Sukses

Meski Hidup Terkadang Berat, Ini 6 Cara Agar Tak Lari dari Masalah

Kita bertarung dalam banyak pertempuran setiap hari, dan mudah untuk kewalahan. Perasaan tersebut dapat menyebabkan seseorang lari dari masalah yang dihadapinya.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia bisa menjadi tempat yang menantang. Segala sesuatunya bergerak dengan kecepatan yang lebih cepat dari sebelumnya dan masalah tampaknya muncul dari mana saja.

Kita bertarung dalam banyak pertempuran setiap hari, dan mudah untuk kewalahan. Perasaan tersebut tak ayal dapat menyebabkan seseorang lari dari masalah yang dihadapinya.

Sayangnya, justru hanya akan menyia-nyiakan seluruh hidup jika Anda terus lari dari masalah. Pada akhirnya, hal tersebut akan kembali menghadang.

Jadi, bagaimana agar dapat secara efektif menghadapi masalah dan bergerak menuju kehidupan di mana kita tidak lagi takut akan hal tersebut?

Berikut cara untuk berhenti melarikan diri dari masalah, dikutip dari laman Lifehack, Rabu (2/12/2020):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Rangkul tantangan

Ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi merangkul perasaan seperti ketidaknyamanan dan penderitaan bisa menjadi langkah penting untuk belajar bagaimana berhenti melarikan diri dari masalah.

Tujuannya, bahwa sebagian besar hal baik dalam hidup pasti akan menyebabkan penderitaan bagi kita. Kita harus mendapatkan hal-hal ini, dan kita perlu melewati rasa sakit dan penderitaan untuk mencapainya.

Mengalami cinta yang mendalam dan hubungan akan memaksa kita untuk menghadapi masalah dan tekanan yang datang sebelum hubungan itu mulai berkembang dan tumbuh.

Menjadi bugar secara fisik mengharuskan kita untuk berpegang pada diet dan olahraga secara teratur. Memperoleh promosi memaksa kita untuk bekerja lebih keras daripada orang lain untuk menunjukkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.

Banyak hal yang diperoleh dengan mengorbankan beberapa jenis penderitaan. Ini akan membutuhkan waktu.

3 dari 7 halaman

2. Gunakan dukungan sosial

Ini adalah sumber daya yang kurang dimanfaatkan - jaringan sosial Anda.

Apakah kamu merasa sendirian sekarang? Apakah Anda merasa tidak ada yang peduli dan tidak ada orang di sekitar yang bersedia membantu?

Jika ya, Anda harus melihat-lihat sedikit. Dijamin ada seseorang yang akan dengan senang hati membantu melalui tantangan ini.

Ingat, kita menghadapi banyak masalah setiap hari. Tidak ada alasan bagi Anda untuk merasa bahwa Anda perlu menyelesaikan semuanya sendiri. Itu bisa membuat Anda merasa kewalahan, yang bisa membuat Anda mulai melarikan diri dari masalah.

Jadi, carilah dukungan dari keluarga, teman, sumber komunitas, seperti terapi, atau bahkan kelompok pendukung. Lakukan apa pun yang Anda rasa benar sehingga Anda bisa mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan untuk menghadapi masalah ini.

 

4 dari 7 halaman

3. Buat rencana

Jika Anda bertanya pada diri sendiri bagaimana berhenti melarikan diri dari masalah, satu hal yang perlu dipikirkan adalah apakah Anda punya rencana atau tidak. Pernahkah Anda memikirkan tentang bagaimana Anda akan menangani masalah ini?

Seringkali, kita lari dari masalah karena kita tidak tahu bagaimana menyelesaikannya. Namun, hanya karena tidak tahu cara menghadapi masalah saat ini dan tampaknya terlalu banyak, bukan berarti Anda tidak dapat meluangkan waktu untuk memprosesnya dan menemukan solusi.

Meluangkan waktu untuk mempelajari masalah dan bagaimana orang lain mengatasinya di masa lalu adalah cara yang bagus untuk memulai. Ke mana pun Anda mencari informasi, pastikan sumber Anda akurat.

 

5 dari 7 halaman

4. Audit lingkaran teman dan orang-orang terdekat

Percaya atau tidak, lingkaran sosial Anda adalah faktor besar. Karena itu, penting untuk mempertimbangkan hal ini saat Anda mencoba mempelajari cara berhenti melarikan diri dari masalah.

Ada banyak orang negatif dan beracun di luar sana. Mereka mungkin merusak upaya orang lain untuk menjadi sukses karena mereka ingin menahan semua orang pada level mereka. Niat mereka sangat sulit untuk dikatakan, tetapi mereka ada di luar sana.

Inilah mengapa sangat penting untuk mengaudit lingkaran sosial, terutama orang-orang yang paling sering menghabiskan waktu dengan Anda.

Saat Anda mencoba untuk mengatasi beberapa jenis masalah, penting untuk memastikan bahwa Anda dikelilingi oleh orang-orang yang akan mendukung dan membantu mengatasi masalah tersebut.

 

6 dari 7 halaman

5. Persiapkan diri menghadapi masalah

Kapan pun Anda membuat perubahan hidup yang berarti, penting untuk disadari, jika Anda ingin mengatasi masalah, Anda perlu mempersiapkan dengan tepat. Mereka perlu berkomitmen untuk mengatasi tantangan tersebut.

Anda harus menjadi orang yang memutuskan perubahan ini juga. Inilah sebabnya mengapa mencoba meyakinkan anggota keluarga untuk melakukan perubahan, seperti berhenti merokok, jarang berhasil.

Jika Anda tidak bersedia berkomitmen untuk menghadapi masalah dan mengatasinya, kemungkinan besar Anda tidak akan melakukannya. Anda harus membuat perubahan dalam hidup Anda lebih dari yang Anda inginkan untuk terus lari dari masalah.

 

7 dari 7 halaman

6. Kabur bukan solusi jangka panjang

Ini mungkin bagian terpenting dari belajar bagaimana berhenti melarikan diri dari masalah.

Disadari bahwa melarikan diri bukanlah solusi jangka panjang. Dan tidak peduli seberapa cepat atau seberapa jauh Anda berlari, pada akhirnya mereka akan mengejar Anda dan Anda akan dipaksa untuk menghadapinya, suka atau tidak suka.

Melarikan diri dari masalah sering kali merupakan sesuatu yang Anda lakukan untuk mencoba menghindarinya, ini adalah mekanisme perlindungan. Tetapi berlari tidak benar-benar melindungi kita dari apa pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.