Sukses

4 Manfaat Kesehatan dari Minum Kopi atau Teh Hijau Setiap Pagi

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang yang menjaga kesehatan cenderung berfokus pada dua hal yakni aktivitas fisik yang mereka lakukan dan makanan serta minuman apa yang mereka konsumsi.

Namun, bagi mereka yang hidup dengan diabetes, memantau makanan dan minuman apa yang akan dikonsumsi adalah tugas yang utama.

Dikutip dari Bestlife, Sabtu (14/11/2020), "segala sesuatu dalam jumlah sedang" cenderung menjadi patokan umum untuk pengidap diabetes. Namun, ternyata dua minuman yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang agak banyak, secara khusus dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit tersebut --setidaknya menurut sejumlah riset,

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa minum kopi dan teh hijau dalam jumlah besar setiap hari dikaitkan presentase 63 persen lebih rendah pada kematian pada pengidab diabetes tipe-2.

Pengidap diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kedua minuman tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari minum kopi dan teh hijau setiap pagi:

2 dari 6 halaman

1. Teh Hijau Menurunkan Resiko Terkena Diabetes

Diabetes tipe-2 adalah salah satu kondisi paling umum di Amerika, dengan lebih dari 1 dari 10 orang dewasa hidup dengan diabetes, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Secara global, penyakit ini menyerang sekitar 422 juta orang. Meskipun pengobatan dapat berhasil mengurangi risiko penyakit, pengobatan apa pun cenderung mahal dan mungkin memiliki efek samping, sehingga perubahan gaya hidup yang bermanfaat, seperti mengamati apa yang Anda makan dan minum, dianjurkan.

Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan Anda, meminum teh hijau rutin setiap pagi dapat Menentukan Risiko Diabetes Anda.

3 dari 6 halaman

2. Teh Hijau Menurunkan Risiko Kematian karena Diabetes 

Studi sebelumnya telah melihat manfaat teh hijau dapat menurunkan risiko terkena diabetes serta dapat meningkatkan kontrol glukosa dan sensitivitas insulin.

Namun, sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari Kyushu University, Fukuoka Dental College dan Rumah Sakit Hakujyuji di Jepang mengamati mereka yang sudah menderita diabetes tipe-2 untuk melihat bagaimana teh hijau memengaruhi mereka.

Para ilmuwan mempelajari 4.923 pasien, dengan usia rata-rata 66 tahun, selama lebih dari lima tahun. Dengan mempertimbangkan variabel lain, para peneliti menemukan bahwa mereka yang hanya minum empat cangkir atau lebih teh hijau per hari memiliki peluang kematian 40 persen lebih rendah selama masa tindak lanjut penelitian.

Mengadopsi perilaku yang lebih sehat ini adalah Kebiasaan baik yang disetujui pleh para dokter dan baik untuk Anda terapkan.

4 dari 6 halaman

3. Kopi juga Menurunkan Risiko Terkena Diabetes Tipe-2

Demikian pula, kopi telah terbukti menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe-2. Selain itu, para peneliti juga mengamati mereka yang sudah hidup dengan diabetes dan kopi memberikan dampak yang baik bagi mereka.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh BMJ Open Diabetes Research & Care, menemukan bahwa minum dua atau lebih cangkir kopi per hari menurunkan semua penyebab kematian sebesar 41 persen.

Untuk mendapat lebih banyak manfaat dari secangkir kopi itu, minumlah kopi sebanyak itu setiap hari untuk menyelamatkan kesehatan Anda.

5 dari 6 halaman

4. Minum Kopi dan Teh Hijau Bersamaan akan Memberi Efek Terbaik

Meminum kedua minuman berkafein tersebut akan memaksimalkan manfaatnya.

"Kombinasi dalam mengkonsumsi teh hijau dan kopi yang lebih tinggi secara signifikan mengurangi semua penyebab risiko kematian hingga 63 persen," tulis dalam sebuah penelitian. Mereka yang minum empat atau lebih cangkir teh hijau serta dua atau lebih cangkir kopi akan mendapatkan manfaat itu.

Laporan tersebut menekankan bahwa faktor-faktor lain mungkin berperan seperti "Tingkat pendidikan atau pendapatan yang lebih tinggi mungkin terkait dengan konsumsi kopi yang lebih banyak, mereka mungkin juga terkait dengan risiko kematian yang lebih rendah," tulis para peneliti.

 

Reporter: Ruben Irwandi

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: