun".

2 dari 6 halaman

3. Sengaja Tak Meninggalkan Jejak

Bernards lalu menggambarkan bagaimana para lelaki itu mendorong monolit hingga jatuh ke tanah dan menimbulkan dentuman keras.

Mereka dengan cepat merusaknya menjadi beberapa bagian, lalu membawanya menggunakan gerobak dorong. Salah satu dari mereka melihat kembali ke belakang dan berkata "Jangan tinggalkan jejak".

3 dari 6 halaman

4. Ada Dampak Baik di Balik Kejadian Tersebut

Menjelaskan mengapa kelompoknya tidak menghentikan orang-orang itu, Bernards mengatakan bahwa yang dilakukan oleh kelompok itu ada baiknya. Hal itu karena orang-orang lain yang ingin melihat struktur misterius itu mulai merusak lanskap area setempat.

"Kami benar-benar dapat melihat orang-orang mencoba mendekatinya dari segala arah untuk coba mencapainya. Hal itu dapat mengubah lanskap yang belum tersentuh secara permanen," imbuhnya.

"Alam adalah seorang seniman terbaik, ia menyerahkan seninya di alam liar," tambahnya. 

4 dari 6 halaman

5. Bikin Makin Penasaran Setelah Temuan Monolit di Rumania

Penampilan aneh monolit tersebut telah memicu spekulasi tentang bagaimana benda itu bisa ada di sana, terutama setelah struktur serupa ditemukan di Rumania dua minggu kemudian.

Beberapa orang menduga monolit adalah penghargaan untuk film fiksi ilmiah 2001: A Space Odyssey, di mana monolit logam ditemukan di gurun oleh kera.

Biro Pengelolaan Lahan (BLM) Utah telah mengindikasikan bahwa mereka tidak akan menyelidiki hilangnya benda tersebut. 

"Kami tidak menyelidiki kejahatan yang melibatkan properti pribadi, yang seharusnya ditangani oleh kantor sheriff setempat," ujar biro tersebut.

5 dari 6 halaman

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: