Sukses

Rapat Transisi Kepresidenan Joe Biden Vs Tampil Perdana Donald Trump Usai Kalah Pemilu AS

Joe Biden tengah melanjutkan rencana mengambil kendali pemerintahan Amerika ketika dilantik 20 Januari 2021 mendatang.

Liputan6.com, Washington D.C- Presiden terpilih Joe Biden hari Rabu 11 November 2020 waktu AS melangsungkan rapat dengan tim penasihat transisi kepresidenannya. Sementara ia melanjutkan rencana mengambil kendali pemerintahan Amerika ketika dilantik 20 Januari nanti.

Laporan VOA Indonesia, Kamis (12/11/2020) menyebut, tokoh yang diproyeksikan memenangkan pemilihan presiden 3 November lalu itu telah mengumumkan nama sejumlah penasihat yang akan memulai operasi badan-badan pemerintah. Pada Selasa 10 November, Biden mengatakan akan mengumumkan beberapa tokoh kunci lainnya sebelum libur Hari Thanksgiving tanggal 26 November mendatang.

Sejauh ini, Presiden Donald Trump belum juga mengakui kekalahannya atas Joe Biden dalam pemilihan presiden pekan lalu dan telah mengajukan sejumlah gugatan hukum untuk menolak hasil penghitungan suara di beberapa negara bagian utama.

Dengan sedikit bukti yang diajukannya sejauh ini, Trump mengklaim bahwa telah terjadi penyimpangan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara yang membuatnya kalah dalam pemilihan presiden ini. Ia berupaya membatalkan kemenangan Biden dan mengklaim masa jabatan empat tahun kedua di Gedung Putih.

Sejauh ini hakim telah menolak semua gugatan hukum Trump, tetapi masih banyak gugatan lain yang harus dipertimbangkan.

Analis: Hampir Tak Mungkin Ubah Hasil Pilpres

Analis pemilihan presiden yang diwawancarai VOA dan sejumlah organisasi media lainnya mengatakan tidak mungkin mengubah klaim kemenangan Biden.

Menurut hasil penghitungan suara tidak resmi, Biden memenangkan lebih dari 270 suara mayoritas di “Electoral College” yang menentukan pemenang pemilihan presiden Amerika. Ia memimpin dengan suara dari dua negara bagian lain yaitu Georgia dan Arizona, yang dapat memberinya hasil suara 306 banding 232 di “Electoral College,” di mana negara bagian dengan penduduk terbanyak memiliki kursi elektoral terbanyak pula.

Hasil penghitungan suara elektoral Joe Biden mungkin hampir sama dengan tahun 2016, ketika Trump melaju dan secara tidak terduga mengalahkan calon presiden Partai Demokrat Hillary Clinton.

Sejumlah pemimpin negara sekutu Amerika di Eropa, termasuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel telah menelpon Biden untuk menyampaikan ucapan selamat, dan mengabaikan pernyataan Trump bahwa ia masih akan menang.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biden Rilis Daftar Penasihat Transisi Pemerintahan

Daftar penasihat transisi pemerintahan Biden cukup panjang, dan dipenuhi dengan nama sejumlah pakar yang dikenal memahami isu-isu yang akan dihadapi Biden pada awal pemerintahannya.

Kathleen Hicks, Wakil Presiden Senior dan Direktur Program Keamanan Internasional di CSIS akan memimpin kajian operasi Departemen Pertahanan.

Sementara di Departemen Luar Negeri, mantan pembantu menteri luar negeri untuk urusan Afrika, Linda Thomas-Greenfield akan memimpin kajiannya.

Eksekutif di KeyBank Don Graves akan mengkaji operasi Departemen Keuangan.

Manajer Senior Kajian Ekonomi di Schmidt Futures, Martha Gimbel, akan mengkaji Dewan Penasihat Ekonomi.

Donald Trump Hadiri Peringatan Hari Veteran

Ketika Biden melangsungkan rapat di kediamannya di Wilmington, Delaware, Donald Trump hari Rabu 11 November dilaporkan ikut serta dalam peringatan Hari Veteran di Taman Makam Pahlawan di Arlington, di dekat Washington DC.

Ini merupakan penampilan pertama Trump di hadapan publik sejak Kamis lalu 5 November, ketika ia menyampaikan serangkaian tuduhan tidak berdasar tentang meluasnya kecurangan pemilu.

Trump masih terus melanjutkan keluhannya tentang hasil pemilihan presiden di Twitter, dengan memasang beberapa komentar tokoh Partai Republik yang mendukung klaimnya bahwa ia telah dicurangi.

Tetapi jajak pendapat Reuters/Ipsos yang dirilis hari Selasa (10/11) menunjukkan hampir 80% warga Amerika – termasuk separuh pendukung Partai Republik – mengatakan Biden adalah pemenang yang sah.

Sementara itu, dalam konferensi pers hari Selasa (10/11) Biden mengatakan sebagian besar pemimpin Partai Republik belum mengakui kemenangannnya karena “telah sedikit terintimidasi oleh presiden yang masih menjabat.”

Biden mengatakan sikap Trump yang menolak mengakui kekalahannya, “sejujurnya merupakan hal yang memalukan. Bagaimana saya mengatakannya secara bijaksana yaa.. saya kira hal ini tidak akan membantu warisan yang ditinggalkan presiden.”

Meskipun hasil “Electoral College” merupakan faktor yang menentukan dalam pemilihan presiden Amerika, tetapi Biden memimpin perolehan suara hingga 3,2 persen dan lebih dari lima juta suara secara nasional dibanding Trump.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.